Matematika Menyenangkan Collaborize Classroom


Beberapa waktu lalu, Matematika Menyenangkan mengeluarkan semacam situs jejaring interaktif yang diberi nama “Matematika Menyenangkan Collaborize Classroom”.
Untuk tahap awal ini, saya juga ingin melakukan jejak pendapat terhadap Anda semua berkaitan dengan tema “Anda dan Matematika”. Untuk mengikuti jejak pendapatnya, silahkan Anda kunjungi situs ‘Matematika Menyenangkan Collaborize Classroom’ di sini. Tentu dengan senang hati saya akan menerima kunjungan Anda semua dan sangat berterima kasih jika Anda turut berpartisipasi memberikan komentar atas pertanyaan yang tersedia.
Mungkin akan sedikit merepotkan, karena untuk bisa bergabung dan berpartisipasi di forum itu Anda tinggal login di sana. Untuk itu, Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Tetapi jangan khawatir, registrasinya tidak sulit. Cukup mengisi form yang ada, Anda pun bisa langsung bergabung setelah saya approve . Insya Allah niat baik dan partisipasi Anda bernilai ibadah. Aamiin.
Read More

Free Poster “Right Brain Geometry”

Berikut adalah poster dari CurrClick yang bisa Anda download gratis. Poster ini menggambarkan konsep geometri yang dimiliki masyarakat Yunani Kuno mengenai bentuk-bentuk geometris yang dihubungkan dengan bilangan. Semua orang dari segala usia bisa menikmati foto-foto dari alam liar yang menggambarkan konsep bilangan dan hubungannya dengan geometri.
Setelah Anda memiliki akun di CurrClick, Anda bisa mendownload poster dalam bentuk file pdf dengan cuma-cuma.
Read More

Kamus Matematika untuk Sekolah Dasar

Buku “Kamus Matematika” ini adalah versi bahasa Indonesia dari buku “Carol Volderman’s Math Dictionary” yang diterbitkan oleh Dorling Kinderslay, UK. Diterbitkan ulang oleh penerbit Tiga Ananda, masih merupakan bagian dari penerbit Tiga Serangkai.
Buku ini menyajikan berbagai istilah yang sering dijumpai anak dalam pelajaran matematika di sekolah. Kamus ini diperuntukkan terutama untuk siswa Sekolah Dasar kelas 4 ke atas. Disajikan dalam format buku dalam kemasan yang mudah dibawa.
Semua istilah yang disajikan disusun secara alfabetis sehingga akan memudahkan siapapun yang akan menggunakannya. Dengan tampilan yang mudah dibaca, penyajian panel yang penuh warna, di sertai tabel referensi cepat di bagian belakang buku, menjadikan buku ini semakin menarik.
Buku ini bisa menjadi acuan ideal bagi Anda juga anak Anda dalam memahami berbagai konsep matematika yang dipelajari di sekolah.
Read More

Bagaimana Matematika Digunakan oleh Para Ahli

Jika Anda masih bertanya-tanya, “untuk apa saya belajar matematika?”, “apa perlunya matematika hingga diajarkan di semua level pendidikan?”, ada baiknya Anda simak tulisan saya berikut ini. Tulisan ini saya rangkum dari sebagian konten yang ada di situs “We Use Math”.
Berikut adalah sepuluh pekerjaan, dimana matematika dibutuhkan dalam bidang pekerjaan tersebut. Diantaranya adalah animator, arsitek, astronot, analis forensik, analis riset pasar, biologist, ekonom, geolog, komputer saintis, dan yang terakhir tentu saja matematikawan.
Read More

Membuat 3D Sierpinski Gasket di Second Life

Tulisan ini masih berhubungan dengan tulisan sebelumnya, “Matematika di Dunia Virtual Second Life “. Seperti yang telah saya utarakan bahwa Second Life saat ini telah banyak dimanfaatkan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Mulai dari sains, bahasa, ilmu sosial dan ekonomi, dan sebagainya.
Saat ini pun saya masih belajar bagaimana agar platform ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran matematika. Salah satu eksplorasi yang saya lakukan adalah mengunjungi beberapa sim edukasi terutama yang berhubungan dengan sains termasuk matematika.
Satu yang menarik perhatian saya diantaranya adalah area ekshibisi di sim milik The University of Western Australia. Dengan kemampuan building pas-pas an, saya mencoba meniru satu objek yang ada di sana, yaitu 3D Sierpinski Gasket.
3D Sierpinski Gasket yanga akan saya buat tentu berbeda dengan yang ada di WASP Island. Saya membuatnya dengan cara konvensional, murni hanya memanfaatkan fasilitas yang ada di Second Life. Disamping ukurannya juga yang jauh lebih kecil.
Read More

Matematika di Dunia Virtual “Second Life”

Beberapa bulan ini saya mulai menikmati kehidupan baru saya di dunia virtual Second Life. Ketertarikan saya terhadap Second Life belakangan ini tak lepas dari aspek edukasi yang ada di dalamnya. Ya, rupanya Second Life bisa dan sudah banyak digunakan untuk kepentingan pendidikan. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu Second Life, berikut saya berikan sedikit gambarannya.
Second Life adalah platform 3D yang banyak dipakai untuk bermain game, model, dan simulasi. Beberapa tahun terakhir, mulai muncul gerakan pemakaian Second Life untuk dunia pendidikan, yang dikenal dengan gerakan Second Life for Education (SLED). Banyak lembaga besar seperti NASA, The Abyss Observatory, berbagai museum, perpustakaan, dan perguruan tinggi memiliki tanah di Second Life.
Satu hal yang menjadi ketertarikan saya sekarang adalah bagaimana Second Life ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan pembelajaran matematika. Perlu Anda ketahui bahwa kajian-kajian ilmiah yang membahas mengenai pemanfaatan platform Second Life untuk pendidikan khususnya dalam kegiatan pembelajaran telah banyak dilakukan.
Read More

Belajar Matematika Lewat Nyanyian

Saya adalah salah satu penggemar sekaligus pengguna You Tube. Banyak hal yang biasa saya cari di sana, mulai dari mencari lagu, film, hingga berbagai tutorial.
Terinspirasi dari tulisan seorang blogger di blognya, Matematiku, saya mengumpulkan beberapa lagu bertema matematika yang saya temukan di You Tube. Lagu-lagu yang akan saya tampilkan berikut baik untuk anak-anak untuk merangsang ketertarikannya belajar matematika. Agar belajar matematika terasa lebih menyenangkan tentunya .
Sayangnya, saya tidak menemukan banyak lagu matematika berbahasa Indonesia di sana. Walaupun demikian, tentunya ada nilai plusnya jika lagu matematika yang kita kenalkan berbahasa Inggris. Bisa sekaligus melatih listening dan menambah perbendaharaan kata bahasa Inggris nya juga tentunya.
Read More

Matematika dan Kalender Raksasa

Berburu buku adalah salah satu kegemaran saya yang tidak bisa dihilangkan. Jika saya ke toko buku, susah rasanya menahan diri untuk tidak memiliki keinginan membeli buku. Apalagi jika ada bazar buku murah tapi bagus. Salah satu tempat favorit saya belanja buku (selain BBC di Palasari Bandung) adalah Gramedia Merdeka di Bandung.
Beruntung ketika saya ke sana beberapa hari lalu, saya mendapatkan buku bagus untuk dipakai anak saya, judulnya “Kalender Raksasa”. Dan yang lebih beruntung lagi adalah buku itu bisa dibeli dengan harga murah.
Sesuai judulnya, buku itu adalah benar-benar kalender atau lebih tepatnya kalender sepanjang masa. Buku itu bagus untuk mengenalkan “tanggal, bulan, tahun”  untuk anak. Misalnya, dalam setahun ada berapa bulan, dalam satu bulan ada berapa hari, bulan apa saja yang jumlah harinya 30, dan sebagainya. Ternyata kedua anak saya sangat menyukai buku raksasa barunya itu.
Kalender itu memiliki 365 hari yang dibuat dalam bentuk jendela-jendela. Di masing-masing jendela itu ada pesan tulisan yang berbeda-beda untuk setiap jendela. Selain bisa digunakan untuk mengenalkan kalender berupa banyak hari, bulan, dan yang lainnya, kalender ini juga bisa digunakan untuk belajar berhitung.
Read More

Oleh-oleh dari Prof. Yohanes Surya

Akhirnya, nge-date pertama saya bersama Prof. Yohanes Surya bersama GIPIKA-nya terlaksana juga ^_^. Hari sabtu, tanggal 29 Januari kemarin Alhamdulillah Saya bisa datang untuk hadir pada acara seminar dengan pembicara utama Prof. Yohanes Surya dengan motode GASING dan GIPIKA-nya.
Seperti yang saya informasikan sebelumnya, bahwa seminar di Bandung ini merupakan satu dari rangkaian road show GIPIKA yang akan dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Ini merupakan yang pertama setelah peluncuran GIPIKA tanggal 11 Januari 2011 di Jakarta.
Read More

Roadshow Gerakan Ibu-ibu Pintar Matematika Bersama Prof. Yohanes Surya

Gerakan Ibu-ibu Pandai Matematika! Tidakkah terasa aneh terdengar di telinga Anda?
“Gerakan Ibu-ibu Pandai Matematika” adalah kepanjangan dari GIPIKA merupakan sebuah gerakan yang dicanangkan oleh Prof. Yohanes Surya Ph.D yang merupakan kelanjutan dari metode belajar matematika GASING yang juga dikembangkannya.
Untuk mempopulerkan pembelajaran matematika metode GASING melalui GIPIKA ini, Prof. Yohanes Surya melalui Surya Institute akan mengadakan roadshow melalui kegiatan seminar ke beberapa kota di Indonesia. Dimulai dari kota Bandung pada tanggal 29 Januari 2011. GIPIKA itu sendiri diluncurkan di Jakarta beberapa hari sebelumnya.
Read More

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTA, KONSEP DAN PRINSIP DALAM MATEMATIKA

8 SMP Soal Pembahasan Garis Singgung Lingkaran

Turunan Fungsi