Postingan

Menampilkan postingan dari Februari, 2011

tes aritmatika

Nama siswa : Kelas : Nilai : Mp :Berhitung cepat Waktu :30 menit 1. 42 x 25 = 2. 26 x 25 = 3. 72 x 25 = 4. 88 x 25 = 5. 16 x 25 = 6. 47 x 43 = 7. 38 x 32 = 8. 84 x 86 = 9. 91 x 99 = 10. 64 x 66 = 11. 55 x 55 = 12. 65 x 65 = 13. 35 x 35 = 14. 85 x 85 = 15. 45 x 45 = 16. 123 x 11 = 17. 234 x 11 = 18. 5271 x 11 = 19. 77215622 x 11 = 20. 81273 x 11 = 21. 34 x 5 = 22. 86x 5 = 23. 12 x 5 = 24. 72 x 5 = 25. 66 x 5 = 26. 42: 5 = 27. 24 : 5 = 28. 22: 5 = 29. 36 : 5 = 30. 123 : 5 = 31. 12 x 12 = 32. 15 x 15 = 33. 17 x 17 = 34. 19 x 19 = 35. 16 x 16 = 36. 41 x 41 = 37. 51 x 51 = 38. 81 x 81 = 39. 71 x 71 = 40. 31 x 31 = 41. 41 x51 = 42. 21 x 71= 43. 81 x 51 = 44. 31 x 61 = 45. 51 x 61 = 46. 134 x 11 = 47. 145111 x 11 = 48. 56666 x 11 = 49. 14 x 25 = 50. 44 x 46 =

berhitung

Manfaat Rumus Berhitung Cepat Matematika Saya senang mengoleksi berbagai macam teknik berhitung cepat – aritmetika cepat. Beberapa rumus cepat ini saya peroleh dari guru-guru matematika saya. Sebagian yang lain saya peroleh dari membaca literatur. Bagian terpenting dari rumus cepat ini saya peroleh sendiri melalui ketekunan meneliti. Sempoa (abacus) adalah salah satu teknik berhitung cepat yang sangat mengagumkan. Selesai soal dibacakan, selesai juga proses perhitungan. Kita tinggal membaca hasil perhitungan tersebut pada sempoa. Bila sudah mahir mental aritmetika, kita tinggal membaca jawaban tersebut pada mental imajinasi kita. Kumon adalah pendekatan yang berbeda. Kumon merupakan pendekatan pembelajaran cepat matematika. Tetapi isi matematikanya sendiri mirip dengan konsep matematika yang kita kenal selama ini. Metode Kumon mengandalkan pada pengulangan dan kemahiran. Dengan cara ini, (anak-anak) kita menjadi lebih mudah belajar matematika. Jarimatika menampilkan beberapa varia

realibilitas instrumen

RELIABILITAS INSTRUMEN Ada beberapa cara pendefinisian dan penginterpretasian reliabilitas tes. Tes disebut reliable jika skor pengamatan dikorelasikan dengan tinggi dengan skor yang sebenarnya, dengan merupakan koefisien reabilitas tes. Reabilitas dapat diekspresikan sebagai koefisien korelasi antara skor pengamatan pada dua tes yang parallel. Jika dua tes parallel diberikan pada populasi yang diuji dan hasil skor pengamatan dikorelasikan, maka korelasi ini (symbol dimana X dan X’diamati skornya pada kedua tes paralelnya) adalah koefisien reabilitas. Pada kasus umum, skor sebenarnya tidak dapat diperoleh, dan tidak mungkin untuk menguji apakah tes tersebut parallel. Oleh karena itu, reabilitas seharusnya diperkirakan dengan metode lain. Definisi reliabilitas tes Koefisien reliabilitas untuk sejumlah skor dari sekelompok uji adalah koefisien korelasi antara himpunan skor dan himpunan lain skor pada tes yang sama dihitung dengan independen/terpisah dari anggota kelompok yang s

metode yang tepat

Model pembelajaran yang tepat untuk peserta didik . Tujuan pembelajaran yang diinginkan tentu optimal, karena itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, salah satunya adalah metodologi mengajar. Pembelajaran/pengajaran merupakan istilah kunci yang hampir tidak pernah luput dari pembahasan mengenai pendidikan karena hubungan yang erat antara keduanya. Metodologi pembelajaran/pengajaran harus dimiliki oleh pendidik, karena keberhasilan proses belajar mengajar (PBM) bergantung pada cara mengajar pendidik. Jika menurut peserta didik, cara mengajar pendidik menarik, peserta didik akan tekun, rajin, dan antusias menerima pelajaran yang diberikan, sehingga diharapkan akan terjadi perubahan pada peserta didik baik tutur kata, tingkah laku, motorik, dan gaya hidupnya.Banyaknya metodologi pembelajaran mengharuskan pendidik memiliki metode mengajar yang beragam. Dalam proses belajar mengajar, pendidik tidak menggunakan hanya satu metode, tetapi harus bervariasi, yaitu disesuaik

konsep belajar mandiri

05052010 KONSEP BELAJAR MANDIRI Apa Gaya Belajar Itu? Belajar di bidang formal tidak selalu menyenangkan. Apalagi jika Anda harus belajar dengan terpaksa . Misalnya, Anda harus belajar karena itulah satu-satunya cara untuk lulus, mendapat pekerjaan atau bahkan kenaikan pangkat. Contoh lain dari keterpaksaan adalah bila Anda menyukai belajar di kelas dengan bimbingan dosen, sedangkan Anda terpaksa kuliah di Universitas Terbuka (UT) yang mempunyai sistem belajar jarak jauh. Menghadapi keterpaksaan untuk belajar jelas bukan hal yang menyenangkan. Tidak akan mudah bagi seseorang untuk berkonsentrasi belajar jika ia merasa terpaksa. Oleh karena itu, Anda perlu mencari jalan bagaimana agar belajar menjadi hal yang menyenangkan, atau …. walaupun tetap terpaksa, tapi dapat menjadi lebih mudah dan efektif. Para ahli di bidang pendidikan mencoba mengembangkan teori mengenai gaya belajar sebagai cara untuk mencari jalan agar belajar menjadi hal yang mudah dan menyenangkan. Sebagaimana kita k

model pembelajaran

Model-Model Pembelajaran Metode debat merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Materi ajar dipilih dan disusun menjadi paket pro dan kontra. Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri dari empat orang. Di dalam kelompoknya, siswa (dua orang mengambil posisi pro dan dua orang lainnya dalam posisi kontra) melakukan perdebatan tentang topik yang ditugaskan. Laporan masing-masing kelompok yang menyangkut kedua posisi pro dan kontra diberikan kepada guru. Selanjutnya guru dapat mengevaluasi setiap siswa tentang penguasaan materi yang meliputi kedua posisi tersebut dan mengevaluasi seberapa efektif siswa terlibat dalam prosedur debat. Pada dasarnya, agar semua model berhasil seperti yang diharapkan pembelajaran kooperatif, setiap model harus melibatkan materi ajar yang memungkinkan siswa saling membantu dan mendukung ketika mereka belajar materi dan bekerja saling tergantung (interdependen) untuk me