Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2012

donwload pdf

http://www.downloadpdf.co.uk/?s=peraturan+pemerintah+ttg+pendidikan http://id.mg61.mail.yahoo.com/neo/launch

irsansuhaefri: pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja p...

irsansuhaefri: pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja p... : ne ane persembahkan buat kawan2 seperjuangan yang sedang nyusun proposal.. moga berguna... BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Masalah Me...

PUISI UNTUK ADIKKU (SRI HASTUTI)

Gambar
SRI HAS TUTI lalu kuhirup wangi tawamu lewat sudut mata yang masih menyimpan sedikit lelah selepas mengantar langkahmu menyusuri tepian hulu menuju ke sebuah muara bayang-bayang mentari pun masih terjatuh menerpa daun-daun kemuning yang melingkupi pusara melagukan gemerisik lirih tembang-tembang kedatangan oleh hembusan dingin angin utara dan menyeru kerumunan burung-burung yang tengah mencecapi bebatuan melucuti senyap menyesapi ratap dari relung dada kita lalu dari sudut ruang dukacita hendaklah kita mampu melepas seberkas makna dari rerimbun kerlip kenangan tertanam di kisaran-kisaran waktu yang terus mengekalkan butiran warna dan kejadian bahwa sejatinya kehilangan itu tak pernah ada karena memang kita tak pernah memiliki apa-apa

pandangan terhadap Cowok Ganteng dan Jelek Dimata Wanita Zaman Sekarang

Gambar
Nih kalo mau tau sudut pandang seorang wanita menilai cowok ganteng dan jelek. kalo cowok ganteng bersedih hati cewek bilang : let me be your shoulder to cry on kalo cowok jelek bersedih hati cewek bilang : yaelah cengeng amat. lelaki bukan lu! kalo cowok ganteng males difoto cewek bilang : pasti takut fotonya disebar-sebar kalo cowok jelek males difoto cewek bilang : pasti ga tega ngeliat hasilnya kalo cowok ganteng penyayang binatang cewek bilang : perasaanya lembut dan penuh cinta kasih kalo cowok jelek penyayang binatang cewek bilang : sesama sodara harus saling menyayangi. kalo cowok ganteng jomblo cewek bilang : pasti dia perfeksionis kalo cowok jelek jomblo cewek bilang : udah jelas banget. kaga laku. kalo cowok ganteng dapet cewek cantik cewek bilang : serasi banget. kalo cowok jelek dapet cewek cantik cewek bilang : hmm dukunya kuat. pasti ni orang abis betapa di dalem goa. kalo cowok ganteng diputusin cewek cewek bilang : jangan sedih dong. kan m

Belajar Menghitung (Matematika) Dengan Cepat

Belajar Menghitung (Matematika) Dengan Cepat Tanpa menggunakan kalkulator marilah kita tentukan nilai dari 15 x 28 . Biasanya cara yang digunakan untuk menentukan hasil perkalian ini dengan menggunakan algoritma perkalian, seperti tampak pada Gambar 1 berikut ini. perkalian_matematika Tapi sayang, banyak di antara kita yang kerepotan bila proses perkaliannya menggunakan cara tersebut. Mereka yang terkadang salah itu seringkali lupa langkah-langkahnya. Terkadang salah menempatkan posisi hasil kali bilangan-bilangannya. Ada juga yang salah karena lupa bilangan mana yang harus disimpan dulu, bilangan mana yang harus diletakkan langsung. Pokoknya katanya, cara tersebut suka bikin pusing sendiri. Lalu, adakah cara lain yang lebih menyenangkan? Baiklah, bagaimana bila perkalian 15 x 28 kita perlakukan sebagai lebar dan panjang sebuah persegi panjang? Sehingga hasilkali kedua bilangan ini sama artinya dengan luas persegi panjang tersebut. Untuk mudahnya, perhatikan Gambar berikut ini.

hapalan wajib

Daftar Kali-Kalian / Perkalian Dasar Standar Anak Sekolah Dasar SD Yang Wajib Dihafalkan : 2 x 1 = 2 2 x 2 = 4 2 x 3 = 6 2 x 4 = 8 2 x 5 = 10 2 x 6 = 12 2 x 7 = 14 2 x 8 = 16 2 x 9 = 18 2 x 10 = 20 3 x 1 = 3 3 x 2 = 6 3 x 3 = 9 3 x 4 = 12 3 x 5 = 15 3 x 6 = 18 3 x 7 = 21 3 x 8 = 24 3 x 9 = 27 3 x 10 = 30 4 x 1 = 4 4 x 2 = 8 4 x 3 = 12 4 x 4 = 16 4 x 5 = 20 4 x 6 = 24 4 x 7 = 28 4 x 8 = 32 4 x 9 = 36 4 x 10 = 40 5 x 1 = 5 5 x 2 = 10 5 x 3 = 15 5 x 4 = 20 5 x 5 = 25 5 x 6 = 30 5 x 7 = 35 5 x 8 = 40 5 x 9 = 45 5 x 10 = 50 6 x 1 = 6 6 x 2 = 12 6 x 3 = 18 6 x 4 = 24 6 x 5 = 30 6 x 6 = 36 6 x 7 = 42 6 x 8 = 48 6 x 9 = 54 6 x 10 = 60 7 x 1 = 7 7 x 2 = 14 7 x 3 = 21 7 x 4 = 28 7 x 5 = 35 7 x 6 = 42 7 x 7 = 49 7 x 8 = 56 7 x 9 = 63 7 x 10 = 70 8 x 1 = 8 8 x 2 = 16 8 x 3 = 24 8 x 4 = 32 8 x 5 = 40 8 x 6 = 48 8 x 7 = 56 8 x 8 = 64 8 x 9 = 72 8 x 10 = 80 9 x 1 = 9 9 x 2 = 18 9 x 3 = 27 9 x 4 = 36 9 x 5 = 45 9 x 6 =

JARIMATIKA

Jarimatika merupakan metode berhitung menggunakan jari tangan ciptaan Tuhan yang berfungsi membudayakan anak didik menyukai matematika.Matematika dikalangan pelajar merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh karena itu diperlukan metode pendekatan terhadap siswa dengan belajar berhitung menggunakan jari tangan seperti yang tetulis di blog saya ini. MATEMATIKA..! Satu kata yang pernah bikin aku jadi ilfill kalau mendengarnya, karena sebenarnya aku paling tidak suka pelajaran berhitung, mungkin saking ribetnya x yah! Walaupun demikian, Alhamdulillah, nilai berhitung waktu sekolah cukup lumayan lah, ga jatuh-jatuh amat! . Nah untuk sekarang sudah ditemukan berbagai macam metode belajar berhitung yang praktis dan menyenangkan, mulailah orang mengenal Metode Sempoa yang berasal dari China, dengan belajar memahami angka-angka pada biji-biji sempoa, kemudian berkembang lagi penemuan terbaru yang lebih praktis dan efektif yaitu dengan Metode Kumon yang berasal dari Jepang, yaitu suatu me

matematika

Entri Terkini JARIMATIKA Jarimatika PELUANG BISNIS HITUNG CEPAT PART 4 Berhitung Cepat Part 3 METODE BERHITUNG CEPAT PART 2 METODE BERHITUNG CEPAT Hello world! Tautan Bisnis Online Gratis Vidio Pembelajaran Matematika Blogroll Duta Bisnis School Vidio Pembelajaran Matematika WordPress.com WordPress.org koleksi Dangdut Midi Duta Bisnis School Koleksi Midi Vidio Pembelajaran Matematika Multimedia Barisan dan deret Duta Bisnis School Metode hitung cepat Vidio Berhitung dengan jari Vidio Pembelajaran Matematika Vidio Trik Hitung cepat PAKET SOAL UN Paket A soal matematika PAKET SOAL PELUANG BISNIS "DBS" Duta Bisnis School Vidio Pembelajaran Matematika Powerpoint matematika Duta Bisnis School Tambah Dasar Vid

CARA MENJADI PRIBADI YANG MEMPESONA

Gambar
Inilah 19 rahasia menjadi pribadi penuh pesona yang kami kembangkan dari pemikiran dr. Yul Iskandar, DSJ., MBAP.,MASRS., PhD. pendiri Yayasan Dharma Graha. Selamat mengikuti! 1. Berubahlah dengan waktu dan tempat ! Jangan selalu menuruti perasaan negatif, seperti: merasa bosan, lelah, jenuh, tersiksa dengan tempat atau masa lalu. Tersenyumlah, dan dunia akan tersenyum bersama anda! Menangislah, dan anda akan menangis sendirian! Mutiara kata ini mengisyaratkan agar kita selalu berbahagia dimana pun kita berada dan kapan pun. Jika kita merasa sebagai orang yang paling sedih atau menderita di dunia ini, yakinlah bahwa masih banyak orang lain yang lebih menderita daripada kita. 2. Carilah kenalan, teman, sahabat, relasi sebanyak-banyaknya ! Sering-seringlah bepergian, menjelajahi dunia. Semakin sering anda bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, maka kepribadian anda akan semakin matang tanpa anda sadari. 3. Cintailah orang lain seperti mencintai diri sendiri. Dengan cin

CARA MENDEKATI CEWEK

Gambar
1. Jadilah Pria yang Jujur Sebagai seorang pria, Anda mungkin pernah mendengar lebih dari sebuah nasihat tentang cara untuk menerobos keluar dari dinding pemalu dan melibatkan perempuan dalam jawaban yg tepat cerdas. Tentu, ini suka berteman bisa berarti baik, tetapi mereka sering lupa bahwa itu tidak mudah untuk mengubah siapa Anda. Anggap saja dalam hal basket. Jika tim Anda tidak memiliki tinggi badan, Anda tidak berulang kali mencoba untuk masuk ke dalam. Tidak, Anda menggunakan kecepatan Anda, passing dan shooting luar untuk mengalahkan kompetisi. Sama halnya dengan kencan: bermain sampai kekuatan Anda, dan Anda akan meningkatkan peluang Anda untuk sukses romantis. Berikut adalah cara untuk melakukan hal itu. 2. Memberi Bantuan Pastikan untuk memilih topik yang wanita akan merasa bahwa mereka dapat menawarkan bantuan. Dan anda akan menjadi pahlawanya hari ini. 3. Pilih Tempat Ini jauh lebih mudah untuk bertemu dan berbicara dengan perempuan di tempat-tempat di mana ada se

perkalian 9 jari

PERKALIAN SEMBILAN DENGAN JARI 1 s/d 10 Kenalilah jari-jari anda yaitu dengan cara:hitung dari ibu jari kiri dimulai dengan 1 diakhiri 10 tepat ibu jari kanan anda Contoh perkalian: 1 x 9 Langkah-langkah: 1. Bukalah tangan menghadap anda 2. Lipatlah ibujari kiri anda (sebagai angka 1) 3. Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 0 jari puluhan) 4. Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 9 jari satuan) 5. hasil 1 x 9 adalah 0 puluhan + 9 satuan 6. jadi 1 x 9 = 9 Contoh perkalian: 2 x 9 Langkah-langkah: 1. Bukalah tangan menghadap anda 2. Lipatlah telunjuk kiri anda (sebagai angka 2) 3. Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 1 jari puluhan) 4. Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 8 jari satuan) 5. hasil 2 x 9 adalah 1 puluhan + 8 satuan 6. jadi 2 x 9 = 18 Contoh perkalian: 3 x 9 Langkah-langkah: 1. Bukalah tangan menghadap anda 2. Lipatla

perkalian cepatddv

MATEMATIKA, ALJABAR, BERHITUNG, TRIK CEPAT BERHITUNG, ANGKA, NOMOR, PENJUMLAHAN, PEMBAGIAN, PERKALIAN, KUADRAT... Bila ANDA pusing membaca kata-kata tersebut dan bingung bertemu soal dibawah ini : 1. 48 x 67 = ………… atau 2. 2187 / 36 = …………atau 3. 7 / 111 = ………… atau 4. (75)2 = ………… atau 5. 5% dari 444 = ………… BERAPA LAMA WAKTU YANG BISA ANDA KERJAKAN ……… BISAKAH BERHITUNG LEBIH CEPAT DARI KALKULATOR ……… Apakah ada cara mudah untuk berhitung ? Saya yakin ANDA pernah menanyakan hal ini setidaknya sekali dalam hidup ANDA. Pernahkah ANDA membayangkan mengapa sebagian orang sangat pandai dengan angka sementara yang lain menemukan kesulitan untuk menjumlahkan angka dengan benar. Tetap tenang dan tersenyumlah ! Karena kami akan memberitahukan sebuah rahasia Matematika Kilat. Sebelum melangkah lebih lanjut, Kami beritahu ANDA sebuah fakta menarik tentang pikiran kita. Pikiran manusia dirancang untuk sangat malas (Setuja nggak ??) Hal ini membuat pikiran bekerja sangat efis

perkalian cepatdd

http://id.wikipedia.org/wiki/Aritmetika_cepat Aritmetika cepat Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Aritmatika cepat adalah suatu kemampuan untuk menghitung operasi-operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian dengan cepat tanpa bantuan kalkulator bahkan untuk bilangan-bilangan yang nilainya cukup besar. Daftar isi [sembunyikan] • 1 Klasifikasi o 1.1 Ofensif o 1.2 Defensif o 1.3 Menghibur • 2 Metode horisontal • 3 Contoh-contoh o 3.1 Perkalian 9 o 3.2 Perkalian 11 o 3.3 Kuadrat bilangan puluhan berakhir angka 5 o 3.4 Perkalian dan pembagian dengan 10 • 4 Rujukan [sunting] Klasifikasi Kemampuan berhitung cepat dapat dibagi ke dalam tiga kategori besar, yaitu: [sunting] Ofensif Kategori ini bertujuan untuk mendapatkan hasil dengan cepat, contoh: perhitungan itu dapat diselesaikan dengan mengetahui bahwa dan sehingga [sunting] Defensif Kategori ini bertujuan sec

prestasi

http://dasar-teori.blogspot.com/2011/10/pengertian-prestasi-belajar-matematika.html Kamis, 20 Oktober 2011 Pengertian Prestasi Belajar Matematika Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2005: 723) disebutkan bahwa, “Matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antara bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian masalah mengenai bilangan”. Terry Wood (1999: 171) menyatakan bahwa beberapa peneliti seperti Confrey dan Labinowicz telah memperoleh pandangan yang membangun dan berpendapat bahwa siswa akan memahami matematika dengan baik jika siswa dengan aktif terlibat dalam proses pembelajaran matematika. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai oleh semua siswa karena pelajaran lainnya tidak bisa terlepas dari matematika. (Mary Ann Huntley : 329). Purwoto (2003: 12-13) mengemukakan bahwa, “Matematika adalah pengetahuan tentang pola keteraturan pengetahuan tentang struktur yang terorganisasi mulai dari unsur-unsur yang tidak dide

perkalian cepatee

TERIK BERHITUNG 1. Perkalian 9, 99, atau 999 Mengalikan dengan 9 sebenarnya adalah mengalikan dengan 10-1. Jadi, 9×9 sama saja dengan 9 x (10-1) = 9×10-9 = 90-9 = 81. Ayo coba contoh yang lebih sulit: 46×9 = 46× (10-1) = 460-46 = 414. Satu contoh lagi: 68×9 = 680-68 = 612. Untuk perkalian 99, artinya kita mengalikan dengan 100-1. Jadi, 46×99 = 46 x (100-1) = 4600-46 = 4554. Kalo udah gitu, kalian semua pasti tahu bahwa perkalian 999 sama dengan perkalian 1000-1 38×999 = 38 x (1000-1) = 38000-38 = 37962. Masih bisa ngikuti? ayo kita lanjut 2. Perkalian 11 Perkalian 11 artinya kita menjumlahkan sepasang angka, kecuali bagi angka yang ada di bagian ujung Lebih jelasnya gw jelasin di bawah ini : untuk perkalian 436 dengan 11 mulailah dari kanan ke kiri (selalu dari kanan ke kiri ya) Pertama tulis 6 lalu jumlahkan 6 dengan angka di sebelahnya yaitu 3 sehingga didapatkan angka 9 Tuliskan 9 disebelah kiri 6. Lalu jumlahkan 3 dengan 4 untuk mendapat ang

perkalian cepate

Originally Posted by Zainnuril nih gan ane tambahin buat perkalian 9.. siapin 10 jari: (IIIII) (IIIII) < anggap itu tangan, pas tuh 10 jari misalkan ada perkalian 9 x 7=? caranya gampangg!!!! cuma di tekuk jadi yang ke 7, karna 9 dikali 7, kalo 9 dikali 8, ya jari ke 8 yang ditekuk (IIIII) (IIIII) disebalah kiri jari yang ditekuk itu puluhan yang sebelah kanan satuan jadi 9 x 7 = 63, nih liat (IIIII) (IIIII) yang merah puluhan.. yang biru satuan, yang ijo itu jari ke 7 -Update lagi - by Zainnuril Quote: Originally Posted by Zainnuril Nih Gan Perkalian 9 Lagi, 1 Detik Langsung Bisa jawab!!! Misalnyaaaa 9 x 7 Quote: Cukup Liat angka yang dikalikan sama 9, dari soal diatas kan angka 7 tuh yang dikaliin 9.. jadi jawabnya kaya gini nih Quote: Jawab: 70 - 7 = 63 .. kok bisa 70 -7???? kan udah gue bilang kalo yang diliat angka yang di kali 9. kalo 9 x 5 = 50 - 5 . 9 x 2 = 20 - 2 . 9 x 9 = 90 - 9 gampaaang kaaann Quote: Originally Posted by Di

alat ukur

http://verafujiutami.blogspot.com/2010/11/alat-ukur.html ALAT UKUR A. Memilih Alat Ukur yang Sesuai dengan Benda yang Diukur Dapatkah kalian menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut? 1. Pada tahun 1791 ilmuwan Prancis membuat alat ukur meteran. Apa kegunaan alat ukur tersebut? 2. Alat ukur apa yang dapat digunakan untuk menimbang berat gula? 3. Alat penghitung waktu ditemukan pada tahun 1918 oleh Bryde. Apa alat ukur waktu yang sering digunakan orang? Agar dapat menjawabnya, marilah kita pelajari beberapa alat ukur berikut ini.  Meteran Meteran digunakan sebagai alat untuk mengukur panjang, lebar, dan tinggi suatu benda atau bangun. Bentuk dan kegunaan meteran di antaranya adalah sebagai berikut. Meteran pita Meteran ini digunakan untuk mengukur panjang dan lebar lembaran kain. Meteran rol besar Meteran ini digunakan sebagai alat untuk mengukur panjang dan lebar tanah. Meteran saku (rol kecil) Meteran ini digunakan untuk mengukur bangun at

perkalian cepat

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4353127 Penjelasan : angka depan yang bewarna biru harus dalam puluhan yang sama, dan angka belakang yang bewarna merah, bila dijumlahkan genap 10. tricknya : angka depan dikalikan dengan rumus : n x (n+1) angka belakang dikalikan seperti biasa. maka dari 2 contoh tersebut : 1) 23 x 27 __________ 2 x (2+1) = 6 3 x 7 = 21 maka hasilnya 621 2) 36 x 34 ___________ 3 x (3+1) = 12 6 x 4 = 24 maka hasilnya 1224 contoh lain : 78 x 72 7 x (7+1) = 56 8 x 2 = 16 maka hasilnya adalah 5616 (buktikan dengan kalkulator) contoh lain : 82 x 88 = 7216 Biasa perkalian tersebut muncul di acara seperti cepat tepat, atau kuis2 akademik lainnya yang memerlukan perhitungan dengan cepat. Terkadang tidak sedikit angka2 seperti itu muncul di soal ujian.

11-19

Apabila Anda diberikan soal perkalian 18 x 19, maka bagaimana cara Anda untuk mencari hasilnya? Apakah masih menggunakan cara konvensional seperti di bawah ini? 18 19 —- x 162 18 —- + 342 Hmmm… cara di atas mungkin masih kalah cepat dengan cara yang saya temukan di YouTube.com ini. Cuman sayang, trik cara cepat menghitung perkalian ini hanya berlaku untuk perkalian bilangan sampai dengan 20 saja. Untuk perkalian yang melibatkan bilangan di atas 20, cara ini tidak tepat lagi.

MOTIVASI

http://www.anneahira.com/motivasi/index.htm

MOTIVASI

http://www.anneahira.com/motivasi/index.htm

penelitian exprimen

Secara umum penelitian dibagi menjadi dua jenis yaitu penelitian eksperimen dan penelitian non eksperimen. Jika pada penelitian eksperimen terdapat intervensi/perlakuan dari peneliti dengan mengukur dampak, maka sebalikanya pada penelitian non eksperimen/expost facto, peneliti tidak melakukan kendali melainkan mengumpulkan data/fakta yang ada. Penelitian eksperimen adalah mengubah fakta dengan memberikan perlakuan/intervensi dan menghasilkan teori baru. Perlakuan mengakibatkan perubahan variabel yang ada. Menurut Sukmadinata (2005), penelitian eksperimental merupakan pendekatan penelitian kuantitatif yang paling penuh dalam arti memenuhi semua persyaratan untuk menguji hubungan sebab akibat. Disamping itu penelitian eksperimental juga merupakan pendekatan penelitian yang khas yang ditunjukkan oleh dua hal yaitu pertama, penelitian eksperimen menguji secara langsung pengaruh satu variabel terhadap variabel lain dan yang kedua menguji hipotesis hubungan sebab akibat. Ciri utama peneliti

bumi kita

Banyak ilmuwan yang percaya bahwa Bumi terbentuk bersamaan dengan terbentuknya Tata Surya. Umur Bumi diperkirakan sekitar 4,5 Milyar tahun, batu tertua yang pernah ditemukan berusia 4,3 milyard tahun. Sistim Tata surya kita berasal dari spiral awan nebula (awan gas dan debu batuan dan metalik) yang sangat besar. Matahari terbentuk dari bagian tengah awan nebula. Pada saat awan ini berputar mengelilingi Matahari, awan ini secara perlahan menjadi rata. Beberapa bagian dari awan ini berputar seperti pusaran arus. Gas dan debu yang berada di sekitar pusaran ini ikut bergabung. Kumpulan dari gas dan debu ini semakin tumbuh besar dengan menarik berbagai partikel-partikel yang berada di dekatnya. Secara lambat laun kumpulan berbagai partikel yang berputar ini membentuk planet-planet yang mengelilingi Matahari. Salah satu teori menyebutkan bahwa Bumi pada awalnya berupa gas kemudian berubah menjadi cairan dan akhirnya menjadi lebih dingin sehingga kerak Bumi ( kulit luar ) menjadi padat me

Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar

1. Judul Penelitian : Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Oleh Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah Mataram 2. Bidang Ilmu Ilmu Sosial 3. Pendahuluan a. Latar Belakang Masalah Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar/dosen, melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi, melainkan berperan sebagai fasilitator, dinamisator, dan motivator dalam pembelajaran. Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di kampus, sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan d

pisikologi pendidikan

BAB I PSIKOLOGI DAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN Psikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji perilaku individu dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Perilaku yang dimaksud adalah, perilaku motorik yaitu perilaku dalam bentuk gerakan. Perilaku kognitif ialah perilaku dalam bentuk bagaimana individu mengenal alam dis ekitarnya. Perilaku konatif ialah perilaku yang berupa dorongan dari dalam individu. Perilaku afektif ialah perilaku dalam bentuk perasaan atau emosi. Pendekatan utama dalam psikologi yaitu: Pendekatan behaviorisme, lebih mengutamakan hal-hal yang nampak dari individu. Perilaku adalah segala sesuatu yang bisa di amati oleh alat indera sebagi hasil dari interaksi dengan lingkungnnya. Pendekatan psikoanalisa, lebih mengutamakan hal-hal yang ada di bawah kesadaran individu. Pendekatan kognitif, perilaku sebagai proses internal, yang merupakan suatu proses input-output yaitu penerimaan dan pengolahan hasil dari informasi, untuk kemudian menghasilkan keluaran. Pendekatan