Postingan

Menampilkan postingan dari 2011

ICT in alfha Mathematic

Beberapa materi yang dapat dipelajari adalah sebagai barikut: a) Learning animation graphics using java applet in the following websites b) http://www.walter-fendt.de/m14id/ - Java Applet matematika c) http://www.geocities.com/ratuilma/toolfsindo.html - Java Applet Zulkardi d) http://www.ies.co.jp/math/java/ - Manipula math with Java Applet e) http://www.fi.uu.nl/wisweb/en/ Wiskunde Website f) http://math.hws.edu/javamath/ java applet download etc g) http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/Java/index.html famous applet curve h) http://www.dmoz.org/Science/Math/Education/Java_Applets/ math education software i) http://www.dmoz.org/Science/Math/ mathematics software – applet j) http://www.cut-the-knot.org/Curriculum/ 1000 Interactive applet java cut-the-knot k) http://www.fi.uu.nl/rekenweb/en/ rekenweb- applet matematika SD l) http://oneweb.utc.edu/~Christopher-Mawata/ Teaching& learning math with java

Tips Belajar Matematika

Setiap orang memiliki cara yang unik dalam belajar yang mungkin saja antara yang satu dengan yang lainnya saling berbeda. Oleh sebab tidaklah benar andai dikatakan bahwa model belajar yang satu lebih unggul dibanding model belajar yang lain. Semua tergantung dengan kebiasaan dan potensi masing-masing. Seseorang memang selalu memiliki kecenderungan terhadap model atau cara belajar tertentu. Apakah itu visual, auditorial ataupun kinestetik. Dalam tulisan ini saya akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda ikuti ketika belajar matematika. Beberapa tips mungkin saja cocok dengan Anda, tetapi mungkin juga beberapa tips yang lainnya kurang cocok. Tidak ada yang salah dengan hal itu! Yang perlu diperhatikan adalah Anda tahu potensi dan posisi atau cara dan model belajar yang cocok dan Anda rasakan berguna unntuk mendapatkan hasil belajar yang optimal. Belajar Matematika tidak Seperti Menonton Olah Raga Anda tidak bisa bela

Belajar Matematika Lebih Cepat dan Menyenangkan

Gambar
Cara Membuat Anak Belajar Matematika Lebih Cepat dan Menyenangkan Sebagian besar anak masih merasa bahwa belajar matematika adalah sulit dan menakutkan. Hal ini akhirnya turut andil dalam menambah daftar permasalahan bagi orang tua. Mereka ingin buah hatinya dapat belajar matematika dengan mudah dan menyenangkan, sehingga matematika dapat dikuasai dengan baik. Meningkatkan motivasi anak untuk belajar matematika memang masih dirasa sulit bagi sebagian orang tua. Beberapa sekolah yang mengajar anak-anak masih menggunakan metode yang sama sehingga mereka akan merasa kesulitan untuk membentuk kemampuan dalam belajar. Dalam artikel ini akan dikupas beberapa alternatif cara untuk membuat anak belajar matematika dengan menyenangkan.  Let’s check it out! Belajar matematika melalui online math game Menggunakan online math game akan menjadi metode yang menyenangkan untuk menstimulasi kemampuan buah hati kita. Komunikasi yang terbentuk akan membuat otak berpikir dalam cara

Cara Kreatif Mengajar Matematika

Berikut ini ada beberapa aktifitas di kelas untuk menumbuhkan kreativitas dalam pengajaran matematika. Dalam pengajaran, sering-seringlah mengajukan pertanyaan kritis seperti “Apakah Kamu mencoba ini?” “Apa yang akan terjadi jika ada ini ?” “Apakah kamu dapat?” untuk meningkatkan pemahaman anak-anak dari ide-ide dan kosakata matematika. Berikut beberapa aktifitas yang mungkin dapat dipraktekkan di kelas: 1. Gunakan dramatisasi. Ajaklah anak-anak berpura-pura berada di sebuah bola (sphere) atau kotak (prisma), merasakan sisi-sisinya, ujung-ujungnya, dan sudutnya dan menyandiwarakan secara sederhana masalah aritmatika seperti: Tiga katak melompat dalam kolam dsb. 2. Menggunakan anggota tubuh anak-anak. Menyarankan agar anak-anak menunjukkan berapa banyak kaki, mulut, dan sebagainya. Ketika diminta untuk menampilkan “tiga tangan,” mereka akan menanggapi dengan protes keras, dan kemudian menunjukkan berapa banyak tangan yang mereka memiliki( “membuktikan”) ini. Kemudian meng

Cara Mengajar Matematika

Bagaimana sih cara mengajar matematika itu? Bila pertanyaan ini diajukan ke guru matematika , tentunya akan dapat jawaban berdasarkan pengalamannya. Bila pertanyaan ini diajukan pada guru, yang bukan guru matematika, kemungkinan besar masih dapat jawaban juga berdasarkan pengalamannya mengajar bidang lain (ia akan mereka-reka, menganalogikan cara mengajarnya pada cara mengajar matematika). Namun, bila pertanyaan ini diajukan ke sembarang orang yang bukan guru, apa jawabannya? Tentunya mereka juga bisa menjawab berdasarkan pengalamannya ketika menjadi siswa di sekolah. Pertanyaan ini hampir mustahil bisa dijawab oleh orang yang sama sekali tak pernah sekolah atau mengenyam pendidikan, mereka ini hampir dipastikan tak kenal dengan “mahluk” yang namanya matematika. Baiklah, bila pertanyaan itu diajukan ke saya. Apa jawaban saya? Sebentar, sebelum saya jawab, saya akan menjawab pertanyaan ini dengan memposisikan diri sebagai: (1) siswa yang pernah belajar matematika, ini bag

Asal Usul dan Sejarah Matematika

Jejak asal usul Matematika ternyata sudah dikenal sejak tahun 300 SM. Matematika adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian. Terdapat perselisihan tentang apakah objek-objek matematika seperti bilangan dan titik hadir secara alami, atau hanyalah buatan manusia. Seorang matematikawan Benjamin Peirce menyebut matematika sebagai “ilmu yang menggambarkan simpulan-simpulan yang penting”. Di pihak lain, Albert Einstein menyatakan bahwa “sejauh hukum-hukum matematika merujuk kepada kenyataan, mereka tidaklah pasti; dan sejauh mereka pasti, mereka tidak merujuk kepada kenyataan.” Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan, perhitungan, pengukuran, dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan pergerakan benda-benda fisika. Matematika pra

anak nenggung

Gambar
Ofick MathEducat mengirimkan video . — bersama Hiks Funck dan 42 lainnya anak nenggung 2 Durasi: ‎8:30 Suka · · Bagikan · 18 menit yang lalu Ayie Csii Nounna Chaniago menyukai ini. Tulis komentar... Ofick MathEducat mengirimkan video . — bersama Hari Yanto dan 13 lainnya . anak nenggung Durasi: ‎14:38 Suka · · Bagikan · 56 menit yang lalu 2 orang menyukai ini.

ringkasan matematika

Link Download Ringkasan Pengajaran : Bilangan Berpangkat Limit fungsi Integral Dimensi Tiga Statistika Program Linear Logika Matematika Peluang Matriks Logaritma Lingkaran Transformasi Persamaan Kuadrat Trigonometri Vektor Pertaksamaan Suku Banyak Barisan dan Deret Sistem Pers. Linear Turunan Fungsi Eksp. dan Logaritma Trigonometri - 1 Fungsi Komposisi   Link Download Pembahasan : Barisan dan Deret Persamaan Kuadrat Dimensi Tiga Persamaan Lingkaran Fungsi Komposisi Logaritma Fungsi Kuadral Pertaksamaan Integral Statistika Limit Fungsi Suku Banyak Matriks Transformasi Peluang Trigonometri Persamaan Ekponen Turunan Fungsi Persamaan Garis Vektor Soal Olimpiade Pembahasan SPMB
Labels akuntansi (4) artikel ekonomi (3) artikel hukum (1) artikel hukum perdata (2) Artikel Humaniora (5) artikel kedoteran (1) artikel kesehatan (14) Artikel Listrik (4) artikel Psikologi (10) Artikel Saint (3) Artikel Teknologi (9) artikel TKI (12) bank rekapitalisasi (1) dampak korupsi (1) dimensi perilaku (1) dosen tetap (1) ekonomi (3) fokus ekonomi (1) imre lakatos (1) indonesia dengan malaysia (6) industri keramik (1) inflasi (1) investasi pemerintah (1) jumlah uang (1) jurnal (6) jurnal bisnis (3) jurnal ekonomi pembangunan (2) jurusan manajemen (5) karakter jasa (1) Kesehatan Masyarakat (4) kinerja bank mandiri (1) Komputer (1) merger bank (1) pemikiran ekonomi (1) pendapatan nasional (1) pendekatan moneter (1) pendidikan (2) penghambat ekspor (1) perilaku kerja (11) Pertanian (3) produk manufaktur (1) produsen ek

bimbingan belajar 2

Gambar
Bimbingan Bimbingan Belajar Teori Belajar Matematika Teori Belajar Matematika Info Link - Bimbingan Belajar assalamualaikum Wr. Wb: perkembangan pembelajaran matematika (Monday, 24 October 2011 06:18) W Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan berpengertian. Teori ini sesuai dengan terori Gestalt yang muncul sekitar tahun 1930, dimana Gestalt menengaskan bahwa ... Berkreasi: Perkembangan Pembelajaran Matematika (Monday, 24 October 2011 02:16) W Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan berpengertian. Teori ini sesuai dengan terori Gestalt yang muncul sekitar tahun 1930, dimana Gestalt menengaskan bahwa ... TEORI PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Saturday, 22 October 2

peran guru bimbingan

Gambar
Peran Guru Sebagai Pembimbing Perubahan paradigma pembelajaran dari pembelajaran pasif ( teacher-centered ) ke pembelajaran aktif ( student-centered ), menghendaki adanya perubahan peran guru dalam proses pembelajaran. Salah satu peran yang harus dijalankan guru adalah sebagai pembimbing. Peran guru sebagai pembimbing pada dasarnya adalah peran guru dalam upaya membantu siswa  agar dapat mengembangkan segenap potensi yang dimilikinya melalui hubungan interpersonal yang akrab dan saling percaya. Wina Senjaya (2006) menyebutkan salah satu peran yang dijalankan oleh guru yaitu sebagai pembimbing dan untuk menjadi pembimbing baik guru harus memiliki pemahaman tentang anak yang sedang dibimbingnya. Guru berusaha membimbing siswa agar dapat menemukan berbagai potensi yang dimilikinya, membimbing siswa agar dapat mencapai dan melaksanakan tugas-tugas perkembangan mereka, sehingga dengan ketercapaian itu ia dapat tumbuh dan berkembang sebagai individu yang mandiri dan produktif.  

bimbingan belajar

Gambar
Membimbing Kesulitan Belajar Siswa Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya. Kesulitan belajar siswa mencakup pengetian yang luas, diantaranya : (a) learning disorder; (b) learning disfunction; (c) underachiever; (d) slow learner, dan (e) learning diasbilities. Di bawah ini akan diuraikan dari masing-masing pengertian tersebut. Learning Disorder atau kekacauan belajar adalah keadaan dimana proses belajar seseorang terganggu karena tim