Postingan

pengertian mikro teaching

Micro teaching adalah suatu tindakan atau kegiatan latihan belajar-mengajar dalam situasi laboratoris (Sardirman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar). Ciri-ciri pokok Micro Teaching : 1. Jumlah subyek belajar sedikit sekitar 5-10 orang 2. Waktu mengajar terbatas sekitar 10 menit 3. Komponen mengajar yang dikembangkan terbatas 4. Sekadar real teaching Maksud dan tujuan micro teaching Maksud yaitu meningkatkan performance yang menyangkut keterampilan dalam mengajar atau latihan mengelola interaksi belajar mengajar. Tujuan adalah membekali calon guru sebelum sungguh-sungguh terjun ke sekolah tempat latihan praktek kependidikan untuk praktek mengajar (Sardiman, Interaksi Motivasi Belajar Mengajar ). Perbedaan micro teaching dan teaching Micro teaching : 1. Dilaksanakan dalam kelas laboratorium 2. Sekadar real teaching 3. Siswa 5 s/d 10 orang 4. Waktu sekitar 10 menit 5. Bahan terbatas 6. Ketrampilan yang dilatihkan meliputi semua teaching skill dalam porsi yang terbata

Statistika dalam Penelitian Kuantitatif

Statistika dalam Penelitian Kuantitatif Ringkasan: Dalam melakukan penelitian kuantitatif, kita seringkali mengalami kesulitan tentang metode statistika mana yang akan digunakan. Hal ini umumnya disebabkan kita tidak mendapatkan materi penelitian yang lengkap dan terintegrasi, selain itu buku-buku yang kita temui pun umumnya tidak membahas hal tersebut secara menyeluruh. Artikel ini berusaha memberikan pengetahuan praktis awal bagi anda yang ingin melakukan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode-metode statistika. Artikel ini merupakan sebuah work in progress, dalam artian materinya akan terus diperbarui. Tentu saja masukan maupun kritikan dari anda-anda yang membacanya sangat diharapkan, agar saya bersemangat menulisnya. :) Pendahuluan Jika kita mendengar kata penelitian, satu hal yang mungkin langsung terlintas di pikiran kita adalah "mesti rumit dan dilakukan oleh orang yang hebat sekali". Hal tersebut tidak sepenuhnya benar maupun salah, karena pen

Konsep-Konsep Dasar Penelitian

Konsep-Konsep Dasar Penelitian E. VARIABEL Variabel penelitian adalah objek yang diteliti yang memiliki nilai yang bervariasi. Dengan demikian sesuatu yang hanya mempunyai satu nilai (tidak mempunyai nilai yang bervariasi) tidak dapat dinyatakan sebagai variabel, tetapi konstanta (constant). 1. Kualitatif dan Kuantitatif Qualitative Variable, adalah variabel yang datanya berupa data kualitatif (skala nominal atau ordinal). Quantitative Variable, adalah variabel yang datanya berupa angka (skala ordinal, interval, atau rasio). 2. Bebas dan Terikat Variabel Bebas (Independent Variable), adalah variabel yang mempengaruhi variabel yang lain (variabel terikat). Variabel Terikat (Dependent Variable), adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain (variabel bebas). Dua pengertian di atas memperlihatkan bahwa istilah dua jenis variabel ini muncul pada penelitian (study) pengaruh. Contoh: Pada penelitian tentang ”Pengaruh IQ terhadap Nilai yang Dicapai Mahasiswa dalam Per

statistik2

3 BAB 1 Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa Inggris:statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data 1.2 Ruang Lingkup Ruang lingkup yang akan saya bahas meliputi statistika yang digunakan dan jenis-jenis yang dapat digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data. 1.3 Tujuan dan Manfaat Memberikan pengetahuan lebih mengenai statistika dan penggunaannya untuk menyimpulkan suatu data. 1.4 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan Makalah Metodologi Penelitian ini adalah sebagai berikut : BAB 1 : PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan tentang latar belakang penulisan Makalah Meto

statistik

All research reports use roughly the same format. It doesn't matter whether you've done a customer satisfaction survey, an employee opinion survey, a health care survey, or a marketing research survey. All have the same basic structure and format. The rationale is that readers of research reports (i.e., decision makers, funders, etc.) will know exactly where to find the information they are looking for, regardless of the individual report. Once you've learned the basic rules for research proposal and report writing, you can apply them to any research discipline. The same rules apply to writing a proposal, a thesis, a dissertation, or any business research report. The most commonly used style for writing research reports is called "APA" and the rules are described in the Publication Manual of the American Psychological Association. Any library or bookstore will have it readily available. The style guide contains hundreds of rules for grammar, layout, and syntax

tes aritmatika

Nama siswa : Kelas : Nilai : Mp :Berhitung cepat Waktu :30 menit 1. 42 x 25 = 2. 26 x 25 = 3. 72 x 25 = 4. 88 x 25 = 5. 16 x 25 = 6. 47 x 43 = 7. 38 x 32 = 8. 84 x 86 = 9. 91 x 99 = 10. 64 x 66 = 11. 55 x 55 = 12. 65 x 65 = 13. 35 x 35 = 14. 85 x 85 = 15. 45 x 45 = 16. 123 x 11 = 17. 234 x 11 = 18. 5271 x 11 = 19. 77215622 x 11 = 20. 81273 x 11 = 21. 34 x 5 = 22. 86x 5 = 23. 12 x 5 = 24. 72 x 5 = 25. 66 x 5 = 26. 42: 5 = 27. 24 : 5 = 28. 22: 5 = 29. 36 : 5 = 30. 123 : 5 = 31. 12 x 12 = 32. 15 x 15 = 33. 17 x 17 = 34. 19 x 19 = 35. 16 x 16 = 36. 41 x 41 = 37. 51 x 51 = 38. 81 x 81 = 39. 71 x 71 = 40. 31 x 31 = 41. 41 x51 = 42. 21 x 71= 43. 81 x 51 = 44. 31 x 61 = 45. 51 x 61 = 46. 134 x 11 = 47. 145111 x 11 = 48. 56666 x 11 = 49. 14 x 25 = 50. 44 x 46 =

berhitung

Manfaat Rumus Berhitung Cepat Matematika Saya senang mengoleksi berbagai macam teknik berhitung cepat – aritmetika cepat. Beberapa rumus cepat ini saya peroleh dari guru-guru matematika saya. Sebagian yang lain saya peroleh dari membaca literatur. Bagian terpenting dari rumus cepat ini saya peroleh sendiri melalui ketekunan meneliti. Sempoa (abacus) adalah salah satu teknik berhitung cepat yang sangat mengagumkan. Selesai soal dibacakan, selesai juga proses perhitungan. Kita tinggal membaca hasil perhitungan tersebut pada sempoa. Bila sudah mahir mental aritmetika, kita tinggal membaca jawaban tersebut pada mental imajinasi kita. Kumon adalah pendekatan yang berbeda. Kumon merupakan pendekatan pembelajaran cepat matematika. Tetapi isi matematikanya sendiri mirip dengan konsep matematika yang kita kenal selama ini. Metode Kumon mengandalkan pada pengulangan dan kemahiran. Dengan cara ini, (anak-anak) kita menjadi lebih mudah belajar matematika. Jarimatika menampilkan beberapa varia