sPENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS ( PS 3 ) DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP RAKYAT PANCUR BATU


TAHUN AJARAN 2008 / 2009
Leny Farida Yanti (NPM 7105050202)
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori, (2) mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan PS3 dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan PS3 menggunakan metode ekspositori.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas

SMP-RAKYAT Pancur Batu sebanyak 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan PS3 pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan Lingkaran.

Indikator keefektifan penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori pada penelitian ini adalah (1) tingkat penguasaan siswa minimal sedang terpenuhi, (2) ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi, (3) ketuntasan pencapaian TPK terpenuhi, (4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terpenuhi.

Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa dari 36 siswa terdapat 30 siswa (83,3%) yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65% (tuntas belajar) dan 6 siswa (16,7%) tidak tuntas belajar. Ketercapaian TPK sebanyak 5 (67,44%) dari 6 TPK telah tuntas. Dari hasil observasi (3,11) disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik.

Berdasarkan indikator keefektifan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori efektif diterapkan pada pokok bahasan Lingkaran di kelas VIII SMP-RAKYAT Pancur Batu T.A 2008/2009.

Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan PS3 yaitu (1) kemampuan menganalisa soal sebesar 68,5% (kategori sedang), (2) kemampuan merencanakan penyelesaian soal sebesar 65,2% (kategori sedang), (3) kemampuan menyelesaikan soal sebesar 66,4% (kategori sedang), (4) kemampuan mengevaluasi kembali hasil penyelesaian soal sebesar 66,1% (kategori sedang). Dari keempat tingkat kemampuan tersebut, siswa SMP-RAKYAT Pancur Batu memiliki tingkat kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal dengan PS3

Scribd
Upload a Document
Search Documents
document collections icon
publishers icon
documents icon
scribd pages icon
users icon
Explore
Tri_11x6
Documents

* Books - Fiction
* Books - Non-fiction
* Health & Medicine
* Brochures/Catalogs
* Government Docs
* How-To Guides/Manuals
* Magazines/Newspapers
* Recipes/Menus
* School Work
* + all categories
*
* Featured
* Recent

People

* Authors
* Students
* Researchers
* Publishers
* Government & Nonprofits
* Businesses
* Musicians
* Artists & Designers
* Teachers
* + all categories
*
* Most Followed
* Popular

* Sign Up
* |
* Log In

1
First Page
Previous Page
Next Page
/ 110
Sections not available
Zoom Out
Zoom In
Fullscreen
Exit Fullscreen
Select View Mode
View Mode
BookSlideshowScroll
Readcast
Add a Comment
Embed & Share
Reading should be social! Post a message on your social networks to let others know what you're reading. Select the sites below and start sharing.
Readcast this DocumentTransparent
Login to Add a Comment
Share & Embed
Add to Collections
Download this Document for Free
Auto-hide: on
Quantcast
PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS(PS3)
DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA

POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII
SMP RAKYAT PANCUR BATU
TAHUN AJARAN 2008 / 2009
SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas dan
Memenuhi Syarat untuk Mencapai
Gelar Sarjana Pendidikan
Oleh

LENY FARIDA YANTI
Nomor Pokok : 7105050202
Program Studi Pendidikan Matematika

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
MEDAN
2009
FK IP
PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS(PS3)
DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA

POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII
SMP RAKYAT PANCUR BATU
TAHUN AJARAN 2008 / 2009
SKRIPSI

Diajukan untuk Melengkapi Tugas dan
Memenuhi Syarat untuk Mencapai
Gelar Sarjana Pendidikan
Oleh

LENY FARIDA YANTI
Nomor Pokok : 7105050202
Program Studi Pendidikan Matematika
PEMBIMBING I
PEMBIMBING II
Mulyono,S.Si, M.Si
Muliawan Firdaus,S.Pd, M.Si

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
MEDAN
2009
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
BERITA ACARA BIMBINGAN SKRIPSI
Nama
:
LENY FARIDA YANTI
NPM
:
7105050202
Program Studi
:
Pendidikan Matematika
Dosen Pembimbing I
:
Mulyono, S.Si, M.Si
Dosen Pembimbing II
:
Muliawan Firdaus, S.Pd, M.Si
Tgl. Penunjukkan Pembimbing :
24 November 2008
Tgl. Persetujuan Judul
:
14 November 2008
Judul Skripsi
:
PENERAPAN
PENYELESAIAN

SOAL SECARA SISTEMATIS (PS3) DENGAN MENGGUNAKAN

METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII SMP RAKYAT PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2008/2009.
Uraian Pelaksanaan Pembimbing
Pembimbing I
Pembimbing II
No
Materi Bimbingan
Tanggal
Paraf
Tanggal
Paraf
1. Pengajuan Judul
14-11-2008
14-11-2008
2. ACC Judul
14-11-2008
14-11-2008
3. Pengajuan Proposal
31-01-2009
31-01-2009
4. ACC Proposal
18-02-2009
18-02-2009
5. Pengajuan Skripsi
30-05-2009
30-05-2009
6. Perbaikan I
02-06-2009
02-06-2009
7. Perbaikan II
03-06-2009
03-06-2009
8. Perbaikan III
08-06-2009
08-06-2009
9. ACC Skripsi
09-06-2009
18-06-2009
Medan,

Juni 2009
Ketua Program Studi
Pendidikan Matematika
(Drs. Syahwin, M.Si)
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA
PENGESAHAN SKRIPSI
Nama
: Leny Farida Yanti
Nomor Pokok
: 7105050202
Program Studi
: Pendidikan matematika
Jenjang Program
: Strata Satu (S1)
Judul skripsi

: PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA
SISTEMATIS (PS3) DENGAN MENGGUNAKAN
METODE EKSPOSITORI PADA POKOK BAHASAN
LINGKARAN DI KELAS VIII SMP RAKYAT PANCUR
BATU TAHUN AJARAN 2008/2009
Medan,
2009
Panitia Ujian
Ketua
Sekretaris
______________
_______________
Pembimbing I
Pembimbing II
Mulyono, S.Si,M.Si
Muliawan Firdaus,S.pd,M.Si

PENERAPAN PENYELESAIAN SOAL SECARA SISTEMATIS ( PS 3 )
DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPOSITORI PADA
POKOK BAHASAN LINGKARAN DI KELAS VIII
SMP RAKYAT PANCUR BATU
TAHUN AJARAN 2008 / 2009
Leny Farida Yanti (NPM 7105050202)
ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keefektifan penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori, (2) mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan PS3 dan (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan PS3 menggunakan metode ekspositori.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas

SMP-RAKYAT Pancur Batu sebanyak 36 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan PS3 pada pembelajaran matematika dengan menggunakan metode ekspositori pada pokok bahasan Lingkaran.

Indikator keefektifan penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori pada penelitian ini adalah (1) tingkat penguasaan siswa minimal sedang terpenuhi, (2) ketuntasan belajar secara klasikal terpenuhi, (3) ketuntasan pencapaian TPK terpenuhi, (4) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran terpenuhi.

Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa dari 36 siswa terdapat 30 siswa (83,3%) yang memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan 65% (tuntas belajar) dan 6 siswa (16,7%) tidak tuntas belajar. Ketercapaian TPK sebanyak 5 (67,44%) dari 6 TPK telah tuntas. Dari hasil observasi (3,11) disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik.

Berdasarkan indikator keefektifan pada penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan PS3 dengan menggunakan metode ekspositori efektif diterapkan pada pokok bahasan Lingkaran di kelas VIII SMP-RAKYAT Pancur Batu T.A 2008/2009.

Tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dengan PS3 yaitu (1) kemampuan menganalisa soal sebesar 68,5% (kategori sedang), (2) kemampuan merencanakan penyelesaian soal sebesar 65,2% (kategori sedang), (3) kemampuan menyelesaikan soal sebesar 66,4% (kategori sedang), (4) kemampuan mengevaluasi kembali hasil penyelesaian soal sebesar 66,1% (kategori sedang). Dari keempat tingkat kemampuan tersebut, siswa SMP-RAKYAT Pancur Batu memiliki tingkat kemampuan sedang dalam menyelesaikan soal dengan PS3.
KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis ucapkan kepada ALLAH SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis hingga penelitian dapat diselesaikan dengan baik sesuai dngan waktu yang direncanakan.

Skripsi dengan judul “Penerapan Penyelesaian Soal Secara Sistematis (PS3) Dengan Menggunakan Metode kspositori Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII SMP-RAKYAT Pancur Batu Tahun Ajaran 2008/2009” disusun untuk memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera Utara.

Pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada : Bapak Mulyono,M.Si dan Bapak Muliawan Firdaus,M.Si sebagai dosen pembimbing skripsi,Kepada Ibu Suryati Tanjung yang telah memberikan bimbingan, saran, kritikan serta masukkan kepada penulis sejak awal sampai selesainya penulisan skripsi ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ibu Sri Faizah Lisnasari (PD I), Bapak Nulus Sembiring (PD II), Bapak Rusdi Nasution (PD III). Ucapan terima kasih disampaikan kepada ibu Drs.Derlina Nasution M.Si selaku dosen Pembimbing Akademik dan kepada Bapak Drs.Syahwin,M.Si selaku ketua Program Studi pendidikan Matematika UISU serta kepada Bapak dan Ibu Dosen beserta staf Pegawai jurusan matematika FKIP UISU. Ucapan terima kasih juga kepada Bapak Pinter Sinulingga selaku Kepala sekolah SMP-RAKYAT Pancur Batu yang telah memberikan izin kepada penulis untuk melaksanakan penelitian dan Ibu Umi Kalsum selaku guru matematika di kelas penulis mangadakan penelitian.

Teristimewa penulis sampaikan terima kasih banyak kepada Ayahanda Dan Ibunda
tercinta : Legiman / Rita.S yang telah memberikan bantuan doa, moral dan materil,
dan motivasi, yang tak dapat penulis balas, kepada : Nenek Surtinah yang

tercinta atas semua doa dan bantuan moral selama ini. Kepada Kakakku : Risca Andriani,S.ST dan Abangku Serda Kiswanto, Kakakku Dhesy Itaman,A.Md Adikku Rina Andriana yang selalu memberikan dukungan dan bantuan moral, materil, mencukupkan dana dari awal kuliah sampai selesai kuliah di UISU, dan tak lupa untuk keponakanku yang lucu dan imut : Dimas Akmal Prathama Nugraha dan Kamila Dwi Athifah yang selalu memberikan semangat baru bagi penulis, kepada seluruh keluarga besar penulis ucapkan terima kasih banyak. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk sahabat-sahabatku : Rina, Uma, Neni, Anita, Evi, Walida, Ryan, Candra, Agustia, Dian, Kobes Team, temen -temen seperjuangan di kampus khususnya Mat’05. Terima kasih juga buat sobatku Irma dan Winda serta temen- temen PPL-T MMA-UISU yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Penulis tidak dapat membalas budi baik dari semuanya. Allah yang kiranya membalas kepada Bapak, Ibu, dan Saudara/i sekalian.

Penulis telah berupaya dengan semaksimal ungkin dalam penyelesaian skripsi ini, namun penulis menyadari masih banyak kelemahan baik dari segi isi maupun tata bahasa. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari pembaca demi sempurnanya skripsi ini. Kiranya isi skripsi ini dapat bermanfaat dalam memperkaya khasanah ilmu pendidikan.
Medan,
Juni 2009
Penulis,
Leny Farida Yanti
NPM. 7105050202
DAFTAR ISI
Halaman
LEMBAR PENGESAHAN
…………………….
i
ABSTRAK
………………………..
ii
KATA PENGANTAR
………………………….
iii
DAFTAR ISI
……………………………
v
DAFTAR TABEL
……………………………
ix
DAFTAR LAMPIRAN
………………………………
x
BABI
PENDAHULUAN
1
1.1. Latar Belakang
……………………………….
1
1.2. Identifikasi Masalah……………………………….
3
1.3. Pembatasan Masalah……………………………….
4
1.4. Rumusan Masalah……………………………….
4
1.5. Tujuan Penelitian
……………………………….
5
1.6. Manfaat Penelitian……………………………….
5
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
6
2.1. Kerangka Teoritis……………………………….
6
2.1.1. Pengertian Belajar……………………….
6
2.1.2. Pengertian Mengajar
……………….
7
2.1.3. Kesulitan Belajar
………………………
8
2.1.4. Pengertian Hasil Belajar dan Faktor yang
Mempengaruhi……………………………..
9
2.1.5. Kemampuan Memecahkan Masalah………...
11
2.1.6. Keefektifan Dalam Belajar…………………
12
2.1.7.
Penyelesaian soal secara Sistematis…………
14
2.1.8. Kelebihan dan Kelemahan PS3……………
16
2.1.9. Metode Ekspositori………………………….
17
2.1.10.Kelebihan dan Kelemahan Metode Ekspositori
20
2.1.11.Tinjauan Tentang Lingkaran………………….
21
2.2. Kerangka Konseptual……………………..……….
25
2.3. Hipotesis……………………………………………...
26
BAB III
METODE PENELITIAN
27
3.1. Lokasi Penelitian
………………………
27
3.2. Subjek dan Objek Penelitian
………………….. 27
3.3. Jenis Penelitian
…………………………. 27
3.4. Prosedur Penelitian………………………………….. 27

3.5. Alat Pengumpul Data………………………………….. 28 3.5.1. Validitas Tes…………………………………….. 29 3.5.2. Reliabilitas Tes…………………………………… 29 3.5.3. Daya Pembeda Soal……………………………… 30 3.5.4. Tingkat Kesukaran Soal…………………………. 31
3.6. Teknik Analisa Data

……...………………….. 31 3.6.1. Menghitung Tingkat Penguasaan Siswa…………. 31 3.6.2. Menghitung Ketuntasan Belajar Siswa……………. 32 3.6.3. Mencari Tingkat Ketercapaian TPK…………….. 33 3.6.4. Menganalisa Hasil Observasi………………… 33 3.6.5. Menganalisis Kemampuan PS3 Siswa…………… 34
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN………………..
35
4.1. Hasil Penelitian………………………………………..

35 4.1.1. Deskripsi Tingkat Penguasaan siswa……………. 35 4.1.2. Deskripsi Ketuntasan Siswa…………………….
36
4.1.3. Deskripsi Ketuntasan Ketercapaian Tujuan

Pembelajaran khusus atau Indikator……………. 36 4.1.4. Hasil Observasi………………………………….. 37 4.1.5. Deskripsi Kemampuan PS3……………………… 41
4.2. Pembahasan…………………………………………….. 44
BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN………………………………... 46 5.1. Kesimpulan…………………………………………….. 46 5.2. Saran……………………………………………………. 46
DAFTAR PUSTAKA
47
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel 4.1
Tingkat Penguasaan Siswa Pada Tes Akhir
35
Tabel 4.2
Data Ketuntasan Belajar Siswa
36
Tabel 4.3
Data hasil Observasi
37
Tabel 4.4
Pencapaian Efektifitas Penerapan PS3 menggunakan
41
metode ekspositori
Tabel 4.5
Kemampuan Menganalisa Soal
41
Tabel 4.6
Kemampuan Merencanakan Penyelesaian Soal
42
Tabel 4.7
Kemampuan Menyelesaikan Soal
43
Tabel 4.8
Kemampuan mengevaluasi Kembali Hasil
Penyelesaian Soal
44
skripsi Pendidikan Matematika
Download this Document for FreePrintMobileCollectionsReport Document
Report this document?

Please tell us reason(s) for reporting this document

Spam or junk

Porn adult content

Hateful or offensive

If you are the copyright owner of this document and want to report it, please follow these directions to submit a copyright infringement notice.

Report Cancel
This is a private document. Question_small
Info and Rating
Reads:
27,478
Uploaded:
07/30/2009
Category:
Uncategorized.
Rated:
1 Rating()
Copyright:
Attribution Non-commercial
Attribution_noncommercial

skripsi ini khusus untuk pendidikan matematika
skrpsi
kripsi pendidikan
efektifitas penerapan
dan metode
lingkaran dikelas
pustaka efektifitas
(more tags)
skrpsi
kripsi pendidikan
efektifitas penerapan
dan metode
lingkaran dikelas
pustaka efektifitas
skripsipendidikan matematika
matematika keliling
penulisan skripsi
ppl
(fewer)
Follow
balkono
Share & Embed
Related Documents
PreviousNext

1.
p.
p.
p.
2.
p.
p.
p.
3.
p.
p.
p.
4.
p.
p.
p.
5.
p.
p.
p.
6.
p.
p.
p.
7.
p.
p.
p.
8.
p.
p.
p.
9.
p.
p.
p.
10.
p.
p.
p.
11.
p.
p.
p.
12.
p.
p.
p.
13.
p.
p.
p.
14.
p.
p.
p.
15.
p.
p.
p.
16.
p.
p.
p.

More from this user
PreviousNext

1.
110 p.

Recent Readcasters
Patma Sari
Reza De Lavega
Add a Comment
Submit
Characters: 400
Dhanny Kaka FaRiz

Dhanny Joe Al-palestienleft a comment

a

11 / 11 / 2010
Reply
محمد واهونو الهدى

محمد واهونو الهدىleft a comment

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTA, KONSEP DAN PRINSIP DALAM MATEMATIKA

8 SMP Soal Pembahasan Garis Singgung Lingkaran

Turunan Fungsi