JARIMATIKA
Jarimatika merupakan metode berhitung menggunakan jari tangan ciptaan Tuhan yang berfungsi membudayakan anak didik menyukai matematika.Matematika dikalangan pelajar merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh karena itu diperlukan metode pendekatan terhadap siswa dengan belajar berhitung menggunakan jari tangan seperti yang tetulis di blog saya ini.
MATEMATIKA..!
Satu kata yang pernah bikin aku jadi ilfill kalau mendengarnya, karena sebenarnya aku paling tidak suka pelajaran berhitung, mungkin saking ribetnya x yah!
Walaupun demikian, Alhamdulillah, nilai berhitung waktu sekolah cukup lumayan lah, ga jatuh-jatuh amat! .
Nah untuk sekarang sudah ditemukan berbagai macam metode belajar berhitung yang praktis dan menyenangkan, mulailah orang mengenal Metode Sempoa yang berasal dari China, dengan belajar memahami angka-angka pada biji-biji sempoa, kemudian berkembang lagi penemuan terbaru yang lebih praktis dan efektif yaitu dengan Metode Kumon yang berasal dari Jepang, yaitu suatu metode hitung dengan menghafal biji-biji sempoa itu di dalam otak, sehingga proses hitung-menghitung jauh lebih cepat, dan kini ditemukan lagi sebuah Metode Hitung terbaru Matematika yaitu JARIMATIKA, penemunya adalah seorang Ibu Rumah Tangga asal Depok!!!! Subhanallah…
Apa itu JARIMATIKA?
Jari yah…. Jari! (tau kannnnn, alhamdulillah kita semua dikaruniai Jari-jari yang sehat dan lengkap jumlahnya) sedangkan Matika adalah singkatan dari Matematika, Nah kalau digabung definisi JARIMATIKA itu mempunyai arti Menghitung dengan metode Jari-jari kita. Loh…Apa hebatnya? bukankah menghitung pakai jari itu lumrah?..>Eits…tunggu dulu sobat! kalau sekarang Sobat hitung dan buka semua jari-jari kita jumlahnya adalah 10 buah (ada yang lebih gak???) tapi dengan Metode JARIMATIKA, jumlah jari kita yang 10 buah itu ‘disulap’ menjadi 99 jumlahnya, hm…keajaiban Asmaul Husna rupanya. Kok bisa? yah bisa donk! jadi Jari-jari kanan kita bernilai satuan, dan jari-jari di sebelah kiri kita bernilai Puluhan. Berikut Pemetaan Jari-jari ala Jarimatika :
Tangan Kanan (Satuan)
Jari telunjuk Nilainya adalah 1, kemudian tambah lagi dengan membuka jari disebelahnya yaitu Jari Kanan bernilai 2, Jari manis di urutan ke-3, Jari kelingking di urutan ke-4, kemudian (Nah ini perbedaannya) untuk Menyatakan angka 5, maka buka ibu jari kita seperti ini nah ini bernilai 5, kemudian Buka lagi jari telunjuk disamping Ibu jari tadi, maka nilainya menjadi 6, dibuka lagi seterusnya sampai semua kepalan tangan kita terbuka dan bernilai 9. (Yang paling tinggi 9)…
Nah untuk yang jari-jari di tangan kiri bernilai Puluhan, sama halnya seperti satuan tadi, tinggal ditambahi puluhan saja di belakangnya jadi, kalau kita membuka lebar-lebar ke- 10 jari kita maka totalnya adalah 90 (Jari kiri) dan 9 (jari kanan)…Gitu loh!!! Subhanallah…hebat kan?
Apa bedanya JARIMATIKA dengan SEMPOA atau KUMON????
Perbedaannya adalah terletak pada alat dan Memori otak!, Jika pada metode Sempoa atau Kumon, kita butuh alat hitung terlebih dahulu (Sempoa) dan lalu menghafalkan biji2 sempoa tadi di otak kita, maka yang terjadi adalah pembebanan Memori Otak!.
Sedangkan keunggulan Jarimatika adalah :
* Tidak memerlukan alat hitung, karena sudah dianugerahi oleh ALLAH SWT, Gratis Euy!
* Praktis dan selalu dibawa kemana-mana
* Dijamin tidak akan Disita apalagi diambil sama Ibu/Bapak Guru, jika si anak ketahuan memakai Jari-jari sebagai alat hitungnya pada saat ujian
* Mudah dipelajari dan menyenangkan
* Tidak membebani Memori Otak si anak.
* Ilmu ini mudah dipelajari segala usia, minimal Anak usia 3 Tahun, dan lama belajarnya adalah 1 bulan saja! Kreatif Kan???
Tertarik untuk Belajar JARIMATIKA lebih lanjut??? Hubungi saya
ajah!
Sedangkan untuk kemitraan dan info lebih lengkap hubungi kami
Salah satu upaya mengubah prediksi peserta didik tentang pelajaran matematika susah yaitu dengan cara penanaman konsep berhitung pada anak usia sekolah dasar, misalnya penanaman konsep berhitung cepat dengan metode 10 jari tangan.
Sebagai pengetahuan dasar saya jelaskan cara-cara berhitung dengan metode 10 jari sebagai berikut:
Perkalian 6-10
1. Bukalah telapak kedua tangan anda
2. Ibu jari sebagai angka 6, Jari telunjuk sebagai angka 7, Jari tengah sebagai angka 8, Jari manis sebagai angka 9 dan jari kelingking sebagai angka 10
3. Misalkan perkalian 6 x 6 = ………………..
Caranya: Ibu jari tangan kiri & kanan dilipat
Jari yang tidak terlipat kiri dan kanan dikalikan (jari kiri 4 & jari kanan 4) jadi 4 x 4 = 16
Jari yang terlipat dijumlahkan (jari kiri 1 & jari kanan 1) jadi 1 + 1 = 2
Kemudian 2 ditambahkan pada puluhan angka 16 (2 + 1 = 3) sedangkan angka satuannya tetap 6.
Jadi hasil perkalian 6 x 6 = 36
4. Misal perkalian 6 x 7 =………………….
Caranya: Lipatlah ibu jari sebelah kanan sebagai angka 6, lipatlah ibu jari dan telunjuk sebelah kanan sebagai angka 7. Jari kiri yang tidak terlipat ada 4 sedangkan jari kanan yang tidak terlipat ada 3, kemudian dikalikan (4 x 3 = 12) Jari kiri yang terlipat ada 1 sedangkan jari kanan yang terlipat ada 2, kemudian dijumlahkan (1 + 2 = 3) Jumlahkan angka 3 ke puluhan angka 12 (1 + 3 = 4) sedangkan satuan angka 12 tetap 2. Jadi perkalian 6 x 7 = 42
Mudahkan!!! silahkan mencoba
1 s/d 10
Kenalilah jari-jari anda yaitu dengan cara:hitung dari ibu jari kiri dimulai dengan 1 diakhiri 10 tepat ibu jari kanan anda
Contoh perkalian: 1 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah ibujari kiri anda (sebagai angka 1)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 0 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 9 jari satuan)
hasil 1 x 9 adalah 0 puluhan + 9 satuan
jadi 1 x 9 = 9
Contoh perkalian: 2 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah telunjuk kiri anda (sebagai angka 2)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 1 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 8 jari satuan)
hasil 2 x 9 adalah 1 puluhan + 8 satuan
jadi 2 x 9 = 18
Contoh perkalian: 3 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari tengah kiri anda (sebagai angka 3)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 2 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 7 jari satuan)
hasil 3 x 9 adalah 2 puluhan + 7 satuan
jadi 3 x 9 = 27
Contoh perkalian: 4 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari manis kiri anda (sebagai angka 4)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 3 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 6 jari satuan)
hasil 4 x 9 adalah 3 puluhan + 6 satuan
jadi 4 x 9 = 36
Contoh perkalian: 5 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari kelingking kiri anda (sebagai angka 5)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 4 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 5 jari satuan)
hasil 5 x 9 adalah 4 puluhan + 5 satuan
jadi 5 x 9 = 45
Contoh perkalian: 6 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari kelingking kanan anda (sebagai angka 6)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 5 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 4 jari satuan)
hasil 6 x 9 adalah 5 puluhan + 4 satuan
jadi 6 x 9 = 54
Contoh perkalian: 7 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari manis kanan anda (sebagai angka 7)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 6 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 3 jari satuan)
hasil 7 x 9 adalah 6 puluhan + 3 satuan
jadi 7 x 9 = 63
Contoh perkalian: 8 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari tengah kanan anda (sebagai angka 8)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 7 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 2 jari satuan)
hasil 8 x 9 adalah 7 puluhan + 2 satuan
jadi 8 x 9 = 72
Contoh perkalian: 9 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari telunjuk kanan anda (sebagai angka 9)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 8 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 1 jari satuan)
hasil 9 x 9 adalah 8 puluhan + 1 satuan
jadi 9 x 9 = 81
Contoh perkalian: 10 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah ibu jari kanan anda (sebagai angka 10)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 9 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 0 jari satuan)
hasil 10 x 9 adalah 9 puluhan + 0 satuan
jadi 10 x 9 = 90
Perkalian 11 s/d 15 dengan jari tangan
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Genggamlah kedua tangan menghadap anda
Hitunglah dari kelingking secara bersama-sama kedua tangan anda dimulai dengan 11 s/d 15 berakhir di ibu jari (pada saat menghitung jari tangan dibuka)
Satu jari terbuka sebagai puluhan diartikan 10
RUMUS PERKALIAN 11 s/d 15
100 + (A1+A2) + A x B
Angka 100 konstan (tetap)
A1 dan A2 jari terbuka sebagai puluhan (dijumlahkan)
A dan B jari terbuka sebagai satuan (dikalikan)
Contoh perkalian 11 x 11
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 11) dan kelingking tangan kanan anda (sebagai angka 11)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 1 “B” (sebagai angka 10 “A2“)
hasilnya 100 + (10 + 10) + (1 x 1) = 121
Contoh perkalian 11 x 12
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 11) dan kelingking & jari manis tangan kanan anda (sebagai angka 12)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 2 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 100 + (10 + 20) + (1 x 2) = 132
Contoh perkalian 15 x 13
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelima jari tangan kiri (sebagai angka 15) dan kelingking, jari manis, jari tengah tangan kiri anda (sebagai angka 13)
Tangan kiri terbuka 5 “A” (sebagai angka 50 “A1“) & tangan kanan terbuka 3 “B” (sebagai angka 30 “A2“)
hasilnya 100 + (50 + 30) + (5 x 3) = 195
Perkalian 16 s/d 20 dengan jari tangan
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Genggamlah kedua tangan menghadap anda
Hitunglah dari kelingking secara bersama-sama kedua tangan anda dimulai dengan 16 s/d 20 berakhir di ibu jari (pada saat menghitung jari tangan dibuka)
Satu jari terbuka sebagai puluhan diartikan 10
RUMUS PERKALIAN 11 s/d 15
200 + 2(A1+A2) + A x B
Angka 200 konstan (tetap)
A1 dan A2 jari terbuka sebagai puluhan (dijumlahkan)
A dan B jari terlipat sebagai satuan (dikalikan)
Contoh perkalian 16 x 19
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 16) dan kelingking,jari manis,tengah & telunjuk tangan kanan anda (sebagai angka 19)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 4 “B” (sebagai angka 40 “A2“)
hasilnya 200 + 2(10 + 40) + (1 x 4) = 304
Contoh perkalian 19 x 20
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking, jarimanis, tengah & telunjuk pada tangan kiri (sebagai angka 19) dan jari tangan kanan tebuka semua (sebagai angka 20)
Tangan kiri terbuka 4 “A” (sebagai angka 40 “A1“) & tangan kanan terbuka 5 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 200 + 2(40 + 50) + (1 x 0) = 380
Contoh perkalian 18 x 17
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking, jarimanis & jari tengah tangan kiri (sebagai angka 18) dan kelingking & jari manis tangan kiri anda (sebagai angka 17)
Tangan kiri terbuka 3 “A” (sebagai angka 30 “A1“) & tangan kanan terbuka 2 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 200 + 2(30 + 20) + (2 x 3) = 306
Contoh perkalian 16 x 16
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 16) dan kelingking tangan kiri anda (sebagai angka 16)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 1 “B” (sebagai angka 10 “A2“)
hasilnya 200 + 2(10 + 10) + (4 x 4) = 306
hitung jari cepat contoh 13 x 17
Posted on Maret 23, 2009 | 84 Komentar
Saya hanya heran mengapa hari ini banyak orang mengunjungi blog saya dengan kata kunci dari search engine: “hitung jari cepat contoh 13 x 17″.
Ada apa dengan perkalian 13×17?
Ada apa dengan hitung jari cepat?
Apakah ada hubungannya dengan sempoa jari, jarimatika, jari aritmatika, matematika jari atau yang sejenisnya?
Baiklah saya ingin sedikit berbagi tentang perkalian cepat hitung jari 13 x 17.
1. Cara paling cepat menyelesaikan 13×17 dengan jari kita adalah gunakan jari untuk memencet tombol yang paling tepat pada kalkulator (atau HP atau komputer). Kita akan segera memperoleh hasilnya. Bagaimana jika tidak tersedia kalkulator? Bagaimana jika tidak diijinkan menggunakan kalkulator?
2. Gunakan jari Anda untuk menggerak-gerakan biji-biji sempoa yang tepat. Dengan latihan yang konsisten – mungkin perlu waktu beberapa minggu – akan dapat menyelesaikan perkalian 13×17. Bagaimana jika tidak diijinkan memakai sempoa? Bagaimana jika saya tidak sabar belajar sempoa yang perlu waktu cukup lama?
3. Gunakan rumus-rumus sempoa jari, jari aritmatika, jarimatika, atau yang sejenisnya. Biasanya, untuk perkalian kita akan mengenal beberapa rumus khusus misal perkalian 6 sampai dengan 10, lalu perkalian 11 sampai dengan 15, lalu perkalian 16 sampai dengan 20. Untuk menguasainya mungkin Anda perlu waktu beberapa minggu – mohon bersabar. Itu pun Anda belum menjawab 13×17. Karena 13 masuk kelompok 11 sampai dengan 15 sedangkan 17 masuk kelompok 16 sampai dengan 20. Jangan khawatir, dengan belajar tekun Anda akan berhasil menguasainya.
Bagaimana jika saya tidak sabar untuk belajar begitu lama? Namanya belajar memang harus sabar sampai tercapainya tujuan, bukankah begitu?
4. Mengapa repot-repot sih? Gunakan saja jari-jari kita untuk memegang pensil. Lalu hitung dengan algoritma AlKhawaritzmi bersusun seperti biasa:
13
17
—x
Pasti akan kita peroleh hasilnya kan?
Bagaimana bila saya tidak mau dengan cara yang biasa?
Saya ingin cara yang baru.
5. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan jari. Cukup gunakan imajinasi Anda. 13×17 = …
1×2 = 2
3×7 = 21
Jawab: 221 (Selesai!?)
Contoh lain:
23×27 = …
2×3 = 6
3×7 = 21
Jawab: 621
33×37 = …
3×4 = 12
3×7 = 21
Jawab: 1221
43×47 = …
53×57 = ….
6. Dan lain-lain.
Tentu masih banyak cara untuk menyelesaikan perkalian 13×17.
Berpetualanglah…nikmati asyiknya berpetualang dengan matematika. Semangat petualangan matematika inilah yang terus kami kembangkan di APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif.
MATEMATIKA..!
Satu kata yang pernah bikin aku jadi ilfill kalau mendengarnya, karena sebenarnya aku paling tidak suka pelajaran berhitung, mungkin saking ribetnya x yah!
Walaupun demikian, Alhamdulillah, nilai berhitung waktu sekolah cukup lumayan lah, ga jatuh-jatuh amat! .
Nah untuk sekarang sudah ditemukan berbagai macam metode belajar berhitung yang praktis dan menyenangkan, mulailah orang mengenal Metode Sempoa yang berasal dari China, dengan belajar memahami angka-angka pada biji-biji sempoa, kemudian berkembang lagi penemuan terbaru yang lebih praktis dan efektif yaitu dengan Metode Kumon yang berasal dari Jepang, yaitu suatu metode hitung dengan menghafal biji-biji sempoa itu di dalam otak, sehingga proses hitung-menghitung jauh lebih cepat, dan kini ditemukan lagi sebuah Metode Hitung terbaru Matematika yaitu JARIMATIKA, penemunya adalah seorang Ibu Rumah Tangga asal Depok!!!! Subhanallah…
Apa itu JARIMATIKA?
Jari yah…. Jari! (tau kannnnn, alhamdulillah kita semua dikaruniai Jari-jari yang sehat dan lengkap jumlahnya) sedangkan Matika adalah singkatan dari Matematika, Nah kalau digabung definisi JARIMATIKA itu mempunyai arti Menghitung dengan metode Jari-jari kita. Loh…Apa hebatnya? bukankah menghitung pakai jari itu lumrah?..>Eits…tunggu dulu sobat! kalau sekarang Sobat hitung dan buka semua jari-jari kita jumlahnya adalah 10 buah (ada yang lebih gak???) tapi dengan Metode JARIMATIKA, jumlah jari kita yang 10 buah itu ‘disulap’ menjadi 99 jumlahnya, hm…keajaiban Asmaul Husna rupanya. Kok bisa? yah bisa donk! jadi Jari-jari kanan kita bernilai satuan, dan jari-jari di sebelah kiri kita bernilai Puluhan. Berikut Pemetaan Jari-jari ala Jarimatika :
Tangan Kanan (Satuan)
Jari telunjuk Nilainya adalah 1, kemudian tambah lagi dengan membuka jari disebelahnya yaitu Jari Kanan bernilai 2, Jari manis di urutan ke-3, Jari kelingking di urutan ke-4, kemudian (Nah ini perbedaannya) untuk Menyatakan angka 5, maka buka ibu jari kita seperti ini nah ini bernilai 5, kemudian Buka lagi jari telunjuk disamping Ibu jari tadi, maka nilainya menjadi 6, dibuka lagi seterusnya sampai semua kepalan tangan kita terbuka dan bernilai 9. (Yang paling tinggi 9)…
Nah untuk yang jari-jari di tangan kiri bernilai Puluhan, sama halnya seperti satuan tadi, tinggal ditambahi puluhan saja di belakangnya jadi, kalau kita membuka lebar-lebar ke- 10 jari kita maka totalnya adalah 90 (Jari kiri) dan 9 (jari kanan)…Gitu loh!!! Subhanallah…hebat kan?
Apa bedanya JARIMATIKA dengan SEMPOA atau KUMON????
Perbedaannya adalah terletak pada alat dan Memori otak!, Jika pada metode Sempoa atau Kumon, kita butuh alat hitung terlebih dahulu (Sempoa) dan lalu menghafalkan biji2 sempoa tadi di otak kita, maka yang terjadi adalah pembebanan Memori Otak!.
Sedangkan keunggulan Jarimatika adalah :
* Tidak memerlukan alat hitung, karena sudah dianugerahi oleh ALLAH SWT, Gratis Euy!
* Praktis dan selalu dibawa kemana-mana
* Dijamin tidak akan Disita apalagi diambil sama Ibu/Bapak Guru, jika si anak ketahuan memakai Jari-jari sebagai alat hitungnya pada saat ujian
* Mudah dipelajari dan menyenangkan
* Tidak membebani Memori Otak si anak.
* Ilmu ini mudah dipelajari segala usia, minimal Anak usia 3 Tahun, dan lama belajarnya adalah 1 bulan saja! Kreatif Kan???
Tertarik untuk Belajar JARIMATIKA lebih lanjut??? Hubungi saya
ajah!
Sedangkan untuk kemitraan dan info lebih lengkap hubungi kami
Salah satu upaya mengubah prediksi peserta didik tentang pelajaran matematika susah yaitu dengan cara penanaman konsep berhitung pada anak usia sekolah dasar, misalnya penanaman konsep berhitung cepat dengan metode 10 jari tangan.
Sebagai pengetahuan dasar saya jelaskan cara-cara berhitung dengan metode 10 jari sebagai berikut:
Perkalian 6-10
1. Bukalah telapak kedua tangan anda
2. Ibu jari sebagai angka 6, Jari telunjuk sebagai angka 7, Jari tengah sebagai angka 8, Jari manis sebagai angka 9 dan jari kelingking sebagai angka 10
3. Misalkan perkalian 6 x 6 = ………………..
Caranya: Ibu jari tangan kiri & kanan dilipat
Jari yang tidak terlipat kiri dan kanan dikalikan (jari kiri 4 & jari kanan 4) jadi 4 x 4 = 16
Jari yang terlipat dijumlahkan (jari kiri 1 & jari kanan 1) jadi 1 + 1 = 2
Kemudian 2 ditambahkan pada puluhan angka 16 (2 + 1 = 3) sedangkan angka satuannya tetap 6.
Jadi hasil perkalian 6 x 6 = 36
4. Misal perkalian 6 x 7 =………………….
Caranya: Lipatlah ibu jari sebelah kanan sebagai angka 6, lipatlah ibu jari dan telunjuk sebelah kanan sebagai angka 7. Jari kiri yang tidak terlipat ada 4 sedangkan jari kanan yang tidak terlipat ada 3, kemudian dikalikan (4 x 3 = 12) Jari kiri yang terlipat ada 1 sedangkan jari kanan yang terlipat ada 2, kemudian dijumlahkan (1 + 2 = 3) Jumlahkan angka 3 ke puluhan angka 12 (1 + 3 = 4) sedangkan satuan angka 12 tetap 2. Jadi perkalian 6 x 7 = 42
Mudahkan!!! silahkan mencoba
1 s/d 10
Kenalilah jari-jari anda yaitu dengan cara:hitung dari ibu jari kiri dimulai dengan 1 diakhiri 10 tepat ibu jari kanan anda
Contoh perkalian: 1 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah ibujari kiri anda (sebagai angka 1)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 0 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 9 jari satuan)
hasil 1 x 9 adalah 0 puluhan + 9 satuan
jadi 1 x 9 = 9
Contoh perkalian: 2 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah telunjuk kiri anda (sebagai angka 2)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 1 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 8 jari satuan)
hasil 2 x 9 adalah 1 puluhan + 8 satuan
jadi 2 x 9 = 18
Contoh perkalian: 3 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari tengah kiri anda (sebagai angka 3)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 2 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 7 jari satuan)
hasil 3 x 9 adalah 2 puluhan + 7 satuan
jadi 3 x 9 = 27
Contoh perkalian: 4 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari manis kiri anda (sebagai angka 4)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 3 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 6 jari satuan)
hasil 4 x 9 adalah 3 puluhan + 6 satuan
jadi 4 x 9 = 36
Contoh perkalian: 5 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari kelingking kiri anda (sebagai angka 5)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 4 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 5 jari satuan)
hasil 5 x 9 adalah 4 puluhan + 5 satuan
jadi 5 x 9 = 45
Contoh perkalian: 6 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari kelingking kanan anda (sebagai angka 6)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 5 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 4 jari satuan)
hasil 6 x 9 adalah 5 puluhan + 4 satuan
jadi 6 x 9 = 54
Contoh perkalian: 7 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari manis kanan anda (sebagai angka 7)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 6 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 3 jari satuan)
hasil 7 x 9 adalah 6 puluhan + 3 satuan
jadi 7 x 9 = 63
Contoh perkalian: 8 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari tengah kanan anda (sebagai angka 8)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 7 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 2 jari satuan)
hasil 8 x 9 adalah 7 puluhan + 2 satuan
jadi 8 x 9 = 72
Contoh perkalian: 9 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah jari telunjuk kanan anda (sebagai angka 9)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 8 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 1 jari satuan)
hasil 9 x 9 adalah 8 puluhan + 1 satuan
jadi 9 x 9 = 81
Contoh perkalian: 10 x 9
Langkah-langkah:
Bukalah tangan menghadap anda
Lipatlah ibu jari kanan anda (sebagai angka 10)
Sebelah kiri jari dilipat sebagai angka puluhan (dalam hal ini sebanyak 9 jari puluhan)
Sebelah kanan jari dilipat sebagai angka satuan (dalam hal ini sebanyak 0 jari satuan)
hasil 10 x 9 adalah 9 puluhan + 0 satuan
jadi 10 x 9 = 90
Perkalian 11 s/d 15 dengan jari tangan
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Genggamlah kedua tangan menghadap anda
Hitunglah dari kelingking secara bersama-sama kedua tangan anda dimulai dengan 11 s/d 15 berakhir di ibu jari (pada saat menghitung jari tangan dibuka)
Satu jari terbuka sebagai puluhan diartikan 10
RUMUS PERKALIAN 11 s/d 15
100 + (A1+A2) + A x B
Angka 100 konstan (tetap)
A1 dan A2 jari terbuka sebagai puluhan (dijumlahkan)
A dan B jari terbuka sebagai satuan (dikalikan)
Contoh perkalian 11 x 11
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 11) dan kelingking tangan kanan anda (sebagai angka 11)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 1 “B” (sebagai angka 10 “A2“)
hasilnya 100 + (10 + 10) + (1 x 1) = 121
Contoh perkalian 11 x 12
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 11) dan kelingking & jari manis tangan kanan anda (sebagai angka 12)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 2 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 100 + (10 + 20) + (1 x 2) = 132
Contoh perkalian 15 x 13
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelima jari tangan kiri (sebagai angka 15) dan kelingking, jari manis, jari tengah tangan kiri anda (sebagai angka 13)
Tangan kiri terbuka 5 “A” (sebagai angka 50 “A1“) & tangan kanan terbuka 3 “B” (sebagai angka 30 “A2“)
hasilnya 100 + (50 + 30) + (5 x 3) = 195
Perkalian 16 s/d 20 dengan jari tangan
Ikuti langkah-langkah berikut ini:
Genggamlah kedua tangan menghadap anda
Hitunglah dari kelingking secara bersama-sama kedua tangan anda dimulai dengan 16 s/d 20 berakhir di ibu jari (pada saat menghitung jari tangan dibuka)
Satu jari terbuka sebagai puluhan diartikan 10
RUMUS PERKALIAN 11 s/d 15
200 + 2(A1+A2) + A x B
Angka 200 konstan (tetap)
A1 dan A2 jari terbuka sebagai puluhan (dijumlahkan)
A dan B jari terlipat sebagai satuan (dikalikan)
Contoh perkalian 16 x 19
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 16) dan kelingking,jari manis,tengah & telunjuk tangan kanan anda (sebagai angka 19)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 4 “B” (sebagai angka 40 “A2“)
hasilnya 200 + 2(10 + 40) + (1 x 4) = 304
Contoh perkalian 19 x 20
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking, jarimanis, tengah & telunjuk pada tangan kiri (sebagai angka 19) dan jari tangan kanan tebuka semua (sebagai angka 20)
Tangan kiri terbuka 4 “A” (sebagai angka 40 “A1“) & tangan kanan terbuka 5 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 200 + 2(40 + 50) + (1 x 0) = 380
Contoh perkalian 18 x 17
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking, jarimanis & jari tengah tangan kiri (sebagai angka 18) dan kelingking & jari manis tangan kiri anda (sebagai angka 17)
Tangan kiri terbuka 3 “A” (sebagai angka 30 “A1“) & tangan kanan terbuka 2 “B” (sebagai angka 20 “A2“)
hasilnya 200 + 2(30 + 20) + (2 x 3) = 306
Contoh perkalian 16 x 16
Tangan digenggam menghadap anda
Bukalah kelingking tangan kiri (sebagai angka 16) dan kelingking tangan kiri anda (sebagai angka 16)
Tangan kiri terbuka 1 “A” (sebagai angka 10 “A1“) & tangan kanan terbuka 1 “B” (sebagai angka 10 “A2“)
hasilnya 200 + 2(10 + 10) + (4 x 4) = 306
hitung jari cepat contoh 13 x 17
Posted on Maret 23, 2009 | 84 Komentar
Saya hanya heran mengapa hari ini banyak orang mengunjungi blog saya dengan kata kunci dari search engine: “hitung jari cepat contoh 13 x 17″.
Ada apa dengan perkalian 13×17?
Ada apa dengan hitung jari cepat?
Apakah ada hubungannya dengan sempoa jari, jarimatika, jari aritmatika, matematika jari atau yang sejenisnya?
Baiklah saya ingin sedikit berbagi tentang perkalian cepat hitung jari 13 x 17.
1. Cara paling cepat menyelesaikan 13×17 dengan jari kita adalah gunakan jari untuk memencet tombol yang paling tepat pada kalkulator (atau HP atau komputer). Kita akan segera memperoleh hasilnya. Bagaimana jika tidak tersedia kalkulator? Bagaimana jika tidak diijinkan menggunakan kalkulator?
2. Gunakan jari Anda untuk menggerak-gerakan biji-biji sempoa yang tepat. Dengan latihan yang konsisten – mungkin perlu waktu beberapa minggu – akan dapat menyelesaikan perkalian 13×17. Bagaimana jika tidak diijinkan memakai sempoa? Bagaimana jika saya tidak sabar belajar sempoa yang perlu waktu cukup lama?
3. Gunakan rumus-rumus sempoa jari, jari aritmatika, jarimatika, atau yang sejenisnya. Biasanya, untuk perkalian kita akan mengenal beberapa rumus khusus misal perkalian 6 sampai dengan 10, lalu perkalian 11 sampai dengan 15, lalu perkalian 16 sampai dengan 20. Untuk menguasainya mungkin Anda perlu waktu beberapa minggu – mohon bersabar. Itu pun Anda belum menjawab 13×17. Karena 13 masuk kelompok 11 sampai dengan 15 sedangkan 17 masuk kelompok 16 sampai dengan 20. Jangan khawatir, dengan belajar tekun Anda akan berhasil menguasainya.
Bagaimana jika saya tidak sabar untuk belajar begitu lama? Namanya belajar memang harus sabar sampai tercapainya tujuan, bukankah begitu?
4. Mengapa repot-repot sih? Gunakan saja jari-jari kita untuk memegang pensil. Lalu hitung dengan algoritma AlKhawaritzmi bersusun seperti biasa:
13
17
—x
Pasti akan kita peroleh hasilnya kan?
Bagaimana bila saya tidak mau dengan cara yang biasa?
Saya ingin cara yang baru.
5. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan jari. Cukup gunakan imajinasi Anda. 13×17 = …
1×2 = 2
3×7 = 21
Jawab: 221 (Selesai!?)
Contoh lain:
23×27 = …
2×3 = 6
3×7 = 21
Jawab: 621
33×37 = …
3×4 = 12
3×7 = 21
Jawab: 1221
43×47 = …
53×57 = ….
6. Dan lain-lain.
Tentu masih banyak cara untuk menyelesaikan perkalian 13×17.
Berpetualanglah…nikmati asyiknya berpetualang dengan matematika. Semangat petualangan matematika inilah yang terus kami kembangkan di APIQ: Inovasi Pembelajaran Matematika Kreatif.
Komentar
Posting Komentar