Siswa menggunakan laptop di kelas sebagai bagian dari strategi guru kreatif

Menggunakan laptop terbukti sangat membantu guru dalam membuat anak senang belajar. Maklum anak-anak jaman sekarang adalah individu yang menyenangi sekali teknologi informasi dalam segala bentuknya. Dengan menggunakan laptop guru menjadi orang yang sangat mengerti siswanya. Hal ini dikarenakan dengan cepat siswa menggunakan sampai-sampai jika tidak direncanakan guru akan kerepotan sendiri. Kerepotan yang saya maksud adalah bisa saja karena antusiasnya siswa jadi cepat selesai atau malah menjadi sangat tergantung pada bantuan gurunya karena program yang digunakan oleh guru, asing untuk mereka. Hal yang buruk lagi bisa terjadi adalah ketika siswa kita malah membuka situs yang tidak ada hubungannya dengan pembelajaran yang berlangsung.
Jika anda ingin menggunakan laptop sebagai bagian dari pembelajaran inilah caranya;

  • pikirkan dahulu tujuan pembelajaran dalam satu kalimat, misalnya siswa akan mencari informasi, siswa membuat presentasi atau siswa menggunakan laptop dan internet untuk berkomunikasi dengan orang lain.
  • tentukan terlebih dahulu, apakah siswa akan menggunakan internet atau hanya mengolah bahan yang sudah ada.
  • jika ingin gunakan internet siapkan dahulu alamat situs yang akan siswa kunjungi. Kumpulkan jadi satu di situs scoop.it lalu minta siswa untuk hanya membuka situs yang sudah anda tentukan
  • siapkan pertanyaan sebagai panduan jika meminta siswa untuk mencari di mesin pencari google.
  • Meminta siswa untuk langsung mencari jawaban pertanyaan begitu saja ke google seperti meminta siswa masuk ke hutan buas, karena bisa saja mereka akan nyasar ke situs yang kurang mendidik.
  • siapkan sederet pertanyaan yang bisa membuat siswa fokus dalam mengerjakan tugas dari anda dengan menggunakan laptop dan internet
  • minta siswa untuk saling mengajari, hal ini mencegah anda untuk sibuk berkeliling menolong siswa anda padahal ada siswa yang bisa membantu temannya.
  • pastikan semua siswa mengerti hal yang anda perintahkan, membiarkan siswa menggunakan laptop saat mereka belum jelas apa yang mesti dikerjakan hanya akan membuat siswa mengerjakan hal yang lain.
  • Sekali lagi laptop hanya alat untuk belajar, ia tidak akan pernah menggantikan peran guru. Seorang guru walaupun menggunakan laptop mesti sadar juga bahwa tidak begitu saja laptop menggantikan perannya dalam mengajar siswa, apalagi jika laptop hanya digunakan untuk mengisi waktu atau hanya untuk main saja. Dengan laptop proses belajar mengajar di kelas mesti bertambah efektif dan makin membuat siswa cinta dan senang belajar
Apakah anda punya pengalaman yang sama seperti saya alami? Bagaimana anda membuat siswa tetap mau belajar walau sebenarnya mereka inginnya bermain games dengan laptop?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTA, KONSEP DAN PRINSIP DALAM MATEMATIKA

8 SMP Soal Pembahasan Garis Singgung Lingkaran

Turunan Fungsi