Praktek Kerja Industri
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang Praktek Kerja Industri
1. Membekali siswa dengan pengalaman yang sebenarnya dalam dunia kerja sebagai persiapan untuk menyesuaikan diri dalam dunia kerja dan dalam lingkungan masyarakat.
2. Melatih keterampilan siswa yang diperoleh dari praktek di sekolah dan hal-hal penunjang lainya.
3. Melatih kedisiplin dan tangung jawab siswa dalam melaksanakan tugas.
4. Memperluas pandangan siswa terhadap jenis pekerjaan yang ada dibidang bersangkutan atau di tempat prakerin dengan segala persyaratan.
5. Dapat mengembangkan dan memperluas pendidikan di dunia industri.
Dalam eraglobalisasi ini banyak masalah yang timbul diberbagai kalangan, dan semua masalah muncul karena perbedaan pendapat antara manusia satu dengan manusia lainnya. Dari sekian banyak masalah yang paling sering dihadapi oleh setiap masyarakat adalah sulitnya mencari lahan pekerjaan.
Kita sebagai manusia yang memiliki visi dan wawasan kedepan hendaknya tidak melupakan akan perkembangan teknologi yang mempunyai arti penting dalam suatu pekerjaan, karena hal tersebut mentuntut kita untuk mengikuti perkembangan zaman agar tidak ketinggalan dengan informasi yang ada. Saat ini Ilmu pengetahuan dan Teknologi berkembang dengan sangat pesat serta dukungan dari media informasi yang sedemikian rupa sehingga mengakibatkan perubahan pola hidup diberbagai kalangan masyarakat.
Dewasa ini kebutuhan untuk memperoleh informasi sangat meningkat. dan semua ini dikarenakan oleh persaingan manusia atau kelompok / instansi yang sangat ketat demi kemajuan usahanya, sehingga hal ini berdampak terhadap beban setiap siswa karena mereka dituntut untuk mampu menggali informasi dari berbagai sumber.
Banyak sumber informasi yang dapat kita ketahui di era globalisasi ini, seperti : Internet, Media Cetak dan Elektronik ( seperti : Televisi, Radio, koran dan sebagainya ), namun dari sekian banyak sumber informasi, yang paling penting untuk kita ikuti perkembangannya adalah informasi darai layanan jasa melalui Internet.
Apa yang dimaksud dengan Internet ? Internet berasal dari kata Interconnection Network artinya hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, satelit dan lainnya. Layanan jasa Internet merupakan sumber informasi yang sangat akurat dan efisien bagi semua orang, karena informasi melalui Internet memiliki kelebihan dalam hal pengaksesan informasi yang sangat cepat dan akurat, namun terlepas dari hal sebagaimana disebutkan diatas, layanan jasa Internetpun memiliki kekurangan yaitu kemungkinan terjadinya penyalahgunaan dalam pengambilan informasi yang dapat merusak moral manusia, karena sebagaimana kita ketahui dari layanan Internet dimaksud setiap orang dapat mengambil dan menyebarkan informasi dengan data secara ekstrim / negative.
Pengelola / Provider layanan jasa Internet milik bangsa Indonesia adalah PT.TELKOM yang merupakan satu-satunya pengelola yang hasil usahanya dipergunakan untuk kemakmuran Negara, sementara Pengelola lain ( seperti PT.Indosat. PT.EXELComindo, Smart dll adalah Pengelola layanan jasa Internet milik Asing ).
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang telekomunikasi yaitu PT. Telkom bertanggung jawab dalam penyediaan sarana dan prasarana telekomunikasi, ( seperti : Jaringan Telepon Rumah dan Jaringan Internet Speedy ) yang keduanya sangat dibutuhkan oleh masyarakat, sehingga dalam hal ini PT. Telkom lebih serius dalam melayani permintaan masyarakat dengan selalu meningkatkan kualitas layanannya..
Setiap Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ), baik Teknik maupun Non-Teknik diwajibkan untuk memberangkatkan siswa dan siswi mereka untuk melaksanakan Kegiatan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ). Kegiatan praktek ini dilakukan di berbagai Perusahaan/ Instansi milik Negara maupun Swasta guna untuk melatih keterampilan dan mental seseorang dilapangan.
Kegiatan praktek ini sangat menguntungkan siswa dan siswi karena dapat menambah pengetahuan khususnya dalam bidang teknologi, pengalaman serta keprofesionalan dalam melakukan suatu bidang pekerjaan. Di samping itu, kegiatan praktek ini sangat berpengaruh terhadap nilai kelulusan siswa-siswi di sekolah.
Karena merupakan kenyataan bahwa pendidikan khususnya Pendidikan Sekolah Kejuruan non Teknik belum sepenuhnya menyiapkan tenaga terampil yang siap kerjasama secara mahir atau propesional, mungkin dengan kegiatan Praktek Kerja Industri ini dapat membantu siswa dan siswi lebih terampil dalam dunia usaha.
A. RASIONAL
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu inofator dalam penyelenggaraan berbagai macam keterampilan mempunyai tujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan menguasai berbagai macam ilmu dan keterampilan khususnya di bidang informasi yang sangat di butuhkan untuk mencapai tujuan negara Republik Indonesia yaitu menciptakan masyarakat yang adil dan makmur.
B. Landasan Hukum
Landasan Yuridis
Pelaksanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) / Magang, adalah merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Pendidikan Sistim Ganda (PSG) yang menjadi satu bentuk penyelenggaraan pendidikan pada sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sesuai dengan keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 332/U/1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda pada SMK serta Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional (UU SISDIKNAS) memberikan dasar yang dapat digunakan sebagai landasan proses perencanaa, Penyelenggaraan dan Evaluasi Program Pendidikan yang dinyatakan dalam pasal-pasal sebagai berikut:
· Pasal 3 menyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan serta membentuk watak dan peeradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
· Pasal 24 ayat (2)menyatakan pendidikan diselenggarakan sebagai satu kesatuan yang sistimatik dengan sistim terbuka dan multi makna. Dalam penjelasan pasal tersebut ditemukan bahwa yang dimaksut dengan sistim terbuka adalah pendidikan yang diseleng garakan dengan fleksibelitas pilihan dan waktu penyelesaian program lintas satuan jalur pendidikan (Multi Entri- Multi Exit Sistim). Siswa dapat belajar sambil bekerja, atau mengambil program pendidikan pada jenis dan jalur pendidikan yang berbeda secara terpadu dan berkelanjutan melalui pembelajaran tatap muka atau jarak jauh. Pendidikan multi makna adalah proses pendidikan yang diselenggarakan dengan beroreontasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup.
· Pasal 8 menyatakan bahwa masyarakat berhak berperan serta dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi Program pendidikan.pasal 9 menyatakan bahwa masyarakat berkewajiban dalam memberikan dukungan sumber daya dalam penyelenggaraan pendidikan.
Disamping itu juga sesuai dengan ketentuan pada Undang-undang nomor2/1998 tentang sitim pendidikan Menengah dan peraturan pemerintah No. 080/U/1993 tentang kurikulum SMK sebagai berikut :
· UUSP BAB IV pasal 10 ayat (1), menyatakan penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah dan jalur pendidikan luar sekolah.
· UUSPN BAB VIII, pasal 33 ayat (1), menyatakan pandangan, pendayagunaan sumber daya pendidikan dilakukan oleh pmerintah, masyarakat, dan keluarga siswa.
· UUSPN BAB XII, pasal 47 ayat (1), menyatakan masyarakat sebagai mitra pemerintah berkesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta dalam penyelenggaraan Pendidikan Nasional.
· PP 29 BAB XI, pasal 29 ayat (1), penyelenggaraan Sekolah Menengah dapat bekerja sama dengan masyarakat terutama Dunia usaha yang dermawan untuk memperoleh sumber daya dalam rangka menujang penyelenggaraan dan pengembangan pendidikan.
· PP 39 BAB III, pasal 4 ayat (8), menyatakan peran serta masyarakat dapat berbentuk pemberian kesempatan untuk magang atau latihan kerja.
· PP 39 BAB VI, pasal 8 ayat (1), menyatakan pemerintah dan masyarakat menciptakan peluang yang lebih besar untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam sistim Pendidikan Nasional.
2. Tujuan Pelaksanaan Prakerin
A. Tujuan Prakerin
Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) dilaksanakan penulis dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
· Memperoleh pendidikan untuk menjadi tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional.
· Mengetahui perbedaan antara lingkungan Dunia Usaha / Dunia Industri dengan lingkungan Sekolah
· Memberikan gambaran bagi penulis mengenai bagaimana cara bekerja yang baik dan benar.
B. Tujuan Pembuatan Laporan
Tujuan pembuatan laporan antara lain:
1. Sebagai bukti melaksanakan Praktek Kerja Industri pada Kantor / Instansi khsusunya di PT.TELKOM Catel BUKITTINGGI..
2. Sebagai laporan dari hasil Praktek Kerja Industri yang telah dilaksanakan secara tertulis.
3. Sebagai pedoman untuk pembuatan karya tulis selanjutnya.
4. Mengumpulkan data, guna kepentingan sekolah dan khususnya penulis sendiri dan juga untuk menunjang peningkatan pengetahuan siswa tingkat selanjutnya.
Agar dapat menghasilkan mutu lulusan SMK Negeri 1 SINTOGA sesuai dengan tujauan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), disamping itu dengan pola pembelajaran dalam kegiatan prakerin, para siswa memperoleh antara lain:
1. Di Dunia Usaha / Dunia Industri, peserta didik mendapat pelatihan dan mendapat pengalaman nyata melalui keterlibatan lansung dalam proses produksi sebagai media pendidikan.
2. Di sekolah, peserta didik dilibatkan dalam proses produksi di Unit yang ada di sekolah.
3. Di sekolah, peserta didik berpraktik di ruang praktek (bengkel) yang menerapkan mekanisme produksi, sehingga tercipta suasana kerja seperti di industri, pelatihan harus mengambil produk yang memenuhi standar industri dan layak jual.
Berdasarkan pola penyelenggaraan pembelajaran tersebut di atas, sekolah bukan satu-satunya media pembelajaran bagi siswa (peserta didik), siswa dapat belajar di masyarakat Dunia Usaha / Dunia Industri untuk mencapai tingkat kompoten yang diharapkan melalui kegiatan Pendidikan Sistim Ganda dalam bentuk Praktek Kerja di Industri.
3. Manfaat yang dirasakan
Setiap kegiatan yang dilakukan pasti memiliki manfaat, demikian pula dengan kegiatan Praktek Kerja Industi yang telah selesai dilaksanakan selama 4 bulan ini. kegiatan praktek kerja Industri yang telah penulis laksanakan mempunyai manfaat sebagai berikut :
1) Manfaat bagi penulis
Keahlian profesional yang diperoleh dari Praktek Kerja Industri,dapat meningkatkan rasa percaya diri, yang selanjutnya akan mendorong untuk meningkatkan keahlian profesional pada tingkat yang lebih tinggi.
Waktu tempuh untuk mencapai keahlian profesional menjadi lebih singkat.
Setelah lulus sekolah dengan Praktek Kerja Industri, tidak memerlukan lagi waktu latihan lanjutan untuk mencapai tingkat keahlian siap pakai.
Melatih disiplin, tanggung jawab, inisiatif, kreatifitas, motivasi kerja, kerjasama, tingkah laku, emosi dan etika Siswa dapat menerapkan ilmunya secara langsung pada bidang yang ditekuni sehingga dapat membandingkan antara teori yang dipelajari selama disekolah dengan praktek di lapangan.
Sebagai sarana dalam mempererat hubungan kerjasama antara SMK 1 N SINTOGA dengan instansi terkait.
Mengetahui seluk beluk PT. TELKOM KANCATEL BUKITTINGGI
.2) Manfaat Bagi Pelanggan
Pelanggan akan merasa puas, karena disamping secara ekonomis kebutuhannya terpenuhi, demikian juga dengan kebutuhan psikologisnya. Terpenuhinya kebutuhan psikologis, diantaranya timbulnya perasaan merasa dihargai, dihormati dan dianggap sebagai orang penting.
Selain itu akan menimbulkan adanya interaksi yang efektif sehingga akan lebih banyak menghemat waktu pelanggan.
3) Manfaat Bagi Petugas
Petugas akan meras puas mengenai reaksi pelanggan atas pelayanan yang diberikan, sehingga si petugas merasa lebih dapat menikmati apa yang menjadi tugasnya, disamping itu petugas akan lebih percaya diri dan merasa bangga karena pelayanan yang diberikan diihargai oleh pelanggan secara positif dan akibatnya konflik pribadi dengan pelanggan akan berkurang.
4) Manfaat Bagi Perusahaan
Dengan banyaknya jumlah pelanggan terhadap hasil produk suatu perusahaan menunjukan bahwa perusahaan tersebut dibutuhkan dan dapat diterima oleh masyarakat, sehingga keuntungan yang diperoleh perusahaan meningkat. Dengan meningkatnya kepercayaan masyarakat akan makin meningkatkan citra bagi perusahaan yang bersangkutan.
4. Ruang Lingkup Pembahasan
Ruang LingkupPembahasan terdiri dari :
Bab I Berisikan tentang latar belakang, tujuan dan kerangka laporan.
BabII Berisikan tentang Struktur Organisasi PT. Telekomunikasi Kancatel Sindanglaya, dengan bidang pekerjaan, Proses kerja yang dilaksanakan dan beberapa manfaat yang di rasakan selama penulis melaksanakan prakerin ini.
Bab III Berisikan tentang pembahasan koneksian internet dengan speedy
Bab IV Berisikan kesimpulan, saran dan kata penutup.
BAB II
TINJAUAN PERUSAHAAN
A. Sejarah Perusahaan
PT.Telekomunikasi indonesia atau dikenal dengan PT.Telkom adalah suatu badan usaha yang memiliki sejarah panjang. Berawal dari Post and Teligraafdienst sebuah perusahan swasta yang menyelenggarakan jasa pos dan telekomunikasi yang didirikan dengan stasbland no. 52 tahun 1884. penyelenggaraan Telekomunikasi oleh swasta ini berlangsung sampai 1906, sejak itu berdirilah post telegraf and telefoodienst atau perusahaan negara pemerintah hindia belanda.
Jawatan PTT berlangsung sampai di keluarkannya peraturan pemerintah pengganti undang-undang ( PERPU ) NO.19 tahun 1990 yang menetapkan jabatan PTT untuk tetap menjadi perusahaan negara, kemudian berdasarkan peraturan pemerintah RI No.240 tahun 1961. perusahaan jawatan PTT berubah menjadi perusahaan negara pos dan telekomunikasi. Dalam perkembangan selanjutnya pemerintah memandang perlu untuk membagi perusahaan negara pos dan telekomunikasi menjadi dua perusahaan negara yang berdiri sendiri, yakni berdasarkan peraturan pemerintah no.30 tahun 1965 didirikan perusahaan negara telekomunikasi.
Kemajuan teknologi dan jasa telekomunikasi mendorong pemerintah untuk meningkatkan bentuk perusahaan PT.Telekomunikasi menjadi perusahaan umum ( PERUM ) untuk itu berdasarkan PERUM telekomunikasi yang populer dengan sebutan PERUMTEL. Dalam peraturan tersebut PERUMTEL dinyatakan sebagai penyelenggara Telekomunikasi untuk umum baik hubungan Telekomunikasi luar negri juga diselenggarakan oleh PT.Indonesia Satelit Corporation ( INDOSAT ) yang saat itu berstatus asmg bagian dari American Cable and Radio Corporation.
Sebuah perusahaan di negara bagian Dataware Amerika Serikat. Seluruh saham PT.Indosat dengan modal asing tersebut. Pada akhir tahun 1980 dibeli negara RI untuk selanjutnya dikeluarkan peraturan pemerintah No.53 Tahun 1980 yang isinya tentang perubahan atas peraturan pemerintah No.53 tahun 1980 PERUMTEL ditetapkan sebagai badan usaha penyelenggara Telekomunikasi Luar Negeri.
Memasuki repelita V pemerintah merasakan perlunya percepatan pembangunan Telekomunikasi, sebab sebagai infra struktur diharabkan dapat memacu sector lainnya. Umtuk itu berdasarkan peraturan pemerintah no.25 tahun 1991, maka bentuk perusahaan umum ( PERURA ) dialihkan menjadi perusahaan persero ( PERSERO ) sebagai mana yang yang dimaksud dalam UUD No.9 tahun 1996. sejak itu berdirilah perusahaan persero ( PERSERO ) telekomunikasi Indonesia dengan sebutan PT.Telkom.
Perubahan di PT.Telkom juga terus berlangsung seperti perubahan bentuk perusahaan persero sampai menjadi perusahaan publik, bahkan secara makro penyelenggaraan yang semua menjadi monopoli pemerintahan secara berangsur diberlakukan priratisasi penyelenggaraan Telekomunikasi kalau perubahan-perubahan tersebut di maksudkan untuk meningkatkan kemampuan perusahaah.
Perubahan besar-besaran juga pada tahun 1995 meliputi restrukturisasi internal, KERJA SAMA OPERASI ( KSO ) dan INTERNAL PUBLIK OFFARING ( IPO ). Restrukturisasi internal yang dimaksudkan untuk menjadikan pengolahan perusahaan menjadiefisien da efektif karena terjadi pemisahan bidang usaha uatama ( Cae Business ), bidang usaha terkait dan bidang usaha penunjang. Bidang usaha terkait dan penunjang adalah penyelenggara jasa yang masih terkait dengan jasa telekomunikasi seperti jasa Sistem Telepon Bergerak Seluler ( STSB ), sirkit langganan teleks penyewaan Transpoder satelit, VSAT ( Verry Small Aperture ) jasa nilai tambahan tertentu. Bidang usaha terkait ini diselenggarakan dengan membentuk usaha patungan.
Sejarah Singkat Perusahaan
PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. atau dikenal dengan PT. Telkom adalah perusahaan penyedia jasa informasi dan komunikasi dengan produk unggulannya adalah Telepon Jaringan ( Telepon Rumah Telkom dan Telepon tanpa Jarungan / Wireless ( FLEXI ).
Adapun sejarah singkat PT. Telkom adalah sebagai berikut :
a. Era Kolonial
Pada tahun 1882, didirikan sebuah badan usaha swasta penyedia layanan pos dan telegraf. Layanan komunikasi kemudian dikonsolidasikan oleh Pemerintah Hindia Belanda ke dalam jawatan Post Telegraaf Telefoon (PTT).
b. Perusahaan Negara
Pada tahun 1961, status jawatan diubah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Telekomunikasi (PN Postel). Kemudian pada tahun 1965, PN Postel dipecah menjadi Perusahaan Negara Pos dan Giro (PN Pos & Giro) dan Perusahaan Negara Telekomunikasi (PN Telekomunikasi).
c.Perumtel
Pada tahun 1974, PN Telekomunikasi diubah namanya menjadi Perusahaan Umum Telekomunikasi (Perumtel) yang menyelenggarakan jasa telekomunikasi nasional maupun internasional. Tahun 1980 seluruh saham PT. Indonesian Satellite Corporation Tbk. (Indosat) diambil alih oleh pemerintah RI menjadi
Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan jasa telekomunikasi internasional, terpisah dari Perumtel. Pada tahun 1989, ditetapkan Undang-undang Nomor 3 Tahun 1989 tentang Telekomunikasi, yang juga mengatur peran swasta dalam penyelenggaraan telekomunikasi.
d. PT. Telkom ( Persero )
Pada tahun 1991 Perumtel berubah bentuk menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) Telekomunikasi Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 1991.
e. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk
Pada tanggal 14 November 1995 dilakukan Penawaran Umum Perdana saham TELKOM. Sejak itu saham TELKOM tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Jakarta (BEJ), Bursa Efek Surabaya (BES), Bursa Saham New York (NYSE) dan Bursa Saham London (LSE). Saham TELKOM juga diperdagangkan tanpa pencatatan di Bursa Saham Tokyo.
Tahun 1999 ditetapkan Undang-undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Penghapusan Monopoli Penyelenggaraan Telekomunikasi. Memasuki abad ke-21, Pemerintah Indonesia melakukan diregulasi di sektor telekomunikasi dengan membuka kompetisi pasar bebas. Dengan demikian, Telkom tidak lagi memonopoli telekomukikasi Indonesia.
Tahun 2001 TELKOM membeli 35% saham Telkomsel dari PT INDOSAT sebagai bagian dari implementasi restrukturisasi industri jasa telekomunikasi di Indonesia yang ditandai dengan penghapusan kepemilikan bersama dan kepemilikan silang antara TELKOM dan INDOSAT. Sejak bulan Agustus 2002 terjadi duopoli penyelenggaraan telekomunikasi lokal.
B. Kedisiplinan
Kewajiban Setiap Karyawan
o Mengutamakan kepentingan perusahaan diatas kepentingan golongan dan pribadi.
o Menyimpan rahasia negara, perusahaan, baik langsung maupun tidak langsung.
o Melaksanakan ketentuan perusahaan dengan sebaik-baiknya.
o Bekerja dengan jujur, tertib dan sopan serta penuh dengan rasa tanggung jawab dan bersemangat untu kepentingan perusahaan.
o Mentaati perintah instruksi atau pejabat yaang berwenang sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
o Larangan Setiap karyawan
o Melakukan tindakan kejahatan antara lain berupa penggelapan, pencurian, penipuan, pemalsuan, dan jenis lainnya.
o Melakukan penganiayaan, penghinaan secara kasar, tindak kekerasan mengancam pimpinan perusahaan dan karyawan.
o Menyuruh tau membujuk ikut serta dalam melakukan perbuatan yang melanggar hukum/ kesusilaan terhadap pimpinan perusahaan.
o Menggunakan fasilitas perusahaan untuk kepentingan pribadi.
C. Pemeliharan Lingkungan
Perusahaan PT.TELKOM BUKITTINGGI merupakan perusahaan yang senang akan kebersihan, ini terbukti dari ruangan kerja yang selalu bersih dari hal-hal yang mengganggu kesehatan. Untuk melaksanakan tugas ini biasanya dilakukan oleh cleaning service pada saat semua karyawan belum datang, hal yang rutin dilakukan ialah dengan menyapu da mengepel lantai. Setiap pagi keadaan kantor selalu bersih.
D. Struktur Organisasi
Dalam pengelolaan organisasinya, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Memiliki sebuah Dewan Komisaris yang terdiri dari 1 (satu) ketua dan 4 (empat) anggota serta sebuah Dewan Direksi yang beranggotakan 1(satu) orang Presiden Direktur atau CEO dan 4 (empat) orang anggota Dewan Direksi lainnya yang memiliki fungsi dan tanggung jawab yang berbeda seperti Direktur Sumber Daya dan Bisnis Pendukung/CIO, Direktur Bisnis Jaringan Telekomunikasi, Direktur Bisnis dan Jasa Telekomunikasi, dan Direktur Keuangan/CFO.
Sebagai sebuah Holding Company, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Memiliki beberapa buah anak perusahaan terafiliasi seperti PT Telekomunikasi Selular Indonesia yang bergerak sebagai penyelenggara jasa telekomunikasi bergerak selular, PT Indonusa Telemedia yang menangani bisnis multimedia penyiaran dan internet dengan nama produk TELKOMVision dan PT Infomedia Nusantara yang mengelola bisnis penerbitan Buku Petunjuk Telepon (Yellow Pages) dan Call Center.
Selain anak perusahaan tadi, dalam menjalankan operasi perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Telah mengelompokkan unit-unit yang ada dalam organisasi ke dalam bentuk Divisi, Center dan Yayasan.
Struktur organisasi PT.TEKOM Bukittinggi
Untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan maka perlu adanya pengendalian untuk karyawan agar dapat bekerja dapat bekerja dengan baik,efektif dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan maka pimpinan sebagai adinamisator sudah tentu harus bisa megorganisir para karyawan sebaik mungkin.Salah satunya adalah denga membentuk struktur organisasi perusahaan.
Dengan adanya struktur organisasi akan memberi manfaat antara lain:
· 1.Para karyawan dengan mudah mengetahui kepada siapa dia bertanggung jawab lansung secara administrasi.
· 2.Para karyawan dengan senang dan cepat dapat menjawab pertanyaan dari luar perusahaan tentang siapa pimpinan perusahaan tersebut.
· 3.Para karyawan dengan cepat mengetahui setiap pimpinan perusahaan baik menejer maupun super visor.
Adapun bentuk struktur organisasi yang digunakan di PT.TELKOM Kandatel Bukittinggi adalah menggunakan bentuk struktur organisasi garis dan staf berikut penulis menyajikan struktur organisasi yang terdapat pada perusahaan PT.TELKOM Kandatel Bukittinggi.
E. Uraian Tugas
a. JUNIOR MANAGER Kancatel Sindanglaya, bertugas sebagai Pemimpin jalannya tugas-tugas karyawan yang ada dikantor PT.Telkom Kancatel Bukittinggi, dan bertanggung jawab atas jalannya tugas-tugas tersebut.
b. Ass Junior Manager SERVICE, bertugas sebagai koordinator dalam mengelola penjualan produk ( seperti : Telepon Wireline, Flexi dan Speedy ) serta memonitor dan memelihara kehandalan produk-produk yang dipasarkan.
c. Ass Junior Manager SUPPORT, bertugas sebagai penanggung jawab untuk memonitor terhadap seluruh pendapatan serta laporannya, memonitor terhadap jumlah tunggakan baik Telepon, Flexi ataupun Speedy serta laporan pembukuannya dan mengendalikan cabutan / penghentian layanan terhadap pelanggan.
d. Ass Junior Manager OMAN ( OPERATION & MAINTENANCE ACCES NETWORK), bertugas sebagai Pemimpin pekerjaan lapangan pekerjaan, seperti pemasangan atau pengukuran kabel-kabel telepon.
e. Service Point, bertugas melayani pelanggan antara lain: Pasang Speedy, PSB, Pasang kembali, Mutasi, Gangguan Telepon, dan Informasi lainnya.
f. Technic OMAN, bertugas sebagai pelaksana dan pengendali operasional langsung lapangan.
F. Bidang Pekerjaan dan Produk yang dihasilkan
A. Bidang Pekerjaan
Jasa yang disediakan Telkom dibagi menjadi dua kelompok, jasa Telekomunikasi dasar dan non jasa Telekomunikasi dasar. Pengelompokan ini pun belum dilaksanakan secara tegas, mengingat teknologi komunikasi dan informasi berkembang dengan pesat. Bisnis utama Telkom saat ini adalah menyediakan Public Switch Telephone Network (PSTN) dan menyelenggarakan jasa melalui PSTN.
Jenis jasa telekomuniksi yang sudah beroperasi sampai sekarang ini adalah:
a. Telepon dalam negeri ( lokal dan SLJJ )
b. Jasa interkoneksi kepada penyelenggara telekomunikasi
c. Jasa telepon bergerak seluler ( Flexi )
d. Jasa Internet ( Telkomnet Instan dan Speedy )
e. Jasa lainnya ( Vallue Added Service )
Jasa telepon dalam negeri merupakan layanan jasa utama PT.Telkom yang memberikan pendapatan terbesar., tetapi untuk sekarang ini jasa telepon luar negeripun merupakan pendapat Telkom lainnya. Komposisi pendapat layanan jasa utama ini meliputi : Pasang baru telepon, biaya abodemen (langganan) bulanan dan biaya pemakaian telepon untuk panggilan lokal, interlokal / SLJJ dan SLI. Dari catatan tahun-tahun yang lalu, ternyata kontribusi terbesar berasal dari biaya pemakaian telepon. Pelayanan jasa telepon dalam negeri ini juga termasuk penyediaan layanan telekomunikasi untuk umum seperti Wartel, Telepon umum coin ( TUC ), telepon umum kartu ( TUK ), dan telepon umum pelanggan ( TUP ).
Untuk telepon umum coin sampai saat ini masih dikelola oleh Telkom. Sedangkan untuk pendirian telepon umum pelanggan terlebih dahulu Telkom memberikan penawaran kepada masyarakat siapa yang mau mendirikan telepon umum pelanggan tersebut. Dan dalam hal pemasangan telepon umum pelanggan dini dituntut biaya pemasangannya, dengan system bagi hasil ( Sharing ), sehingga kedua belah pihak mendapatkan keuntungan dan tidak ada yang dirugikan.
Disamping mendapatkan pendapatan dari pelanggan untuk jasa telepon dalam negeri, Telkom juga memperoleh pendapatan interkoneksi dari penyelenggaran Telekomunikasi lainnya, seperti dari penyelenggaraan Telekomunikasi internasional dan STBS ( System Telepon Bergerak Seluler).
Pendapatan interkoneksi antara lain diperoleh dari PT. INDOSAT dan SATELINDO. Selain pendapatan interkoneksi Telkom juga berpartisispasi dalam menyelenggarakan STBS, melalui usaha patungan ataupun dengan pola bagi hasil. Sementara itu penyewa Stansponder satelit mulai tahun 1996 beralih kepada satelindo, namun Telkom terus melakukan pelayanan jasa stasiun bumi untuk hubungan telekomunikasi melalui sistem satelit komunikasi.
B. Produk PT.Telkom
Wireline : Fixed phone ( Telepon Rumah )
VOICE :
- Classy
Wireless : – Flexi
- Trendy
Faximile
DATA :
Telkomnet instan ( dial up )
Internet
Speedy ( dedicated )
Proses Kerja yang Dilaksanakan
Proses kerja yang dilaksanakan oleh penulis sejak melakukan praktek kerja industri diantaranya :
1.Proses Kerja Yang Dilakasanakan
· Serpo
Pelaporan gangguan
Pada kegiatan yang dilakukan ini adalah menerima pengaduan gangguan dari pelanggan baik yang datang ke Plasa maupun melalui telepon ke bagian pengaduan. Data-data yang harus diperoleh dari pelanggan antaralain ; nama, alamat, jenis gangguan, . Kemudian data – data itu dimasukkan ke SISKA untuk diproses.
· PSB WIRELINE
Pelanggan yang ingin berlangganan telepon rumah dan data – data yang diperlukan PT. Telkom untuk menginput data, pelanggan harus mengisi dan memberikan foto copy KTP, materai dan administrasi untuk biaya pasang telepon dirumah.
1. PSB speedy
Pelanggan yang ingin berlangganan speedy ( internet ) di rumah dan data-data yang diperlukan PT. Telkom untuk menginput data, pelanggan harus mengisi dan memberiakan foto copy KTP, dan administrasi untuk biaya pasang speedy dan pemasangan speedy pelanggan sebaiknya memiliki telepon rumah. Tetapi Pelanggan bisa memilih paket speedy yang telah disedikan oleh Telkom.
· Bundling
Pelanggan yang ingin berlangganan telepon rumah dan speedy secara bersamaan dan data – data yang diperlukan telkom untuk menginput data, pelanggan harus mengisi formulir dan memberiakan foto copy ktp, materai dan administrasi untuk biaya pasang speedy dan telepon rumah.
· Cabut APS (atas permintaan sendiri)
Cabut APS adalah pencabutan sambungan telepon atas permintaan pelanggan karena sesuatu hal seperti:Rumah kosong, Pindah Rumah, Rumah dijual, Tarif mahal, Tagihan terlalu besar, Faktor ekonomi atau ganti dengan Telkom Flexi.
Adapun syaratnya antara lain :
a. FotoCopy KTP pelanggan yang masih berlaku.
b. Bukti Pembayaran/Rekening telepon terkakhir
c. Mengisi dan menandatangani Formulir yang telah disediakan
· Pendaftaran point reword (TRRT)
Pada kegiatan ini yang dilakukan adalah membantu pendaftaran pelanggan yang akan mendaftarkan nomor telepon rumahnaya untuk mengikuti point reword (TRRT). Data – data yang harus diperoleh untuk pendaftaran point reword ; foto copy KTP, pembayaran Rekening telepon ahkir. Setelah pencatatan untuk pendaftaran, kita jelaskan kepada pelanggan bagaimana cara pengumpulan poin – poin, agar setiap poin – poin bertambah dan memilih hadiah secara langsung atau secara diundi. Setelah selesai pelanggan yang mengikuti program TRRT formulir yang sudah di isi di input ke CCS untuk proses lebih lanjut.
· Plasa
Membantu SAS bagian plasa, dalam memberikan nomor antrian, arahan, dll
Mempromosikan Gebyar Berhadiah TELEPON RUMAH REJEKI TUMPAH (TRRT)
Mempromosikan produk-produk Telkom (HP CDMA FLEXI, PSB SPEEDY, PSB WIRELINE
· Sales Retention
OBC Speedy
Penawaran speedy kepada setiap pelanggan yang sudah memiliki telepon rumah untuk menggunakan internet di rumah. Penawaran dilakukan melewati telepon.
· Penginputan TRRT
Penginputan formulir yang sudah di isi di input ke dalam CCF, yang sudah di isi dengan jelas oleh pelanggan yang mendaftarkan untuk mengikuti Program Hadiah Telkom.
· Smart Online
Menginput data setelah visiting ke tempat yang telah dikunjungi dan memasukan hasil yang telah diperoleh setelah Visiting.
visiting (kunjungan wireline dan speedy)
Pada kegiatan ini yang dilakukan membantu dalam penagihan tunggakan yang sudah beberapa bulan yang belum di bayar dan menemani petugas saat pengecekan jaringan telepon yang rusak.
visiting (kunjungan FLEXI)
Menggunjungi ke beberapa konter yang berada di wilayah cipanas untuk mengencek konter sudah menjual Vocher Flexi mau pun Elektrik.
· Pengantaran surat penagihan
Pada kegiatan ini mendatangi rumah pelanggan yang mempunyai tunggakan.
1. TDC / MDF
· Menerima laporan gangguan
· Mengirim laporan gangguan
· Pada kegiatan ini yang dilakukan mencatat dan praktek penangan complain Handling gangguan telepon dan speedy.
· Menginformasikan kepada petugas gangguan
Penginformasian kepada petugas yang bertugas dalam perbaikan telepon yang rusak pada setiap pelanggan yang komplain, di telepon untuk di beri tahu ada kerusakan telepon dan petugas di beri keterangan; alamat, nomor telepon atas nama siapa, dan area.
Menginput data PSB Wireline dan Speed Kegiatan ini yang harus dilakukan menerima dan mencatat proses PSB telepon, aktivasi speedy kedalam buku besar yang sudah disediakn untuk pencatatan.
BAB III
URAIAN KEGIATAN
A. Pendahuluan
A. MDF(Main Distributor Frame).
(Main adalah sebuah tempat terminasi kabel yang menghubungkan kabel saluran pelanggan dari sentral telepon dan jaringan kabel yang menuju ke terminal pelanggan. Bila sebuah sentral telepon memiliki 1000 pelanggan, maka pada MDF-nya akan terdapat 1000 pasang kabel tembaga yang terpasang pada slot MDF-nya, dimana setiap pasang kabel tembaga ini akan mewakili satu nomor pelanggan.
MDF adalah pusat jaringan kabel telepon yang terdiri dari blok-blok terminal kabel dari arah sentral (horizontal) dan blok-blok terminal kabel primer menuju RK dan untuk DCL (vertical).
B. Konfigurasi Jaringan Telekomunikasi pada Ruangan MDF.
Secara umum jaringan Telekomunikasi dapat di gambarkan melalui diagram berikut: berdasarkan daerah satuannya,jaringan kabel di bagi atas:
a. Dearah Catuan langsung (DCL)
Biasanya DCL ini di pakai untuk jaringan telpon yang berada di sekitar area stasion atau pusat jaringan telepon. Dimana kabel primer dari MDF langsung ditarik menuju kotak pembagi (DP) tanpa melalui (RK) terlebih dahulu.
b. Daerah catuan tidak langsung
Merupakan jaringan kabel telepon yang man kabel primer dari MDF diterminasikan terlebih dahulu ke RK dan kemudan barulah ditarik menuju kotak pembagi (DP).
C. Fungsi dan Bagian MDF
1. Fungsi MDF:
1. Tempat penyambungan antar kabel primer dengan RK dengan saluran sentral
2. Flexiblelitas saluran
3. Tempat pengetesan saluran telepon jika terjadi gangguan untuk diadakan pengukuran.
4. Tempat untuk menyambungkan kabel EQN ke port DSLAM, dan port DSLAM ke port PRIMER.
2. Bagian MDF :
1. Ruangan Speedy
2. Tempat nomor-nomor pelanggan
3. Tempat EQN sentral.
D. Rangka MDF
Rangka ini dibuat dari besi yang kontuksinya disesuaikan dengan dimensi blok terminal horizontal dan vertical.
Struktur Horizontal
Struktur horizontal ini merupakan tempat untuk blok-blok terminal dari kabel dari arah sentral yang akan dihubungkan dengan blok terminal vertical dengan mengguanakan kabel jamperan. Struktur horizontal ini biasa disebut juga dengan EQN.
Struktur Vertikal
Struktur vertical merupakan tempat untuk blok terminal yang digunakan sebagai tempat penterminasian kabel primer untuk DCL dan kabel primer yang menuju ke RK yang telah diuraikan sesuai dengan lokasi penomorannya. Struktur vertical ini dilengkapi dengan fasilitas penangkal petiratau aristor serta tempat pengisolasian. Yang tahan terhadap panas karena ia berhubunagan keluar.
E. Pengerjaan Pada Ruangan MDF
v Program Pasang Baru
Setelah suatu permintaan pasang baru telepon melalui tahapan registrasi permintaan. Studi teknis dan palidasi maka nuntuk proses Putting in to service dilakukan oleh bagian sentral dan UBC.Setelah petugas sentral petugas sentral/UBC memperoleh data dari CSS maka data tersebut
diproses disentral dengan data-data yang didapatkan:
EQN: xxx-xx-x-xx
KK Primer: xx-xx-xx
Setelah didapatkan data EQN dan KK primer, kemudian dicari dimana box EQN dan KK Primer, setelah itu dihubungkan dengan kabel, pemasangannya menggunakan insertion.
v Program Pasang Speedy
Setelah suatu permintaan pasang baru speedy melalui tahapan registrasi permintaan. Studi teknis dan palidasi maka nuntuk proses Putting in to service dilakukan oleh bagian sentral dan UBC.Setelah petugas sentral petugas sentral/UBC memperoleh data dari CSS maka data tersebut
diproses disentral dengan data-data yang didapatkan:
EQN: xxx-xx-x-xx
KK Primer: xx-xx-xx
No.DSLAM: xxxxxxxx
Apabila pelanggan belum memasang telpon, maka terlebih dahulu mencari box EQN yang akan dihubungkan pada DSLAM EQN, kemudian dari DSLAMpelanggan dihubungkan lagi dengan kabel ke KK Primer.
Namun,jika pelanggan sudah memiliki telfon, maka kabel yang terhubung antara EQN dan KK Primer dibukak, selanjutnya dicari box DSLAM, dan mencari box EQN yang akan dihubungkan pada DSLAM EQN, kemudian dari DSLAMpelanggan dihubungkan lagi dengan kabel ke KK Primer.
v Program Isolir
Pengisoliran telepon pelanggan dapat dilakukan atas permintaan pelanggan sendiri atau karena keterlambatan pelanggan dalam membayar rekening telepon. Macam-macam program isolir:
1. Program Isolir Sebagian
Pengisoliran ini di sebabkan karena pelanggan mengalami tunggakan rekening pada bulan pertama. Maka telkom memberi peringatan dengan cara mengisolir telpon pelanggan tersebut sehingga hanya dapat menerima panggilan.
2. Program Buka Isolir Sebagian
Apabila pelanggan tersebut telah membayar tunggakannya maka petugas MDF atau pilot akan segera membuka program isolir.
3. Program Isolir Total (Isolir Out going dan incoming).
Program isolir total dilakukan apabila pelanggan yang telah menunggak pada bulan pertama masih belum juga membayar tunggakanya pada bulan berikutnya. Maka TELKOM memperingatkan pelanggan dengan cara mengisolir total nomor tetepon tersebut.
F. STRUKTUR SISTEM JARINGAN TELEKOMUNIKASI
Struktur system jaringan kabel Telekomunikasi dapat di jelaskan seperti gambar bagan berikut di bawah ini dengan penjelasan kegunaannya.
F.1 Sistem Jaringan Telpon Biasa.
F2. Sistem Jaringan Pelanggan Yang Memasang Speedy
G. Kegunaan Perangkat-Perangkat Jaringan Telekomunikasi.:
1. Transmisi:
· Untuk menyampaikan informasi dari suatu tempat ketempat lain dengan menggunakan gelombang mikro wave.
2. Central:
· Menyambung dua pelanggan telepon (pelayanan A dan pelayanan B)
3. MDF:
· Tempat penyimpanan kabel primer dan sentral
· Tempat pengetesan dan mengokalisir gangguan
· Tempat untuk menaikan frekuensi telfon dari 64 kbps menjadi besar frekuensi sesuai keinginan pelanggan untuk speedy yaitu pada DSLAM.
· Merupakan papan atau lemari perawatan
· Kerangka besi yang terdiri atas 2 blok terminal vertical dan horizontal.
4. RK :
· Tempat penempatan antara terminal blok disisi primer dengan sekunder
· Titik antara kabel primer dan sekunder
· Tempat pengetesan ganguan
5. DP :
· Tempat penyambungan kabel sekunder dengan kabel penangkal
· Tempat pengetesan ganguaan
· Tempat mutasi jaringan yang menuju kerumah pelanggan.
1. KTB:
· Kabel yang menghubungkan antara DP dengan kotak roset/speeter.
2. Kotak roset:
· Kotak yang yang hanya terdiri dari 1port telfon saja.
3. Kotak spleeter:
· Kotak yang terdiri dari 2 port yaitu untuk telpon dan untuk line
4. Modem:
· salah satu komponen yang berfungsi melakukan modulasi dan demodulasi sinyal informasi.
- PC/ Komputer
H. Daftar Rak EQN Pada Ruangan MDF TELKOM Bukittinggi
DLU/LTGA | Vertical | Horizontal | |
DLU 10(0-1) | 2 | 11 | |
DLU 10(6-7) | 5 | 6 | |
DLU 10(2-3) | 2 | 12 | |
LTG (0-16) | 2 | 13 | |
DLU 20(0-1) | 1 | 5 | |
DLU 20(2-3) | 1 | 6 | |
DLU 20(4-5) | 1 | 7 | |
DLU 20(6-7) | 1 | 8 | |
DLU 30(0-1) | 1 | 9 | |
DLU 30(2-3) | 1 | 10 | |
DLU 30(4-5) | 1 | 11 | |
DLU 30(6-7) | 1 | 12 | |
DLU 380(0) | 3 | 5 | |
DLU 380(1) | 3 | 6 | |
DLU 380(2) | 3 | 7 | |
DLU 380(3) | 3 | 8 | |
DLU 390(0) | 3 | 9 | |
DLU 40(0-1) | 1 | 13 | |
DLU 40(2-3) | 5 | 2 | |
DLU 40(4-5)) | 5 | 3 | |
DLU 40(6-7) | 5 | 4 | |
DLU 50(kosong) | 4 | 4 | |
DLU 50(kosong) | 4 | 5 | |
DLU 60(kosong) | 4 | 7 | |
LTGA 0-1(0-7) | 2 | 4 | |
LTGA 0-2(0-7) | 2 | 5 | |
LTGA 0-27(0-7) | 5 | 9 | |
LTGA 0-28(0-7) | 5 | 10 | |
LTGA 0-29(0-7) | 5 | 11 |
I. Perhitungan LTG
0 | 16 | 1 | 17 | 2 | 18 | 3 | 19 |
4 | 20 | 5 | 21 | 6 | 22 | 7 | 23 |
8 | 24 | 9 | 25 | 10 | 26 | 11 | 27 |
12 | 28 | 13 | 29 | 14 | 30 | 15 | 31 |
J. Perhitungan LTV(Perhitungan untuk vertical 3)
0 | 4 | 8 | 12 |
1 | 5 | 9 | 13 |
2 | 6 | 10 | 14 |
3 | 7 | 11 | 15 |
K. Daftar Rak Primer Pada Ruangan MDF TELKOM Bukittinggi
RK | PRIMER | URAT | Vertical | Horizontal |
DCLA | DCLA | 0001-0060 | 18 | 7 |
DCLB | DCLB | 0001-0080 | 18 | 6 |
| | 0081-0100 | 18 | 7 |
DCLC | DCLC | 0001-0100 | 17 | 1 |
DCLD | DCLD | 0001-0050 | 18 | 4 |
DCLE | DCLE | 0001-0100 | 18 | 3 |
DCLF | DCLF | 0001-0040 | 18 | 4 |
| | 0041-0100 | 18 | 5 |
DCLG | DCLG | 0001-0060 | 17 | 2 |
DCLZ | DCLZ | 0001-0100 | 27 | 5 |
| | 0101-0120 | 27 | 6 |
| | 0201-0270 | 27 | 2 |
| | 0301-0400 | 27 | 3 |
| | 0401-0500 | 27 | 4 |
| | 0501-0600 | 28 | 1 |
| | 0601-0700 | 28 | 2 |
RA | 14 | 0601-0700 | 5 | 5 |
| | 0701-0800 | 5 | 6 |
| | 0801-0900 | 5 | 7 |
| | 0901-1000 | 5 | 8 |
| | 1001-1100 | 6 | 1 |
| | 1101-1200 | 6 | 2 |
| | 1201-1300 | 6 | 3 |
| | 1301-1400 | 6 | 4 |
RB | P12 | 0001-0100 | 4 | 1 |
| | 0101-0200 | 4 | 2 |
| | 0201-0300 | 4 | 3 |
| | 0301-0400 | 4 | 4 |
| | 0401-0500 | 4 | 5 |
| | 0501-0600 | 4 | 6 |
| P15 | 0302-0400 | 7 | 8 |
| | 1201-1300 | 7 | 3 |
| | 1301-1400 | 7 | 4 |
STBU | P15 | 0302-0400 | 7 | 8 |
| | 1201-1300 | 7 | 3 |
| | 1301-1400 | 7 | 4 |
RK | PRIMER | URAT | Vertical | Horizontal | ||
RC | P15 | 0501-0600 | 8 | 2 | | |
| | 0601-0700 | 8 | 3 | | |
| | 0701-0800 | 8 | 4 | | |
| | 0801-0900 | 8 | 5 | | |
| | 0901-1000 | 8 | 6 | | |
| | 1001-1100 | 8 | 7 | | |
| | 1101-1200 | 8 | 8 | | |
| P7 | 1001-1100 | 20 | 3 | | |
| | 1101-1200 | 20 | 4 | | |
STBU | P14 | 0001-0100 | 6 | 5 | | |
| | 0101-0200 | 6 | 6 | | |
| | | | | |
L.Cara Mencari Port pada EQN dan Primer.
Untuk mencari port EQN:
1. Lihat DLU/LTGA.
2. Lihat vertical dan horizontalnya(Pada Telkom Bukittinggi untuk EQN terdiri dari 5 Vertical dan 13 Horizontal.)
3. Kemudian lihat letak LTGnya pada vertical(1 Vertical terdiri dari 8 kolom,dan 1 kolom berisi 32port).
4. Kemudian lihat letak port dengan menggunakan tabel LTG.
Untuk mencari port PRIMER:
1. Lihat RK dan Primernya.
2. Kemudian lihat urat priimer.
3. Setelah itu cari letak vertical dan horizontalnya.
4. 1 Box Primer berisi 100port.
Setelah ditemukan portnya terlebih dahulu pastikan bahwa sudah ada nada,dan pastikan sesuai dengan nomor teflón yang dituju.
B. Pembahasan Tentang Speedy
SPEEDY ~ELEMENT NETWORK LAYER -2
· PC
· Modem
· spliter
· Kabel utp
· Kabel pvc
SPEEDY adalah nama produk Layanan Internet Access End to End dari PT TELKOM dengan basis teknologi Asymetric Digital Subscriber Line (ADSL), yang dapat menyalurkan data dan suara secara simultan melalui satu saluran telepon biasa dengan kecepatan yang dijaminkan sesuai dengan paket layanan yang diluncurkan dari modem sd BRAS (Broadband Remote Access Server) melalui satu saluran telepon biasa (kabel) dengan kecepatan maksimal 1 Mbps.
Keunggulan Layanan SPEEDY
• Akses internet lebih cepat (hingga 1 Mbps), Speedy memberikan kecepatan downoad lebih cepat.
• Saat berinternet tetap bisa bertelepon, dengan menggunakan alat pemisah (splitter), maka saat koneksi internet dengan Speedy, maka saluran telepon tetap dapat digunakan.
• Dedicated Internet, dengan akses internet yang tetap (dedicated), Speedy menjamin koneksi 24 jam selama modem terhubung.
• Koneksi memiliki sifat highly reliability dan highly secure, setiap pelanggan mendapat 1 (satu) password yang unik untuk melakukan koneksi ke internet. Selain itu SPEEDY juga menerapkan binding-port security sehingga penggunaan username & password Pelanggan A tidak mungkin dipakai oleh Pelanggan lain di lokasi yang berbeda.
• Jumlah pemakaian mudah dikendalikan, dengan menggunakan info usage di www.telkomspeedy.com dan aplikasi quota alert, setiap pelanggan dapat mengendalikan jumlah pemakaian setiap bulannya.
AAA atau RADIUS ~ Authority, Authentification and Accounting berfungsi:
1. Administrasi pelanggan, user dan password
2. Proses authentification username dan password saat pelanggan melakukan koneksi
· Melakukan pencatatan (berbasiskan session) terhadap pengguna bandwidth oleh pelanggan.
· Mengeluarkan data pemakaian.
Media untuk mencatat charge pemakain SPEEDY adalah menggunakan mesin AAA (di baca Radius).
Sistem pencatatan penggunaan SPEEDY di Radius adalah :
· Sesi ~ Penggunaan dicatat setiap sesi
· User
· Waktu sesi
· Port DSLAM yang digunakan
· Penggunaan Bandwidth untuk Upstream
Sistem charging yang akan ditagihkan ke Pelanggan adalah besarnya penggunaan Bandwidth oleh pelanggan yang merupakan penggabungan dari penggunaan bandwidth untuk Upstream dan Downstream
Penggunaan bandwidth oleh pelanggan akan diakumulasikan dan dilakukan pembulatan (dalam satuan M) dalam 1 bulan
Proses Billing
· Pelanggan melakukan koneksi SPEEDY
· mesinradius mencatat sesi ,usage(ups & dst),waktu
· radius mengeluarkan format charging(text)
· mesin CDC melakukan format untuk menyesuaikan dengan format telkom.
· Keluar L11 yang akan ditagih oleh pelanggan.
· Usage pelanggan secara harian atau bulannan ditampilkan dalam aplikasi yang bisa diakses oleh pelanggan setiap saat
Ada 2 jenis setting modem untuk koneksi speedy:
1. Setting dengan memasukkan username & password di komputer. Sebelumnya harus buat dial broadband dahulu dikomputer untuk bisa koneksi Speedy. Setting jenis ini disebut Bridge, lebih disarankan untuk speedy limited. Akses SPEEDY tidak bisa di-share ke beberapa komputer/client.
2. Setting dengan memasukkan username & password di modem, sehingga ketika modem nyala langsung terkoneksi ke internet. Setting jenis ini disebut Router, lebih disarankan untuk speedy unlimited. Bisa di-share ke beberapa client LAN.
1. Setting dengan memasukkan username & password di komputer. Sebelumnya harus buat dial broadband dahulu dikomputer untuk bisa koneksi Speedy. Setting jenis ini disebut Bridge, lebih disarankan untuk speedy limited. Akses SPEEDY tidak bisa di-share ke beberapa komputer/client.
2. Setting dengan memasukkan username & password di modem, sehingga ketika modem nyala langsung terkoneksi ke internet. Setting jenis ini disebut Router, lebih disarankan untuk speedy unlimited. Bisa di-share ke beberapa client LAN.
A.MODEM ADSL
Modem adalah salah satu komponen dari CPE yang berfungsi melakukan modulasi dan demodulasi sinyal informasi. Dengan adanya kebijakan “Liberalisasi Terminal” pelanggan Speedy diberi kebebasan memilih merk modem yang beredar dipasaran.
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line): teknologi akses, yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair.
Asymmetric Digital Subscriber Line disingkat ADSL adalah salah satu bentuk Digital Subscriber Line, suatu teknologi komunikasi data yang memungkinkan transmisi data yang lebih cepat melalui kabel tembaga telepon biasa dibandingkan dengan modem konvensional yang ada.
Karakter yang membedakan ADSL dari xDSL adalah aliran kapasitas data dari satu arah lebih besar daripada arah yang lain atau disebut juga asimetris. Para penyelenggara biasanya memasarkan ADSL sebagai bentuk layanan untuk orang-orang yang berhubungan dengan Internet relatif lebih pasif, yang menginginkan download dari Internet tetapi tidak begitu memerlukan untuk menjalankan server yang tentu saja sangat memerlukan lebar pita yang besar dari segala arah.
Karakter yang membedakan ADSL dari xDSL adalah aliran kapasitas data dari satu arah lebih besar daripada arah yang lain atau disebut juga asimetris. Para penyelenggara biasanya memasarkan ADSL sebagai bentuk layanan untuk orang-orang yang berhubungan dengan Internet relatif lebih pasif, yang menginginkan download dari Internet tetapi tidak begitu memerlukan untuk menjalankan server yang tentu saja sangat memerlukan lebar pita yang besar dari segala arah.
Ada dua macam alasan, yaitu teknis dan pemasaran, mengapa ADSL di banyak tempat paling banyak ditawarkan ke pengguna rumahan. Dari sisi teknis, sepertinya ada banyak crosstalk dari sirkuit yang berada di ujung lain letak Digital subscriber line access multiplexer (DSLAM) (di mana biasanya banyak local loop berdekatan menjadi satu) melebihi yang diinginkan pelanggan. Tentunya, sinyal upload terlemah berada pada bagian terbising pada local loop. Itulah yang meyebabkan mengapa dari sisi teknis laju transimisi tampak lebih tinggi dibandingkan dengan laju modem milik pelanggan.
Untuk ADSL konvensional, rata-rata laju downstream dimulai pada 256 kbit/s dan umumnya dapat mencapai 8 Mbit/s pada jarak 1,5 km (5000 ft) dari kantor sentral yang dilengkapi DSLAM atau remote terminal. Rata-rata laju upstream dimulai pada 64 kbit/s dan umumnya dapat mencapai 256 kbit/s dan kadang dapat pula melaju sampai 1024 kbit/s. Nama ADSL Lite biasanya digunakan untuk versi yang lebih lambat
Untuk ADSL konvensional, rata-rata laju downstream dimulai pada 256 kbit/s dan umumnya dapat mencapai 8 Mbit/s pada jarak 1,5 km (5000 ft) dari kantor sentral yang dilengkapi DSLAM atau remote terminal. Rata-rata laju upstream dimulai pada 64 kbit/s dan umumnya dapat mencapai 256 kbit/s dan kadang dapat pula melaju sampai 1024 kbit/s. Nama ADSL Lite biasanya digunakan untuk versi yang lebih lambat
Jenis modem berdasarkan fungsinya
ROUTER
Modem jenis ini dapat terhubung ke RAS baik dengan IP statik maupun dengan user/password (dynamic)
Spesifikasi:
· ANSI T1.413, G.DMT (G.992.1), G.Lite (G.992.2)
· RFC1483R (MPoA), RFC2364 (PPPoA/PPPoE)
· Encapsulation LLC, VC
· TCP/IP, NAT
· Support IP WAN/LAN statik/dinamika.
BRIDGE/USB
Modem yang hanya mensupport protokol Dial-in, tidak bisa untuk konfigurasi statik. Modem jenis ini terhubung ke RAS melalui proses autentikasi di RADIUS.
Spesifikasi:
· ANSI T1.413, G.DMT (G.992.1),G.Lite (G.992.2)
· RFC2364: PPPoA/PPPoE
· TCP/IP,NAT
· Encapsulation LLC, VC
· Support IP WAN/LAN dinamik
STRUKTUR JARINGAN X-DSL
high speed data /internet
|
high speed datal line
|
|
telpontrunk line .
telpontrunk line .
xDSL : Teknologi modem (CT & RT) untuk menyalurkan sinyal digital/ data atau video dan voice (dapat secara bersamaan) dengan kecepatan tinggi dengan media jaringan kabel tembaga.
Keunggulan
· Praktis
Layanan komonikasi suara/fax dan data/internet kecepatan tinggi dapat dilakukan pada saat yang bersamaan tanpa saling mengganggu(simultan).
· Koneksi 24 jam
layanan internet boardband ADSL menyediakan koneksi secara terus menerus selama24jamdan 7 hari seminggu,serta mampu menyalurkan koneksi dengan kecepatan tinggi.
· Aman
saluran /jalur yang digunakan pengguna SPEEDY digunakan sendiri dan tidak dibagi dengan pengguna lainya(not shared),sehingga keamanan lebih baik.Hal ini penting untuk aplikasi e-business.
· Kecepatan konstan
karena infrastruktur tidak terbagi dengan pengguna lainnya,maka kecepatan tidak terpengaruh oleh jumlah pelanggan yang akses.Koneksilebih stabikl karena masing-masing pengguna mempunyai jalur sendiri keperalatan multyplexer di sisi telkom.Anda dapat menikmati pengalaman akses internet dengan kecepatan download sampai dengan 384kbps.
· Tarif flat-rate
Anda dapat memilih paket layanan berdasarkan kuota trafik internet yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dengan penagihan dilakukan secara flat setiap bulan.Jika tafik anda melebihi kuota yang dipilih,maka anda harus membayar kelebihan sesuai jumlah trafik(dalam magabyte).
· Karateristik akses internet
mempunyai mode transmisi yang bersifat asimetris karena berbasis teknologi ADSL ,maka kecepatan download bisa lebih tinggi dari upload .Hal ini di sesuaikan dengan kareteristik kebutuhan akses internet,dimana pengguna internet melakukan download yang lebih banyak dari upload.
Istilah
· Bandwit :Bandwidth menunjukan kapasitas dalam membawa informasi. Istilah ini dapat digunakan dalam banyak hal: Telepon, jaringan kabel, bus, sinyal frekuensi radio, dan monitor.Paling tepat, bandwidth diukur dengan putaran perdetik (cycles per second), atau hertz (Hz), yaitu perbedaan antara frekuensi terendah dan tertinggi yang dapat ditransmisikan. Tetapi juga sering digunakan ukuran bit per second (bps).
· DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer), adalah piranti dalam jaringan komputer, yang diletakkan di kantor sentral telepon yang menerima sinyal dari koneksi banyak pelanggan DSL (Digital Subscriber Line)/ Sambungan Telepon, kemudian meneruskan ke backbone berkecepatan tinggi, menggunakan teknik multiplexing.
· Duplex : Metoda untuk transmisi yang mampu digunakan untuk dua arah pada channel komunikasi. Jika transmisi dua arah ini dilakukan terus menerus, disebut dengan Full Duplex, misalnya jalur telepon yang memungkinkan komunikasi dua arah pada saat bersamaan. Jika Transmisi dilakukan hanya satu arah pada satu saat, maka disebut dengan Half Duplex atau Simplex.
C. SETTING MODEM
Langkah membuat koneksi speedy pada desktop
1. Masuklah ke dalam menu network connection
2. Klik create a new connection
3. Klik next
4. Pilih connect to the internet dan klik next
5. Pilih set up my connection manually dan klik
6. Pilih connect using a broadband connection
that requires a user name and password dan klik next
7. Isi nama ISP (ketik speedy) atau apa yang anda inginkan
dan klik next.
8. Isi user name dan password Speedy dan klik next
9. Beri tanda pada Add a shortcut to this connection to my desktop
10. Klik finish.
Semua langkah-langkah tersebut dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
Gambar :1 Masuk kedalam new connection
Gambar .2 Network Connections
Gambar .3 Pesan pembuka jendela wizard
Gambar .4 Pemilihan jenis koneksi
Gambar .5 Pemilihan koneksi secara manual
Gambar .6 Koneksi secara manual
Gambar.7 Pengisian ISP name
Gambar .8 Pengisian user dan password
Gambar.9 Pembuatan koneksi
Gambar: 10. Setelah menekan Finish di atas atau setiap kali kita klik icon Speedy di desktop kita, akan muncul menu ini:
Gambar: 11. Setelah user name & password terisi dan dipilih Connect, maka komputer kita akan melakukan otentikasi ke RADIUS server, dan akan muncul menu seperti di atas.
Gambar: 12 Jika otentikasi berhasil, maka akan muncul icon 2 komputer kecil di kanan bawah layar. Jika icon ini diklik akan muncul status:
Gambar:13 Jika otentikasi gagal, maka akan muncul pesan error seperati di atas:
C. Panduan Setting Bridge untuk koneksi layanan Speedy
pada beberapa modem ADSL
Beberapa modem ADSL menyediakan driver untuk melakukan konfigurasi modemnya. Biasanya juga disediakan menu konfigurasi melalui web. Konfigurasi melalui web merupakan cara yang palin mudah untuk dilakukan.
Dalam training ini akan digunakan cara konfigurasi dengan menggunakan web.
Hal-hal yang perlu diperhatikan:
Kita harus mensetting koneksi komputer menggunakan protocol DHCP agar komputer mendapat IP yang dialokasikan oleh modem. Lakukan langkah-langkah berikut :
Pilih interface Ethernet yang digunakan, dlm contoh ini interface yang digunakan adalah Bridge
Klik Start à Setting à Network Connection à Bridge
Akan muncul window status
Klik Properties Klik Internet Protokol à Properties
Check di Obtain an IP address automatically à klik OK
Lakukan perintah ipconfig untuk mengetahui ip address dari modem.
Klik Start à Run à ketik cmd akan muncul command prompt
Ketik perintah ipconfig
Jika koneksi berhasil maka kita akan mendapatkan ip address seperti pada gambar diatas. Untuk mengetahui IP modem yang akan kita konfigurasi, kita bisa lihat IP Default Gateway.
Pada gambar diketahui IP Gateway (ip modem) adalah 192.168.1.254
IP modem untuk konfigurasi berbeda-beda tergantung dari setting awal vendor modem. Berikut panduan settinf beberapa modem adsl.
Modem JieSai
Untuk modem JieSai, konfigurasi dapat dilakukan melalui web pada alamat http://192.168.1.1
Gunakan username: admin password: admin
jika login berhasil akan muncul menu utama.
Untuk melkukan konfigurasi, olih menu Setup
Plih New Connection atau Connection 6
Masukkan parameter-parameter Speedy:
Connection Type : Bridge
Encapsulation : LLC/SNAP
ATM PVC Setting :
VPI : 8
VCI : 81
Modem Aztech DSL 305EU
Untuk modem Aztech DSL 305EU, alamat web untuk konfigurasi adalah, http://10.0.0.2 (ingat!!! Lakukan prosedur untuk membebaskan ip pada komputer anda terlebih dahulu)
Pilih Advanced Mode untuk konfigurasi
Masukkan parameter-parameter Speedy:
Connection Type : Bridge
Encapsulation : LLC/SNAP
ATM PVC Setting :
VPI : 8
VCI : 81
Simpan konfigurasi dan restart modem
Untuk melihat status koneksi klik menu ADSL Status
D. Panduan membuat koneksi PPPoE Speedy
Microsoft Windows XP/2000
Dari menu awal pilih Start > Network Connection > New Connection Wizard
Kemudian akan muncul window untuk membuat koneksi, ikuti langkah-langkah sesuai tampilan berikut dengan menekan tombol Next
Pilih à Connect to the Internet
Pilih à Connect using a broadband
Masukkan nama ISP, misal speedy
Masukkan User name dan Password / Confirm password
Perhatikan bahwa kolom Password dan Confirm password harus sama
Jika konfigurasi berhasil, maka akan muncul ikon di desktop windows
Untuk menjalankan koneksi klik icon
Pastikan User name dan Password sudah benar diinputkan, klik Connect
Proses berlangsung
Jika koneksi berhasil maka akan muncul pemberitahuan di pojok kiri bawah, contoh seperti gambar berikut
Kita juga bisa mengecek apakah IP yang diberikan oleh DSLAM sudah dialokasikan untuk computer dengan menggunakan perintah ipconfig
Dari desktop windows Start à Run à ketik cmd
Kemudian muncul command prompt C:\>
Ketik perintah ipconfig /all
Jika koneksi ok ditandai dengan alokasi IP yang diberikan seperti tampilan berikut
E.Panduan setting koneksi PPPoE mengunakan modem ADSL Router
Untuk modem ADSL yang juga bisa berfungsi sebagai router, koneksi PPPoE dapat langsung kita konfigurasikan di modem. Dengan cara ini User name dan Password harus kita inputkan di dalam modem.
Biasanya konfigurasi ini digunakan untuk pelanggan yang ingin mensharing koneksi Speedy-nya ke beberapa komputer.
Berikut diagram koneksi sharing kebeberapa user.
Berikut langkah-langkah setting modem ADSL Router untuk sharing ke beberapa User. Modem ADSL Router yang digunakan adalah merek Vigor 2600.
1. Koneksikan modem ke PC menggunakan kabel UTP yang disediakan bersama-sama dengan modem.
2. Set IP dari komputer dengan menggunakan DHCP, untuk mendapatkan IP yang dialokasi oleh modem.
|
3. Setelah setting berhasil, check dengan menggunakan perintah ipconfig
4. Masuk ke menu konfigurasi modem menggunakan internet explorer dengan alamat http://192.168.1.1 Konfigurasi default, user name dan password dikosongkan.
5. Ikuti langkah-langkah berikut:
Tampilan awal menu konfigurasi :
Pilih menu Quick Setup à Internet Access Setup
Pilih menu PPPoE akan muncul window Router Web Configurator
Set parameter-parameter setting modem sbb :
VPI : 8
VCI : 81
Encapsulating Type : LLC/Snap
Protocol : PPPoE
Modukation : Multimode
Untuk ISP akses setup, masukkan User name dan password yang diberikan. Setelah selesai tekan button OK.
Untuk melihat status koneksi, masuk ke menu System Management à Online Status dari menu awal
Berikut tampilan jika koneksi PPPoE belum terbentuk. Klik Dial PPPoE
Jika koneksi PPPoE sudah terbentuk akan tampil seperti gambar berikut:
dari gambar diatas dapat dilihat
- alokasi IP address : 125.162.0.7
- Up Time : 0:00:09 Ã waktu lamanya koneksi PPPoE yang terakhir kali
Terbentuk
- Upstream : 736 kbps
- Downstream : 8064 kbps
- SNR Margin : 15
- Loop Att : 11.5
Selain itu, ADSL Router Vigor 2600 ini bisa melihat spectrum frekuensi ADSL.
Pilih menu System Management à Diagnostic Tools à ADSL Spectrum Analysis
IP Address
- Merupakan alamat komputer/host di jaringan agar “paket” dapat mencapai tujuan
- Pengalamatan harus unik
- IP Address disusun dari 32 bit bilangan biner
- IP address diapply ke Network Operation Center
IP address berdasarkan linkup internet/intranet dapat dikategorikan menjadi 2
- IP Public : IP address yang digunakan untuk lingkup internet, host yang menggunakan IP public dapat diakses oleh seluruh user yang tergabung diinternet baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui proxy/NAT).
- IP Private : IP address yang digunkan untuk lingkup intranet, host yang menggunakan IP Private hanya bisa diakses di linkup intranet saja.
Contoh:
Dari akses Speedy modem mendapat alokasi IP Public 125.126.0.1
Kemudian untuk akses di LAN modem menggunakan IP Private 192.168.1.1.
User-user didalam LAN dapat melakukan akses ke internet dengan mengaktifkan fungsi NAT (Network Address Translation) pada ADSL Router
ipconfig
Perintah ipconfig digunakan untuk mengetahui ip address dari komputer kita. Perintah ini support di Windows XP/2000. Dijalankan melalui command prompt DOS.
Contoh hasil perintah ipconfig sebagai berikut :
C:\>ipconfig
Windows IP Configuration
Ethernet adapter Bridge:
Connection-specific DNS Suffix . :
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.101
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.254
C:\>ipconfig /all
Windows IP Configuration
Host Name . . . . . . . . . . . . : ss-cpe-maintenance
Primary Dns Suffix . . . . . . . :
Node Type . . . . . . . . . . . . : Unknown
IP Routing Enabled. . . . . . . . : Yes
WINS Proxy Enabled. . . . . . . . : Yes
Ethernet adapter Bridge:
Connection-specific DNS Suffix . :
Description . . . . . . . . . . . : Realtek RTL8139 Family PCI Fast Ethernet
NIC
Physical Address. . . . . . . . . : 00-A0-B0-0D-13-27
DHCP Enabled. . . . . . . . . . . : Yes
Autoconfiguration Enabled . . . . : Yes
IP Address. . . . . . . . . . . . : 192.168.1.101
Subnet Mask . . . . . . . . . . . : 255.255.255.0
Default Gateway . . . . . . . . . : 192.168.1.254
DHCP Server . . . . . . . . . . . : 192.168.1.254
DNS Servers . . . . . . . . . . . : 203.130.206.250
202.134.0.155
Lease Obtained. . . . . . . . . . : Wednesday, December 14, 2005 3:13:32 AM
Lease Expires . . . . . . . . . . : Thursday, December 15, 2005 3:13:32 AM
C:\>
ping
ping merupakan perintah untuk mengetest koneksi dari komputer kita ke lokasi yang diinginkan. Perintah ini juga digunakan untuk mengetahui response time.
traceroute
traceroute merupakan perintah untuk menlihat jalur akses ke lokasi yang kita tuju. Di beberapa operating system perintah traceroute berbeda-beda. Untuk Windows XP/2000 digunakan perintah tracert
DHCP (Dinamic Host Control Protocol)
Fungsi DHCP adalah untuk membuat suatu komputer mendapatkan IP Address dari satu atau beberapa server (DHCP server). Server akan memberikan IP jika ada komputer yang menjalankan DHCP dan menyimpan informasi IP Address yang sudah dialokasikan.
Untuk melakukan setting modem adsl, dengan mengaktifkan protokol DHCP maka kita bisa dengan mudah mengetahui ip address default dari modem.
Untuk mengaktifkan DHCP lakukan langkah-langkah berikut
Klik Start à Setting à Network Connection à Bridge
Akan muncul window status
Klik Properties Klik Internet Protokol à Properties
Check di Obtain an IP address automatically à klik OK
F. Permasalahan
Speedy Tidak Bisa Konek
untuk setting PPPoE ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila koneksi speedy tidak bisa konek:
1. Cek lampu indikator modem
> Lampu Power nyala ? ( cek adaptor atau catuan listrik )
> Lampu LAN/Ethernet nyala ? ( Cek Kabel UTP/Lan sudah terhubung antara modem dengan Komputer )
> Lampu Link/Adsl/Dsl nyala dan harus tidak berkedip ( Cek Kabel Tlp yg masuk ke modem, bypass dulu dari spiltter)
> Lampu PPP/Internet/Data sudah nyala ? ( cek user name dan password speedy yg di
set di modem)
2. Bila lampu indikator modem sudah normal tapi masih belum bisa konek internet lanjutkan dengan cek setting network connection:
> Untukwinxp klik start - control panel - networ connections
> klik 2x Local area connections icon
> Dari menu local area connection status klik status - detail.
> Address type : Assigh DHCP (default)
> IP Address : harus sesuai dengan IP modem (ex:192.168.1.2 - default)
> Subnet Mask : 255.255.255.0
> Default Gateway : harus berisi IP modem (ex:192.168.1.1 - default)
> DNS server : 203.130.193.74
2. Bila sudah, cek koneksi lokal Kemudian lanjutkan dengan cek koneksi internet.
> klik start - run - ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem)
harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=254
> klik start - run - ketik: ping 202.134.1.10 -t (DNS server Speedy)
harus muncul: Reply from 202.134.1.10: bytes=32 time=19ms TTL=60
untuk setting PPPoE ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bila koneksi speedy tidak bisa konek:
1. Cek lampu indikator modem
> Lampu Power nyala ? ( cek adaptor atau catuan listrik )
> Lampu LAN/Ethernet nyala ? ( Cek Kabel UTP/Lan sudah terhubung antara modem dengan Komputer )
> Lampu Link/Adsl/Dsl nyala dan harus tidak berkedip ( Cek Kabel Tlp yg masuk ke modem, bypass dulu dari spiltter)
> Lampu PPP/Internet/Data sudah nyala ? ( cek user name dan password speedy yg di
set di modem)
2. Bila lampu indikator modem sudah normal tapi masih belum bisa konek internet lanjutkan dengan cek setting network connection:
> Untukwinxp klik start - control panel - networ connections
> klik 2x Local area connections icon
> Dari menu local area connection status klik status - detail.
> Address type : Assigh DHCP (default)
> IP Address : harus sesuai dengan IP modem (ex:192.168.1.2 - default)
> Subnet Mask : 255.255.255.0
> Default Gateway : harus berisi IP modem (ex:192.168.1.1 - default)
> DNS server : 203.130.193.74
2. Bila sudah, cek koneksi lokal Kemudian lanjutkan dengan cek koneksi internet.
> klik start - run - ketik: ping 192.168.1.1 -t (ip modem)
harus muncul: Reply from 192.168.1.1: bytes=32 time<1ms TTL=254
> klik start - run - ketik: ping 202.134.1.10 -t (DNS server Speedy)
harus muncul: Reply from 202.134.1.10: bytes=32 time=19ms TTL=60
3. jika point 2 sudah OK, lanjutkan dengan cek Internet Options
> klik start - Control Panel - Internet Options
> Dari menu Internet properties - security (buat default level semuanya)
Internet properties - Connestions - pilih Never dial a connections kemudian klik
> LAN settings - hilangkan 2 option pilihan kecuali automatically detect
setting saja yang di pilih.
> Internet Properties - Advanced - klik restore default.
4. Jika point 3 sudah OK, coba install/pakai Browser yang lain.
5. jika semua langkah sudah dijalaankan tapi masih belum bisa install ulang LANCARD anda dan jika masih belum bisa Instal ulang Windows
> klik start - Control Panel - Internet Options
> Dari menu Internet properties - security (buat default level semuanya)
Internet properties - Connestions - pilih Never dial a connections kemudian klik
> LAN settings - hilangkan 2 option pilihan kecuali automatically detect
setting saja yang di pilih.
> Internet Properties - Advanced - klik restore default.
4. Jika point 3 sudah OK, coba install/pakai Browser yang lain.
5. jika semua langkah sudah dijalaankan tapi masih belum bisa install ulang LANCARD anda dan jika masih belum bisa Instal ulang Windows
FAQ Speedy (Pertanyaan yang sering terjadi di saat perbaikan speedy saat ada gangguan)
Dan menjadi suatu bahan untuk mencari pelanggan yang belum memakai speedy
Apa yang dimaksud dengan Speedy?
Speedy adalah nama produk PT Telkom yang merupakan layanan akses internet dengan kecepatan tinggi yang memiliki kemampuan akses untuk kecepatan upstream sebesar 64 kbps, sedangkan downstream sebesar 384 kbps dan 512 kbps, serta dapat melakukan percakapan telepon secara bersamaan saat melakukan akses internet.
Apa itu ADSL?
ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah suatu teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Inilah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz).
Keuntungan ADSL adalah memberikan kemampuan akses internet berkecepatan tinggi dan suara/fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Apakah nomor telepon ISDN bisa ADSL?
Sementara ini pelanggan ISDN masih belum bisa dilayani ADSL, akan tetapi apabila masuk cakupan daerah layanan ADSL maka bisa dilayani dengan terlebih dahulu melakukan pasang baru telepon biasa (POTS).
Mengapa nomor telepon saya tidak bisa ADSL?
Ada beberapa sebab kenapa nomor telepon Anda tidak bisa dilayani ADSL, antara lain :
1. Di area sentral tersebut belum terpasang perangkat DSLAM ADSL.
2. Jaringan telepon menggunakan jaringan kabel optik. Misalnya: ONU, DLC dll.
3. Jaringan tembaga yang digunakan kurang baik kualitasnya dan tidak ada jaringan cadangan untuk dipindah salurannya.
Apa yang membedakan Speedy dengan Telkomnet Instan?
Speedy sangat berbeda dengan Telkomnet Instan walaupun jaringan kabel yang dipakai sama. Perbedaannya antara lain :
1. ADSL bisa melewatkan komunikasi suara dan data secara simultan, sedangkan koneksi Telkomnet Instan hanya dapat melewatkan salah satunya (data saja atau suara saja).
2. Band frekuensi yang dipakai berbeda. POTS menggunakan band frekuensi 0,3 - 32 kHz sedangkan ADSL menggunakan 34 kHz - 1104 kHz.
3. Kecepatan transfer data (upstream/downsteram) jauh berbeda.
4. Tarif Telkomnet Instan dihitung berdasarkan durasi, sedangkan tarif Speedy dihitung berdasarkan usage (volume data).
Bagaimana cara mendapatkan modem ADSL?
Modem ADSL banyak dijual di pasaran, dengan variasi harga dari sekitar Rp 600 ribu sampai dengan Rp 3 juta.
Faktor apa saja yang membedakan harga modem?
Modem dibedakan dari beberapa aspek, antara lain:
1. Kemudahan dari sisi setting mulai dari yang harus menginstalasi driver sampai yang dapat disetting melalui browser.
2. Jenis koneksi, dari yang menggunakan koneksi USB, koneksi ethernet, gabungan USB dan ethernet, sampai dengan akses wireless.
3. Kemampuan fitur, dari yang hanya memiliki setting VCI dan VPI sampai dengan yang memiliki kemampuan menjalankan fungsi router seperti: NAT, routing, access list, dan sebagainya.
Bagaimana cara memilih modem ADSL yang baik?
Tips untuk mendapatkan modem ADSL yang baik adalah sebagai berikut:
1. Apakah modem tersebut digunakan untuk beberapa PC atau hanya satu PC. Jika untuk satu PC cukup modem dengan 1 port USB dan atau 1 port ethernet, tetapi apabila akan digunakan untuk beberapa PC maka bisa digunakan modem yang dilengkapi dengan beberapa port ethernet (berfungsi sebagai hub).
2. Gunakan modem yang compatible dengan sistem operasi dari PC anda seperti Windows atau Linux. Dari pengalaman di lapangan ada beberapa jenis modem USB yang tidak compatible dengan Windows 98 atau Windows 2000.
3. Jika memiliki dana yang cukup lebih baik menggunakan modem yang memiliki kemampuan setting melalui web karena dapat dioperasikan dengan berbagai jenis sistem operasi dan browser serta mudah dalam pengoperasiannya.
Bagaimana cara melakukan setting modem yang benar?
Cara setting modem ADSL adalah sebagai berikut:
- Ada jenis modem yang settingnya menggunakan CD driver yang tersedia dalam paket pembelian, dan ada modem yang settingnya melalui browser (misalnya Internet Explorer).
- Jika modem bisa disetting melalui browser, maka setting dilakukan dengan mengakses alamat http://192.168.1.1, http://10.0.0.2, atau alamat lainnya sesuai dengan petunjuk dalam buku manualnya. User dan password juga disertai di buku manual.
- Setelah masuk ke menu setting maka masukkan parameter berikut:
- PVC Configuration = VCI : 8, VPI : 81
- Service Category = UBR Without PCR
- Protocol / Connection type = PPPoE
- Encapsulation = LLC / Snap-Bridging
- Pada PC (pada Local Area Connection Properties), masukkan parameter berikut:
- Pilih Obtain an IP address automatically
- Preferred DNS Server : 202.134.1.10
- Alternate DNS Server : 202.134.0.155
Untuk line rate 384 kbps, berapa bandwidth maksimum yang saya dapatkan?
Mendekati 337 kbps.
Untuk line rate 384 kbps, berapa throughput (kecepatan download) yang bisa saya dapatkan?
Sekitar 40 KB/s.
Untuk line rate 512 kbps, berapa bandwidth maksimum yang saya dapatkan?
Mendekati 450 kbps.
Untuk line rate 512 kbps, berapa throughput (kecepatan download) yang bisa saya dapatkan?
Sekitar 52 KB/s.
Kenapa bandwidth maksimum tidak bisa mencapai 384 kbps atau 512 kbps?
Karena adanya protocol overhead, seperti: Ethernet header, PPPoE (point to point protocol over ethernet) header, dan lain sebagainya.
FAQ Troubleshooting (Suatu arahan yang di berikan pada pelanggan speedy agar dapat memperbaki kerusakan yang sudah biasa terjadi)
Tidak bisa melakukan koneksi ke Speedy
- Matikan modem beberapa saat lalu hidupkan kembali.
- Lakukan tes dial tone dengan mengangkat handset pesawat telepon dan pastikan terdengar nada pilih (dial tone). Jika sudah terdengar maka lakukan langkah ke-3.
- Tanyakan ke customer service Speedy, apakah terjadi gangguan masal.
Sudah terkoneksi ke Speedy, tetapi tidak bisa browsing
- Lakukan tes dial tone dengan mengangkat handset pesawat telepon dan pastikan terdengar nada pilih (dial tone). Lakukan langkah ke-2.
- Deteksi LAN card dengan menonaktifkan (disable) lalu di aktifkan kembali dengan mengklik Enable (Control Panel - Network Connection - LAN Connection).
- Sebaiknya aplikasi internet browser diupdate dengan versi terbaru.
- Pastikan PC tidak terkena virus.
Belum pernah terhubung ke Speedy/setting terhapus
- Lakukan konfigurasi modem ADSL melalui aplikasi berbasis web yang disediakan oleh produsennya. Jika kurang jelas hubungi vendor/toko tempat Anda membeli modem.
- Lihat apakah ada perubahan user & password Speedynya. Jika tidak, lakukan langkah ke-3.
- Jika PC Anda terinfeksi virus, hilangkan virusnya terlebih dahulu.
- Lakukan koneksi ke Speedy dengan memasukkan user & password.
- Rebooting PC Anda, pastikan bahwa LAN card sudah terdeteksi dengan tampilnya icon Network Connection di pojok kanan bawah.
Koneksi ke Speedy sering putus
- Lakukan tes dial ke nomor telepon tertentu.
- Jika suara saluran telepon Anda tidak bersih (kemrosok), hubungi customer service atau 147 dan mintalah perbaikan jaringan.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Setelah penulis melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ) di PT. Telkom Bkittinggi selama 4 bulan dan membuat laporan ini, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
(a) PT. TELKOM Bukittinggi adalah salahsatu Cabang dari PT. TELKOM SUMBAR sebagai pengelola dan pemberi layanan kepada Pelanggan yang berdomisili di Area bukitinggi,simpang empat,gadut baso,dll
(b) PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk, yang selanjutnya disebut TELKOM merupakan Perusahaan pengelola layanan jasa informasi dan telekomunikasi serta sebagai perusahaan penyedia jasa yang melayanai jasa telekomunikasi dalam bentuk jaringan telekomunikasi secara lengkap ( full service and network provider ) yang terbesar di Indonesia. Jenis layanan yang diberikannya adalah layanan jasa telepon kabel (wireline) berupa Telepon Rumah Telkom ( TRT ) dan layanan jasa telekomunikasi tanpa kabel ( wireless ) berupa FLEXI, dan sebagai penyedia layanan jasa internet serta jasa multimedia lainnya baik secara langsung maupun melalui perusahaan asosiasi, dan produk data dimaksud adalah layanan jasa Internet yaitu Telkomnet Instan dan SPEEDY.
(c) PT. Telkom Kancatel Bukittinggi telah melaksanakan kegiatan operasionalnya sesuai dengan SOP ( Standart Operational Prosedur ).
(d) PT. Telkom senantiasa melayani segala keluhan pelanggan dengan sebaik baiknya dan memeberikan layanan terbaiknya kepada seluruh pengguna jasa telekomunikasi sesuai tolak ukur.
(e) PT. Telkom telah menetapkan semua sistem operasional kerja secara online melalui internet ( LAN / MAN dan WAN ), sehingga dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan setiap pekerjaan.
(f) PT. Telkom menggunakan teknologi informasi dalam menunjang kegiatan operasionalnya sehingga mempercepat dan menjamin keakuratan data.
(g) Seluruh karyawan PT.Telkom dituntut untuk bekerja dan menjadi pegawai profesional dengan menunjukan dedikasi kerja sesuai job description yang telah ditetapkan Perusahan.
(h) PT. TELKOM senantiasa melayani segala keluhan pelanggan secepat dan seakurat mungkin guna memuaskan para pengguna jasa telekomunikasi.
Dari seluruh kegiatan PKL dan uraian yang telah dibuat pada laporan PKL ini , maka dapat diambil beberapa kesimpulan,antara lain :
1. PT .TELKOM Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak dibidang telakomonikasi yang melayani hubungan telekomonikasi baik hubungan dalam negri maupun luar negri.
2. SPEEDY adalah nama suatu produk TELKOM untuk layanan broadband akses yang mencakup internet kecepatan tinggi, data, video dan suara.
Beberapa type kecepatan dalam komunikasi data (khususnya layanan internet)
Kecepatan koneksi : adalah kecepatan upstream dan downstream yang didapat pengguna dari mulai CPE ke elemen network lokal tertentu..
Kecepatan Throughtput : adalah upstream dan downstream yang didapat pengguna dari mulai CPE sampai destination/tujuan/alamat data (end to end).
MODEM ADSL adalah salah satu komponen dari CPE yang berfungsi melakukan modulasi dan demodulasi sinyal informasi. Dengan adanya kebijakan “Liberalisasi Terminal” pelanggan Speedy diberi kebebasan memilih merk modem yang beredar dipasaran.
ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line): teknologi akses, yang memungkinkan terjadinya komunikasi data, voice dan video secara bersamaan, menggunakan media jaringan akses kabel tembaga 1 pair.
B.Saran
Pada kesempatan ini, ijinkanlah penulis untuk memberikan beberapa saran kepada pihak Dunia industri dan pihak sekolah yang sekiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guna kemajuan di masa yang akan datang.
Saran untuk pihak Dunia Industri ( PT. Telkom BUKITTINGGI )
(a) Pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini akan lebih terarah apabila disusun melalui suatu jadwal yang harus dikerjakan siswa / siswi selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ( PRAKERIN ).
(b) Pihak Dunia Industri diharapkan dapat menyediakan seorang instruktur khusus yang pada hari- hari tertentu agar dapat memberikan pelajaran teori yang berhubungan dengan pekerjaan yang akan dilaksanakan siswa/ siswi sehingga dapat dimengerti dan memahami pekerjaan yang dilaksanakan.
(c) Pihak Dunia Industri supaya dapat lebih banyak memberikan pekerjaan yang bermanfaat bagi siswa/siswi, agar jam kerja dapat diisi dengan penuh tanpa ada waktu kosong yang terbuang percuma.
(d) Pihak Dunia Industri agar dapat mempertahankan rasa tanggung jawab dalam menjalankan setiap pekerjaan yang dibebankan.
(e) Berikan dan tingkatkan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan
(f) PT. TELKOM Kancatel Bukittiggi agar mampu untuk terus meningkatkan segala hal yang bertujuan untuk lebih mengembangkan segala usaha dalam mencapai terget yang telah ditetapkan Perusahaan.
Saran Untuk PT Telkom
1. PT Telkom dalam usaha memberikan pelayanannya di bidang telekomunikasi hendaknya meningkatkan mutu pelayanannya kepada pelanggan dan terus mengadakan inovasi dan strategi – strategi yang jauh lebih baik termasuk solusi pengadaan jaringan telepon yang gangguannya relatif kecil.
2. Dengan berkurangnya performance yang disebabkan oleh pancaran sinyal dari RBS ke RNT terhalang oleh bangunan gedung tinggi dan pepohonan diharapkan management Telkom bisa menambah tinggi tower-tower dari pada setiap RBS sehingga akan meningkatkan performance baik di sisi teknis perangkat WLL DECKLink maupun disisi Custumer service .
3. Dalam penerimaan mahasiswa yang melaksanakan praktek kerja lapangan hendaknya PT Telkom menyediakan bagian khusus yang menangani pelaksanaan PSG, Magang, PKL atau Prakerin. Dimana nantinya bagian ini dapat mengkoordinir dan memberikan pengarahan serta pengetahuan kepada mahasiswa yang melaksanakan PKL tersebut.
Saran untuk pihak sekolah :
(a) Pihak Sekolah ( Lembaga Pendidikan ) diharapkan dapat memantau kegiatan siswa yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) secara intensif sehingga segala kesulitan yang timbul dapat dipecahkan bersama.
(b) Utamakan rasa bertanggung jawab dalam memonitoring siswa Prakerin.
(c) Pembimbing yang ditunjuk sekolah diharapkan dapat lebih mengoptimalkan profesionalismenya demi kelancaran kegiatan prakerin.
(d) Setiap pembimbing yang ditunjuk Sekolah sebaiknya dibekali pengetahuan yang memadai mengenai usaha yang dikelola Dunia Industri yang akan ditempati Siswa/wi PRAKERIN sehingga mampu memberikan pengetahuan secara umum mengenai instansi perusahaan yang ditempatinya.
PENUTUP
Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah atas segala rahmat yang telah dilimpahkan oleh ALLAH SWT, bahwa penulis telah mendapat dukungan dari berbagai pihak dalam menyelesaikan laporan ini dengan baik tanpa mengalami hambatan berarti.
Keberhasilan pelaksanaan Praktek Kerja Industri ini sangat dibutuhkan oleh para siswa/siswi agar bisa mengikuti salah satu syarat untuk menempuh UAS/UAN, sehinga dengan dibuatnya laporan PRAKERIN ini diharapkan dapat dijadikan acuan bagi kelancaran pelaksanaan Praktek Kerja Industri, terutama pada tahap awal kerja berkaitan dengan paket keahlian yang ada di Dunia usaha / Dunia Industri.
Dengan dibuatnya laporan ini minimal diharapkan juga ada kesamaan Visi antara pihak sekolah dengan dunia usaha sebagai industri pasangan.
Penulis mengharapkan agar semua penjelasan didalam laporan yang telah tersusun dengan rapi sesuai dengan tujuan siswa/siswi ini . Penulis telah berusaha dapat mudah dimengerti serta dipahami bagi para membacanya.
Saran serta kritik membangun demi perbaikan penulisan laopran termat penulis nantikan agar dalam penyusunana laporan selanjutnya dapat tersajikan dengan lebih baik dan lebih sempurna lagi.
Penulis mengucapkan banyak terima kasih semua kepada pihak yang telah banyak membantu dan membimbing dalam menyelesaikan laporan ini, serta besar harapan penulis agar laporan yang penulis sususn dapat bermanfaat bagi semua pihak, Amin.
DAFTAR PUSTAKA
PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, IRT 1500.
PT.TELEKOMUNIKASI INDONESIA Tbk, Intergrated RURAL TELEPHONY SYSTEM. Januari 1993
Http:/www.Google.com/Infotelkom/
struktur organisasi PT.Telkom Bukittinggi nya bsa di pos ulang nggk kak?
BalasHapusmasalanya ngk bsa di liat kak