semuanya

Social Icons

Social Icons

Cari Blog Ini

Memuat...

Featured Posts

Kamis, 28 Juni 2012

METODE PEMBELAJARAN PEER PRACTICE ATAU RECIPROCAL LEARNING LESSON



                                                   
1.Metode pembelajaran
Peer Practice/Reciprocal Learning Lesson
2. penjelasan/ pengertian

Rekan praktek / Pelajaran Pembelajaran timbal balik
 Strategi Timbal Balik Pembelajaran adalah "kemitraan yang unik yang ditempa antara pasangan siswa bekerja sama untuk melatih kemampuan sebelumnya disajikan dan informasi, untuk meningkatkan pemahaman membaca teks kaya informasi, dan untuk mengembangkan pemikiran proses yang diperlukan untuk menjadi pemecah masalah yang berwenang" (Silver, Hanson, Kuat, & Schwartz, 2003, p.200). "Tujuan dari pengajaran timbal balik adalah untuk memfasilitasi upaya kelompok antara guru dan siswa serta antara siswa dalam tugas membawa makna teks" (Palincsar, 1986).
Peer Praktek / Strategi Pembelajaran Reciprocal didasarkan pada kolaborasi antara siswa daripada proses belajar secara mandiri. Siswa diajarkan bagaimana untuk membantu satu sama lain untuk menjadi sukses dalam menyelesaikan tugas. Reciprocal Belajar membantu siswa mengembangkan keterampilan koperasi dan pada saat yang sama memungkinkan guru untuk menutupi kurikulum. Dalam strategi ini, siswa bekerja sama sebagai mitra peer, masing-masing pada gilirannya berfungsi sebagai "pelaku" dan "petunjuk" dalam menyelesaikan tugas. Panduan ini mengevaluasi kinerja pelaku terhadap kriteria khusus yang ditetapkan oleh guru (Silver, Hanson, Kuat, & Schwartz, 1996).
Fokus Strategi interpersonal pada memperoleh pengetahuan baru dan melatih keterampilan penting melalui berbagi pribadi, kesadaran individu dan sosial, pembelajaran kelompok terfokus, dan wawasan sebelumnya siswa dan pengetahuan"(Silver,2003).
           belajar melalui pasangan belajar (peer learning) ini di tandai dengan besarnya peran peserta didik dibandingkan denag peran pendidikkegiatan pembelajaran didasari oleh rasa saling mempercayai di antara peserta didik dan adanya kesediaan salaing membantuantara peserta didik. Namun, kehadiran pendidik sangat diperlukan untuk memberikan bantuan apabila peserta didik membutuhkan.
Model pembelajaran koperatif metode pengajaran timbal-balik (reciprocal teaching) merupakan salah satu tipe dari pembelajaran koperatif yang dirancang dengan metode-metode tertentu, sehingga siswa dapat belajar lebih serius dan menumbuhkan rasa tanggung jawab, kerjasama, berfikir kritis, keaktifan dalam bertanya dan keterlibatan dalam proses belajar. Strategi pengajaran reciprocal teaching adalah salah satu strategi dalam pembelajaran kooperatif dimana dalam pelaksanaannya, siswa dibentuk kelompok-kelompok yang beranggotakan 4 siswa dengan tugas masing-masing sebagai  predictor, clarifier, questioner, dan summarizer, dan dalam proses pembelajaranya siswa dituntut untuk berinteraksi, ketergantungan, dan bekerjasama  dengan kelompoknya dalam mengerjakan tugasnya. Strategi ini mirip dengan RallyCoach atau Kagan PairsCheck struktur, dimana diantara siswa bisa cukup akrab.
Selain dari pada itu metode Peer Practice/Reciprocal Learning Lesson ini mempunyai kesamaan juga dengan strategi pembelajaran tukar belajar (learning exchange). Pembelajaran ini dapat diberi arti sebagai setiap upaya yang sistematis dan disengaja untuk menciptakan kondisi-kondisi agar terjadi kegiatan belajar membelajarkan. Dalam pembelajaran ini terjadi interaksi edukatif antara dua pihak yaitu peserta didik yangbmelakukan pembelajaran dengan pendidik (sumber belajar) yang mlakukan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian kegiatan belajar terjadi sebagai akibat dari kegiatan membelajarkan.learning exchange atau tukar belajar merupakan bentuk darri kolaborasi belajar atau belajar kooperatif(learning cooperation). Dilihat dari perkembangan teori belajar merupakan bagian dari proses teori pembelajaran yang menekankan pada student centred, dimana peseta belajar tidak hanya pasif akan tetapi sudah mencapai pembelajaran yang proaktif atau anticipaif.
Dalam teori ini ditekankan dua orang atau lebih diamana mereka saling tergantung untuk mencapai hasil yang positif. Situasi ini akan diulang bila mendapat ganjaran atas kesertaanya. Ganjaran bisa bersifat kebendaan atau psikologis. Interaksi soisal yang saling memaksimalkan hasil positif bagi peserta yang berinteraks. Fungsi memaksimalkan bukan hanya untuk perseorangan akan tertapiberlaku pula untuk kelompok.     
3. kelebihan dan kelemahan
    Kelebihan:
1.      Strategi ini siswa bisa memperoleh pengetahuan baru dan melatih keterampilan penting melalui berbagi pribadi, kesadaran individu dan sosial, pembelajaran kelompok terfokus, dan wawasan sebelumnya siswa dan pengetahuan
2.      2.lebih menekankan pada kepercayaan pada seorang rekan
3.      mengajak siswa untuk belajar aktif tanpa adanya faktor pendorong dari guru dan guru disini hanya menjadi pendamping.
4.      Untuk menjadikan siswa penuh perhatian, pendengar aktif, dan memberikan umpan balik positif
5.      Strategi ini akan menguntungkan siswa di seluruh kehidupan mereka saat mereka mengembangkan keterampilan untuk berkolaborasi dan informasi menguraikan.
4. Lankah-langkah penggunaan metode (contoh praktek metode)
 1.  contoh menebak arti suatu istilah
 a. langkah persiapan.
Ada tiga fase untuk pelajaran Anda menggunakan Timbal Balik Strategi Pembelajaran: mempersiapkan siswa Anda, setelah mereka bekerja sama sebagai mitra, dan pengolahan kemitraan (Silver, Hanson, Kuat, & Schwartz, 1996)
b. langkah pelaksanaan
dalam tahap langkah pelaksanan ini kita contohkan dengan cara mencocokan sebuah kata atau istilah dengan difinisi yang telah disediakan dan siswa satu dengan rekannya mencoba untuk mencocokannya.
Tahap pertama dari menggabungkan Praktek rekan / Timbal Balik Strategi Pembelajaran adalah untuk mempersiapkan para siswa. Pelajaran akan dimulai dengan penjelasa pengantar oleh guru. Hari ini kita akan belajar dua hal. Pertama kita akan belajar cara baru untuk mempraktikkan Kata untuk Tahu. Kedua kita akan mempelajari beberapa keterampilan sosial koperasi. Kami akan berlatih pada apa yang membuat seorang pelatih yang baik dan pelajar yang baik dengan memainkan permainan pembinaan rekan. Untuk memberikan siswa ide yang baik dari apa yang akan diajarkan Saya akan menggunakan sukarelawan mahasiswa untuk membantu model prosedur permainan. Dengan bantuan seorang siswa kami akan model langkah-langkah dari "pelaku" dan "petunjuk." Memberitahukan saya siswa bahwa 11 Words Tahu akan dipecah menjadi dua bagian. Setelah Anda menyelesaikan satu bagian tentang Firman Tahu Anda akan pindah ke bagian berikutnya dengan orang yang berbeda.
Langkah kedua adalah memiliki siswa istirahat di atas ke kelompok dua. Siswa dapat memilih pasangan mereka sendiri, dan bagi mereka yang tidak dapat menemukan pasangan saya akan menetapkan satu. Mahasiswa akan posisi sisi kursi mereka dengan sisi dan tidak saling berhadapan. Pelaku akan membaca pertanyaan-pertanyaan mereka dari Kata-kata Mengenal lembar latihan yang juga berisi jawaban dan petunjuk untuk pemandu set pertanyaan. Panduan ini akan menggunakan jawaban dan petunjuk dari Kata untuk Tahu lembar latihan untuk membantu memandu pelaku untuk jawaban yang benar. Setelah pelaku telah mendapat jawaban yang benar untuk bagian tentang Kata Tahu maka mereka akan beralih mitra dan peran. Pelakunya sekarang akan menjadi panduan .
                  Tahap ketiga dari rekan Praktek Belajar / Timbal Balik Strategi adalah proses kemitraan. Saya akan meminta siswa untuk merefleksikan kemitraan mereka. Lakukan hal-hal apa pasangan lakukan dalam masing-masing peran untuk memfasilitasi belajar? Karena siswa saling membantu saya bebas untuk mengamati jika siswa penuh perhatian, pendengar aktif, dan memberikan umpan balik positif.
c. langkah tindak lanjut
                Dari langkah dia atas maka seorang guru akan melakukan langkah tindak lanjut dengan  menyerukan kepada siswa secara acak untuk mendefinisikan kata Praktek Peer / Timbal Balik Strategi Pembelajaran adalah cara yang lebih baik untuk memperkuat konten. Siswa akan dapat saling memberikan umpan balik segera. Dan bukannya mahasiswa mengatakan jawaban yang salah dan kemudian saya pergi ke lain siswa untuk jawaban yang benar, mahasiswa sekarang harus menggunakan petunjuk untuk datang dengan jawaban mereka sendiri. Strategi ini akan menguntungkan siswa di seluruh kehidupan mereka saat mereka mengembangkan keterampilan untuk berkolaborasi dan informasi menguraikan.
2. contok kelompok predeksi kawan
Prosedur:
a.       buatlah kelompok-kelompok kecil antara 3-4 orang (usahakan diantara mereka belim saling mengenal)
b. jelaskan pada siswa bahwa tugas mereka adalam menebak jawaban yang akan diberikan oleh lawannyadenagnbeberapa pertantanyaan yang telah disiapkan. Contohnya:
1. Jenis musik apa yang kamu suka?
2. Bacaan apa yang kamu suka?
c. mintalah masing-masing kelompok untuk memulai dengan memilih salah sesorang dari mereka untuk menjadi subyek. Sarankan masing-masing angota untuk menulis predeksi mereka secara spesifik dan detail tentang subyek tersebut. Ketika semua selesaai dengan predeksi mereka,sang subyek harus menjawab setiap pertanyaan tentang dirinya.
d.  proses no 3 dilanjutkan denagn anggota yang lain sampai selesai.(mahmuda, Risyidi, 2008:165)











DAFTAR PUSTAKA
1.      1. Laureate Education, Inc. (Executive Producer). (1996). Building your repertoire of teaching          strategies. Los Angeles: Author.
2.      2. Silver, H. F., Hanson, J. R., Strong, R. W., & Schwartz, P. B. (1996). Teaching styles &    strategies. Trenton, NJ: The Thoughtful Education Press.
3.      Mulyan, encey. 2008. Model tukar belajar (learning exchange) dalam prespektif pendidikan luar sekolah. Bandung: alfabeta
4.      Mahmudah, umi. 2008. Active learning dalam pembelajaran bahasa arab. Malang: UIN malang press
5.      http://pave4.pavenet.org/users/MCostley/Program%20Portfolio/S1.9/APP6MCOSTLEY%5B1%5D.doc

http://www.google.co.id/search?hl=id&source=hp&q=model+pembelajaran+kooperatif+timbal+balik%2Breciprocal+teaching&meta=&oq=model+pembelajaran+kooperatif+timbal+balik%2Breciprocal+teaching&aq=f&aqi=&aql=&gs_sm=e&gs_upl=1158141l1199454l0l1200563l78l60l0l0l0l0l0l0ll0l0


0 komentar:

Poskan Komentar