VideoBar

Kandungan ini tidak tersedia melalui sambungan tersulit.
Tiada siapa paling pandai & paling bodoh di dunia ini krn setiap yg pandai itu boleh mjd bodoh & setiap yg bodoh itu boleh mjdi pandai Proyek besar tak bisa diselesaikan sekaligus, tapi hrs di bagi2 kebagian yg kecil & dapat dikendalikan Mgkn saja setiap masalah & tantangan yg kita anggap sulit itu masih ada solusinya, namun blom terpikirkan oleh kita Barangsiapa membawa berita tentang orang lain kepadamu, maka dia akan membawa berita tentang dirimu kepada orang lain Kualitas dari kehidupan se2orang itu tergantung pada komitmennya utk berhasil, bidang apapun yg dia tempuh Manusia biasanya lebih menghargai sesuatu yg sukar diperoleh tapi sering melupakan nikmat yg telah tersedia Orang yg berjaya dalam hidup adalah orang yg nampak tujuannya dengan jelas & menjurus kepadanya tanpa menyimpang Seseorang dgn wawasan yg cukup untuk mengakui kekurangannya berada paling dekat dgn kesempurnaan Orang2 berhasil tidak hanya keras hati, mereka juga pekerja keras yg percaya pada kemampuan dirinya Berfikir itu cahaya, kelalaian itu kegelapan, kejahilan itu kesesatan & manusia yg paling hina ialah orang yg menganiaya orang bawahannya Bkn mereka yg terkuat & terbesar yg akan dapat mempertahankan eksistensinya. Tapi hanya mereka yg mampu beradaptasi terhadap perubahan Mimpi mmg sangat perlu utk memelihara gairah hidup & kemajuan, tapi mimpi tanpa disertai tindakan hanyalah seperti pepesan kosong belaka Kekecewaan mengajar kita arti kehidupan. Teruskan perjuangan kita walau terpaksa utk hadapi rintangan demi rintangan hidup Barangsiapa yg hari ini sama dgn kemarin, maka tertipulah dia, & barangsiapa hari ini lebih jahat dari kemarin, maka terkutuklah dia Kita tidak dapat meneruskan hidup dengan baik jika tidak dapat melupakan kegagalan dan sakit hati di masa lalu Ketakutan-ketakutan akan membatasi Anda untuk melakukan berbagai hal yang sangat berarti bagi Anda Tak ada rahasia utk menggapai sukses. Sukses itu dpt terjadi krn persiapan, kerja keras & mau belajar dari kegagalan Lupakan kekecewaan, karena harapan dimasa depan masih terbentang luas dan begitu cerah Dalam kerendahan hati ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta ada kekayaan jiwa. Dalam kesempitan hidup ada kekuasaan ilmu Kita akan belajar lebih banyak mengenai sebuah jalan dengan menempuhnya, daripada dengan mempelajari semua peta yag ada di dunia Menuliskan tujuan akan sangat membantu dalam menjaga alasan melakukan sesuatu Sukses dalam hidup tidak ditentukan oleh kartu baik, tapi dengan cara memainkan kartu buruk dengan baik Yang anda butuhkan untuk meraih cita2 adalah keinginan kuat yg akan membawa anda menjadi pekerja keras Anda bisa sukses sekalipun tak ada orang yang percaya anda bisa. Tapi anda tak pernah akan sukses jika tidak percaya pada diri sendiri Sukses dalam hidup tidak ditentukan oleh kartu baik,tapi dengan cara memainkan kartu buruk dengan baik Kalaulah anda tidak mampu untuk menggembirakan orang lain, janganlah pula anda menambah dukanya Jangan sekali-kali kita meremehkan sesuatu perbuatan baik walaupun hanya sekadar senyuman Mimpi tidak hanya membantu Anda berhadapan dengan kegagalan, tetapi mereka juga memotivasi Anda secara konstan Mustahil itu OPINI. Ketika Anda TIDAK YAKIN dapat mencapai IMPIAN, sesungguhnya Anda sudah GAGAL SEBELUM MEMULAI Seribu perkataan dan pengetahuan tdk berarti tanpa ada satu tindakan yang nyata. ACTION !!! KEKUATIRAN tidak pernah memperbaiki hari esok, bahkan hanya melemahkan SUKACITA pada hari ini Memaafkan memang takan mengubah MASA LALU, tapi pasti akan mempermudah MASA DEPAN Kata-kata itu tenaga yang luar biasa. Seandainya mulut HItler diplester, Perang Dunia ke 2 tak akan ada. Jadilah berkat bagi banyak orang. Berbagi itu indah teman : Memiliki IMPIAN saja belum cukup. Miliki komitmen untuk MERASA HARUS dan BERTEKAD mencapai impian tersebut Dalam Takut, yg Tampak adlh Hambatan. Dalam YAKIN, yg Tampak adlh KESEMPATAN WORKING......is to win the WAR to be THE KING Kesempatan tidak datang dua kali . Just do it !!! Jangan sampai menyesal karena kesempatan tersebut berlalu begitu saja Hidup tanpa mempunyai TUJUAN sama seperti " Layang-layang putus" Miliki tujuan dan PERCAYALAH anda dapat mencapainya BERPIKIR POSITIF dapat menghancurkan semua tembok pemisah antara 'tidak bisa' dan 'bisa' Do what you LOVE , and LOVE what you do. And you will get what you want. You can't go back and make new start.. But you can start now to make new end...

Khamis, 28 Jun 2012

Metode pembelajaran Matematika Realistik



Matematika realistik pada dasarnya adalah pola belajar yang memanfaatkan realitas dan lingkungan yang dipahami siswa untuk memperlancar proses pembelajaran Matematika sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran Matematika secara lebih baik. Seperti halnya paradigma baru tentang belajar, pembelajaran Matematika realistik juga diperlukan upaya mengaktifkan siswa. 

Upaya tersebut dapat diwujudkan dengan cara (1) mengoptimalkan keikutsertaan unsur-unsur proses belajar mengajar dan (2) mengoptimalkan keikutsertaan seluruh sense peserta didik. Salah satu kemungkinannya adalah dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk dapat menemukan atau mengkonstruksi sendiri pengetahuan yang akan dikuasainya. Pembelajaran Matematika realistik lebih memusatkan kegiatan belajar pada siswa, lingkungan siswa dan bahan ajar yang disusun sedemikian rupa sehingga siswa dapat menghubungkan konsep Matematika dalam situasi dunia nyata. Peran guru lebih bersifat sebagai motivator dan fasilitator proses belajar bukan sebagai pengajar atau transformer pengetahuan. Hal ini berarti materi Matematika disajikan kepada siswa berupa suatu “proses” bukan sebagai barang jadi.

Marpaung dalam Hartadji Ma`nar (2001) menjelaskan bahwa pembelajaran Matematika realistik bertolak dari masalah-masalah kntekstual, siswa aktif, guru berperan sebagai fasilitator, anak bebas mengeluarkan idenya, siswa bergelut dengan ide, siswa bebas mengkomunikasikan ide satu sama lain. Guru membantu membandingkan ide-ide itu dan membimbing mereka untuk mengambil keputusan tentang ide mana yang lebih baik bagi mereka.

Pembelajaran Matematika realistik sejalan dengan teori psikologi kognitif dan pembelajaran Matematika. Menurut pandangan teori psikologi kognitif, hal yang bermakna itu lebih mudah dipahami siswa daripada yang tidak bermakna. Bermakna disini maksudnya adalah informasi beru berkaitan dengan informasi yang sudah tersimpan dalam memori siswa. Memori kita menyiman berbagai pengalaman-pengalaman yang memiliki arti bagi kita, sesuai konteks dan bersifat real (nyata). Pembelajaran Matematika realistik memerikan kemudahan bagi guru dalam pengembangan konsep-konsep dan gagasan Matematika yang bersumber dari dunia nyata. Dunia nyata tidak berarti konkret secara fisik dan kasat mata namun juga hal-hal yang dapat dibayangkan oleh pikiran siswa.

Dengan demikian pembelajaran Matematika realistik mempunyai ciri-ciri antara lain (1) menggunakan konteks nyata sebagai titik awal belajar; (2) menggunakan model sebagai jembatan antara hal yang nyata dan abstrak; (3) belajar dalam situasi demokratis dan interaktif; (4) menghargai jawaban informal siswa sebelum mereka mencapai bentuk formal Matematika.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran Matematika Realistik menganut lima prinsip utama yaitu: (1) penggunaan konteks senagai sumber belajar dalam menemukan ide Matematika dan secara bersamaan menerapkan ide tersebut; (2) menggunakan model produksi dan konstruksi siswa; (3) menolak proses yang mekanistik, saling terlepas dan tak bermakna, prosedur rutin dan bekerja secara indivisual; (4) siswa bukan penerima informasi tetapi subyek aktif dalam menemukan kembali; (5) menggunakan teori belajar yang relevan dan terkait.

Beberapa kelebihan model pembelajaran Matematika realistik antara lain (1) melalui penyajian bahan pelajaran secara kontekstual pemahaman konsep matematika dapat meningkat dan bermakna, mendorang intensitas siswa dalam mempelajarai Matematika dan memahami keterkaitan Matematika dengan dunia sekitarnya; (2) siswa terlibat langsung dalam proses doing math sehingga mereka tiak takut belajar Matematika; (3) siswa dapat memanfaatkan pengetahuan dan pengalamannya dalam kehidupan sehari-hari dan mempelajari bidang studi lainnya; (4) memberi peluang pengembangan potensi dan kemampuan berfikir alternatif; (5) kesempatan cara penyelesaian problem Matematika dapat berbeda; (6) terjadi pertukaran pendapat, dan interaksi aktif antara guru dengan siswa, antara siswa dengan siswa, saling menghargai pendapat yang berbeda dan menubuhkan sikap positif; (7) siswa dapat mengikuti perkembangan Matematika sebagai suatu disiplin ilmu.

Melihat berbagai kelebihan model pembelajaran Matematika realistik diharapkan siswa akan terbiasa memahami persoalan dengan sudut pandang yang bervariasi sehingga permasalahan tersebut dapat terselesaikan dengan berbagai cara. Potensi siswa akan berkembang baik minat dan motivasinya dalam belajar Matematika karena pembelajaran yang dimulai dengan konteks dapat mengarahkan pandangan siswa pada pentingnya Matematika dalam kehidupan sehari-hari. Adapun sintaks implementasi model pembelajaran Matematika realistik adalah: