PERENCANAAN PEMBELAJARAN





Perencanaan merupakan suatu alat untuk mencapai suatu tujuan  tertentu. Perencanaan (Mudjiarto, 2002:41)1 merupakan patokan dan alat kendali yang harus diikuti dalam pelaksanaan kegiatan. Untuk memudahkan dan mengarahkan guru dalam kegiatannya mencapai tujuan pembelajaran agar tidak terjadi  penyimpangan dari tujuan yang ingin dicapai, guru memerlukan standar acuan kerja atau perencanaan yang mateng dan teruji kelayakannya untuk diterapkan dalam pembelajaran. Perencanaan yang mateng dijadikan sebagai patokan pembelajaran akan dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan dapat dipertanggungjawabkan juga kegiatannya  terkendali pada suatu proses yang tepat.
Tidak selamanya perencanaan bisa memberikan manfaat yang maksimal, tetapi perencanaan mutlak sangat diperlukan untuk mencapai tujuan yang diinginkan, Mudjiarto: 44.2 Perencanaan memang  tidak akan mampu meramalkan dengan sempurna apa yang akan terjadi di masa yang akan datang, ataupun memecahkan semua permasalahan. Namun, proses perencanaan yang tepat, bagaimanapun juga akan mengurangi jumlah ketidak pastian. Proses perencanaan juga akan membantu memperbaiki tujuan yang telah ditetapkan, serta memperbaiki metode untuk melakukan penilaian, karena itu tidak bisa ditinggalkan dalam kegiatan sekolah.
Filsafat perencanaan, Husaini Usman,2005:53,3  terdiri dari (1) sintesis, bahwa perencanaan adalah proses psikologi dalam bentuk pembelajaran yang menekankan pada transaksi interpersonal, (2) rasionalisme, bahwa perencaaan dipandang sebagai suatu bentuk pengambilan keputusan, suatu proses yang mengikuti langkah-langkah prosedural dalam pengambilan keputusan, (3) pengembangan organisasi, bahwa perencanaan adalah sebagai salah satu metode perencanaan proses pembelajaran mengenai kesadaran dan prilaku anggota organisasi, (4) empirisme, membagi teori perencanaan atas : alirang yang memusatkan perhatiannya pada aspek politik dan realitas fungsi ekonomi pada skala nasioal dan yang memfokuskan perhatiannya pada berbagai studi politik pembangunan kota.
Berdasarkan hal di atas, maka sebelum melakukan pengorganisasian perlu direncanakan apa yang akan diorganisasikan, siapa saja yang diorganisasikan, kapan diorganisasikan, bagaimana mengorganisasikan. Demikian juga, sebelum melakukan pelaksanaan, terlebih dulu perlu direncanakan apa yang akan dilaksanakan, siapa yang melaksanakan,  dimana dilaksanakan, bagaimana melaksanakan. Sebelum pengawasan terlebih dalu perencanaan apa yang akan diawasi, siapa yang mengawasi dan diawasi, bilamana diawasi dan bagaimana mengawasi. Sebelum pembelajaran dilaksanakan guru harus membuat perencanaan apa yang diajarkan, kepada siapa diajarkan, dimana dan kapan diajarkan serta media dan alat apa digunakan , bagaimana mengajarkan, bagaimana mengevaluasi hasil belajar dan tindakan selanjutnya.
            Perencanaan  (Husaini Usman, 2005:55)4 adalah proses pengambilan keputusan atas sejumlah alternative (pilihan) mengenai sasaran dan cara-cara yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang guna mencapai tujuan yang dikehendaki serta pemantauan dan penilaian dan penilaiannya atas hasil pelaksanaannya, yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan. Perencanaan, H. Syaiful Sagala, 2000:46,5   adalah awal dari proses-proses rasional, dan mengandung sifat optimisme yang didasarkan atas kepercayaan bahwa akan dapat mengatasi berbagai macam permasalahan. Perencanaan adalah proses menentukan sasaran, alat, tuntutan-tuntutan, taksiran, pos-pos tujuan, pedoman dan kapasitas (commitment) yang menghasilkan program-program sekolah yang terus berkembang. Dengan kata lain perencanaan ialah kegiatan yang akan dilakukan  di masa yang akan datang untuk mencapai tujuan. 
            Perencanaan pembelajaran menurut Muhaimin, 2002:219:6  meliputi strategi pengorganisasian isi (materi) pembelajaran, strategi penyampaian pembelajaran, dan strategi pengelolaan pembelajaran. Tugas pembuat perencanaan pembelajaran,  Muhammad Joko Sosilo, 2007:155,7 adalah (1) memahami standar kompetensi dan silabus yang berlaku secara nasional dan local yang sudah dikembangkan oleh Depdikas dan Dinas Pendidikan Kbupaten, (2) mengembangkan silabi sesuai sesuai dengan kondisi siswa dan kebutuhan masyarakat sekitar sekolah, (3) mengembangkan materi ajar, (4) merumuskan indicator pencapaian kompetensi, dan (5) mengembangkan instrument penilaian. Rencana pembelajaran memuat metode pembelajaran, perkiraan waktu, pemanfaatan fasilitas, pola penilaian dan tindak lanjut.  
            Husaini Usman mengemukakan tujuan perencanaan adalah : (1) untuk standar pengawasan yaitu untuk mencocokkan pelaksanaan dengan perencanaannya, (2) untuk mengetahui kapan selesainya suatu kegiatan, (3) untuk mengetahui biaya dan mutu pekerjaan, (4) untuk mengetahui siapa  saja yang terlibat, (5) untuk mendapatkan kegiatan yang sistematis, (6) utuk meminimalkan kegiatan-kegiatan yang tidak produktif dan menghemat biaya, tenaga, dan waktu, (7) untuk memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai kegiatan pekerjaan, (8) untuk menyerasikan dan meterpadukan beberapa subkegiatan, (9) utuk menditeksi hambatan kesulitan yang bakal ditemui, (10) untuk mengarahkan pada pencapaian tujuan. Menurut Suwarna8  tujuan perencanaan adalah : (1) untuk pengganti keberhasilan yang diperoleh secara untung-utnungan atau nasib mujur, (2) sebagai alat untuk menemukan dan memecahkan masalah, (3) untuk memanfaatkan sumber secara efektif.  
            Perencanaan (Mudjiarto,2002:47):9 merupakan alat untuk mengarahkan  kegiatan sekolah. Perencanaan juga merupakan suatu patokan atau pedoman yang selalu harus dipegang oleh semua pihak di sekolah, untuk mencapai suatu tujuan yang telah disepakati bersama. Merencanakan kegiatan disekolah berarti ada keinginan untuk eramalkan atau memperkirakan apa yang akan terjadi, dan langkah apa yang harus dijalani. Menurut Husiani, manfaat perencanaan adalah (1) sebagai alat atau standar pelaksanaan dan pegawasan agar tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan, (2) melalui perencanaan dapat dilakukan pemilihan berbagai alternatif terbaik, penyusunan skala prioritas baik sasaran maupun kegiatan, dan dapat dihindarkan kebocoran-kebocoran atau pemborosan sumberdaya pembangunan, (3) membantu manager menyesuaikan diri dengan perubahan lingkunga, (4) memudahkan dalam koordinasi pihak terkait, (5) meminimalkan pekerjaan yang tidak pasti, (6) menghemat sumberdaya yang ada. Perencanaa, Suwarna, memberikan dua keuntungan besar yaitu (1) sebagai suatu alat utuk menganalisis, mengidentifikasi, dan memecahkan masalah sesuai dengan yang diinginkan, (2) memiliki daya ramal dan kontrol yang baik, karena didukung dengan langkah-langkah : a) perumusan kebutuhan secara spesifik dan nyata, b) penggunaan logika, proses setapak demi setapak utuk menuju perubahan yang diharapkan, c) perhatian dan penentuan salah satu di antara macam-macam pendekatan yang lebih sesuai situasi dan kondisi, d) penetapan mekanisme feedback yang memberi informasi tentang kemajuan, hambatan-hambatan serta perubahan-perubahan yang diperlukan, e) penggunaan istilah dan langkah yang jelas, mudah dikomunikasikan dan dipahami orang lain.
            Perencanaan (Husaini Usman,2005:55)10 mengandung unsur-unsur: (1) sejumlah kegiatan yang ditetapkan sebelumnya, (2) adanya proses, (3) hasil yang ingin dicapai, dan (4) manyangkut masa depan dalam waktu tertentu. Perencanaan menurut Handoko,2003,11 adalah (1) pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi, (2) penentuan strategi, kebijakan, proyek, program, prosedur, metode, system, anggaran dan standar yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Pembelajaran sebagai suatu system, Suwarna, 2007:34,12  terdiri atas komponen : input, proses, output dan outcome. Komponen input system pembelajaran dapat berupa siswa, materi, metode, alat, media pembelajaran, perangkatr-perangkat pembelajaran yang lain termasuk persiapan atau pereencanaan pembelajaran. Komponen proses berupa tempat atauaktivitas berinteraksinya berbagai input. Komponen output berupa prestasi belajar, perubahan sikap, perubahan prilaku, skor atau nilai penguasaan materi suatu mata pelajaran dan lain lain, komponen outcome berupa seberapa jauh  nilai atau prestasi belajar memiliki makna  atau dapat menopang keberhasilan pembelajaran lain.
Perencanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru berujud penyusunan satuan pembelajaran (SP)  atau  satuan acara pembelajaran (SAP), dan dapat pula dalam bentuk rancangan pembelajaran (RP). Dasar penyusunan SP atau RP adalah pemahaman guru tentang komponen-komponen pembelajaran yang dalam kurikulum 1994 (samlemen1997)13 terdiri dari :  (1) Komponen tujuan pembelajaran, (2) Komponen  materi pembelajaran, (3) Komponen  kegiatan belajar mengajar (KBM),  (4) Komponen  metode pembelajaran,  (5) Komponen  media pembelajaran, dan  (6) Komponen  evaluasi pembelajaran.
Tujuan pembelajaran dapat di bedakan kedalam tujuan pembelajaran umum  (TPU/TUP) dan tujuan khusus pembelajaran atau tujuan pembelajaran khusus (TKP/TPK). Tujuan-tujuan ini dalam upaya menunjang ketercapaian tujuan kurikuler (TK) atau disebut juga dengan tujuan mata pelajaran, tujuan institusional (TI) atau disebut juga tujuan lembaga dan tujuan nasional (TN) atau disebut juga tujuan pendidikan di negara Indonesia.
Komponen kurikulum 2004 (KBK)14 terdiri dari : Standar Kompetensi (SK), Komponen Kopetensi Dasar (KD),  indikator kompetensi (IK),  komponen pembelajaran : kegiatan awal, kegiatan inti, kegiatan akhir,  komponen metode pembelajaran,  komponen alat / media, bahan dan sumber pembelajaran,  komponen penilaian (evaluasi) pembelajaran.

Contoh Model SP Kurikulum 1994

Bidang studi            : .....................................
Pokok bahasan       : .....................................
Sub pokok bahasan: …………………………
Kelas                     : ……………………….
Semester                : ……………………….
Waktu                    : …………………………..




Tujuan pembelajaran (TPU,TPK)
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Metode pembelajaran
Media pebelajaran
Evaluasi pembelajaran








Contoh model SP SP KBK
       Mata pelajaran                         : …………………
       Kelas / semester                       : ………………….
       Alokasi waktu              : ………………….
       Aspek / sub aspek                    : ………………….
Standar kompetensi
Kompetensi dasar
Indicator kompetensi
Pengalaman pelajar
metode
Media/alat dan sunber
Evaluasi / penilaian









Komponen pembelajaran ini harus di bedakan dengan komponen pendidikan yang terdiri dari :  komponen guru / pendidik,  komponen siswa / si terdidik,  komponen kurikulum pendidikan, dan  komponen sarana dan prasarana pendidikan.
Ketika membicarakan komponen pendidikan, maka harus pula diketahui jenis jenis lembaga pendidikan yang terdiri dari :  Lembaga pendidikan formal (sekolah),  Lembaga pendidikan non formal (keluarga),  Lembaga pendidikan masyarakat,  Lembaga pendidikan pramuka,  Lembaga pendidikan media massa.

Model – model Perencanaan Pembelajaran.
            Ada sebelas model perencanaan pembelajaran yang dikemukakan oleh Suwarna15 yaitu : (1) System Approach for Educational (SAFE),  (2) Michigan State Uiversity Instructional System Development Model, (3) Prject MINERVA Instructional System Design, (4) Model Kemp, (5) Teaching Research System, (6) Banathy Instructional Development System, (7) Model Dick & Carey, (8) Model Kombinasi Kemp & Dick, (9) Instructional Development Institute (IDI),  (10) Prosedur Pengembagan Sistem Instruksional (PPSI), (11) Model Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). (12) Pembelajaran CBSA (cara belajar siswa aktif) Muhammad Joko Susilo ,2007:156,16 mengemukakan  penyusunan perencanaan pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


PERENCANAAN PEMBELAJARAN  MODEL KBK
            Kurikulum berbasis kompetensi (Muhammad Joko Susilo,2007:100)17 dapat diartikan sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performasi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa penguasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu. Untuk mendapatkan hasil yang baik diperlukan perencanaan pembelajaran yang dibuat secara baik, dengan mempertimbangkan berbagai aspek, sehingga perencanaan tersebut dapat menggambarkan  seluruh keriteria yang dibutuhkan dalam pencapaian suatu tujuan pembelajaran, melalui proses proses yang disiapkan secara matang. Proses-proses dalam perencanaan pembelajaran adalah sebagai berikut:  
1.Pemilihan Materi Pelajaran
            Materi pembelajaran secara garis besar, Abdul Gafur,2003,18  adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus diajarkan oleh guru disatu pihak, dan dipelajari siswa di pihak lain. Secara khusus, materi pembelajaran terdiri dari fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan sikap atau nilai. Termasuk materi fakta adalah nama-nama obyek, peristiwa senarah, lambing, nama tempat, nama orang, dsb. Termasuk materi konsep adalah pengertian, definisi, cirri khusus, komponen atau bagian sesuatu obyek. Perinsip yang perlu diperhatikan dalam penyusunan materi pembelajaran adalah prinsip relevansi, konsistensi, dan kecukupan, dengan criteria standar kompetensi  dan kompetensi dasar.
            Langkah pemilihan materi pembelajaran (1) Identifikasi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang terdiri dari a) kognitif yang meliputi pengetahuan, pemahaan, aplikasi, sintesis, analisis, dan penilaian, b) psikomotorik yang meliputi gerak awal, semi rutin, dan rutin, c) sikap yang meliputi pemberian respon, apresiasi, penelitian, dan internalisasi ; (2) Identifikasi jenis materi pelajaran yang berupa fakta, konsep, prinsip, prosedur, aspek sikap, atau psikomotorik.
            Agar menjadi mudah dalam mengidentifikasi materi pembelajaran, Abdul Gafur,19 mengemukakan diagram.

                                    Proses pemilihan materi pembelajaran
    Pilih kompetensi dasar
    Yang akan diajarkan
                                                                      Materi Pembelajaran Fakta 
                                                                        Contoh:
                                                                        Jenis-jenis binatang memamah 
     Apakah kompetensi dasar                          biak, tanaman berbiji tunggal,
     berupa mengingat fakta?                            Nama-nama bulan dalam setahun.
                                                                        Kata kunci:
                                                                         Nama,jenis,jumlah,tempat.
  Apakah kompetensi dasar berupa               Materi pembelajaran konsep.
   Mengemukakan suatu definisi,                   Contoh;
   menjelaskan, mengklasifikasika                 Bujursangakar ialah empat persegi panjang
   beberapa contoh / sesuai dengan                 yang keempat sisinya sama panjag. Kata
   definisi                                                         kunci, definisi, klasifikasi, ciri-ciri
                                                                
                                                                                                                                                                          
      
      Apakah kompetensi dasar                              Materi pembelajaran prinsip.                 
      Berupa menjelaskan                                       Contoh:
      Hubungan antara berbagai                              Jika permintaan naik, sedangkan
      Konsep, sebab-akibat?                                    Penawaran tetap, maka harga
                                                                              akan naik.
                                                                              Kata kunci:
                                                                              Hubungan, sebab-akibat, jika, maka 

     Apakah kompetensi dasar yang                          Materi pembelajaran prosedur.       
     harus dikuasai berupa menjelaskan                    Contoh:    
     langkah-langkah mengerjakan                           Cara mengukur suhu badan,  
     sesuatu sesuai dengan prosedur                          menggunakan termometer.
     tertentu ?                                                              kata kunci : langkah-lngkah 
                                                                                  mengerjakan tugas secara urut.


                                                                                     
                                                                                                                        Materi pembelajaran aspek afektif / sikap
     Apakah siswa diminta untuk memilih                Contoh: Sikap jujur, motivasi tinggi
     sikap tertentu terhadap suatu obyek                    minat belajar besar, menjauhi perbuat
     atau kejadian ?                                                       tercela, dsb.
                                                                                 Kata kunci : sikap atau nilai
                                                                                      .

    Apakah siswa dimita untuk melakukan              Materi pembelajaran aspek motorik
     suatu perbuatan dengan menggunakan              Contoh :
     sebagian atau keseluruhan anggota                    Lompat tinggi, lompat galah, lari 100
     badan?                                                                Meter, berenang, tinju, pencak              
                                                                                silat, dsb.
                                                                                Kata kunci: Kegiatan fisik.


















Satuan Palajaran
 
Tim Perekayasa Kurikulum
 
Perguruan Tinggi
 
MGMP Sekolah
 
P``Gambar 1. Penyusunan  Satuan Pembelajaran KTSP             Gambar 2. Penyusunan Rencana KBM

Penyusunan Rencana Penilaian Hasil Belajar Siswa Penyusunan Jadwal KBM















Perbedaan Kurikulum 1994 dengan  Kurikulum 2006   (M.Joko Susilo,2007)20

Asapek
Kurikulum 1994
Kurikulum 2006
Kewenangan pengembangan
Seluruhnya berada di tagan pusat dan daerah hanya kebagian pegembangan kurikulum local dengan porsi 80 % pusat dan 20 % daerah
Pusat hanya mengembangkan kompetensi sebagai sebagai standar sedangkan elaorasi kompetensi diserahkan daerah/ sekolah dalam bentuk silabus
Pendekatan pembelajaran
Sebagian besar berbasis konten / isi
Berbasis kompetensi
Penataan isi /  konten (struktur program)
Tidak terjadi penataan materi, jam belajar, dan struktur program
Terjadi penataan materi, jam belajar, dan struktur program


Perbedaan Kurikulum 1994 dengan Kurikulum  Berbasis Kompetensi (Mulyasa,2002)21
NO
KURIKULUM 1994
KBK
1
Menggunakan pendekatan ilmu pengetahuan, yang menekankan pada isi atau materi berupa pengetahua, pemahaman, aplikasi, analisis, sintetsis, dan evaluasi yang diambil dari bidang bidang ilmu pengetahuan
Menggunakan pendekatan kompetensi yang menekankan pada pemahaman, kemampuan atau kompetensi tertentu di sekolah yang berkaitan dengan pekerjaan yang ada dimasyarakat
2
Standar akademis yang diterapkan secara seragam bagi setiap peserta didik
Standar kompetensi yang memperhatikan perbedaan individu,baik kemampuan, kecepatan belajar, maupun konteks sosial budaya
3
Berbasis konten, sehingga peserta didik dipandang sebagai kertas putih yang perlu ditulisi denga sejumlah ilmu pengetahuan (transfer knowledge)
Berbasis kompetensi, sehingga peserta didik berada dala proses perkembangan yang berkelanjutan dari seluruh aspek kepribadian, sebagai pemekaran terhadap potensi-potensi bawaan sesuai dengan kesempatan belajar yang ada dan diberikan oleh lingkungan
4
Pengembangan kurikulum dilakukan secara sentralisasi, sehingga Deodiknas memonopoli pengembangan ide dan konsepsi kurikulum
Pengembangan kurikulum dilakukan secara desentralisasi, sehingga pemerintah dan masyarakat bersama-sama menentukan standar pendidikan yang dituangkan dalam kurikulum
5
Materi yang dikembangkan dan diajarkan di sekolah seringkali tidak sesuai dengan potensi sekolah, kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah
Sekolah diberi keleluasaan utuk menyusun da mengembangkan silabus mata pelajaran sehingga dapat megakomodasi potensi sekolah, kebutuhan dan kemampuan peserta didik, serta kebutuhan masyarakat sekitar sekolah
6
Guru merupakan kurikulum yang menentukan segala sesuatu yang terjadi di dalam kelas
Guru sebagai fasilitator yag betugas mengondisikan lingkungan untuk memberikan kemudahan belajar peserta didik
7
Pengetahuan keterampilan dan sikap dikebangkan melalui latihan, seperti latihan mengerjakan soal
Pengetahuan, keterampilan, dan sikap dikembangkan berdasarka pemahama yang aka membentuk kompetensi individual
8
Pebelajaran cenderung hanya dilakuka di dalam kelas, atau dibatasi oleh empaty dinding kelas
Pembelajaran yang dilakukan mendorong terjadiya kerjasama antara sekolah, masyarakat, dan dunia kerja dalam membentuk kompetensi peserta didik
9
Evaluasi nasional yang tidak dapat meyentuh aspek-aspek kepribadian peserta didik
Evaluasi berbasis kelas yang menekankan pada proses dan hasil belajar














BAGAN SYSTEM APPROACH FOR EDUCATIONAL (SAFE)
MEILAI
KEBUTUHAN
1
MENENTUKAN TUJUAN MISI

2
MENENTUKAN PERSYARATAN PENAMPILAN MISI

3
MENENTUKAN HAMBATAN

4
MENENTUKAN PROFIL MISI
MENENTUKAN PERSYARATAN DAN HAMBATAN

5
MELAKUKAN ANALISIS FUNGSIONAL
MENENTUKAN PERSYARATAN DAN HAMBATAN

6                                                                                                                                                                                                                                                        ANALISA SISTEM
MELAKUKAN ANALISIS TUGAS
MENENTUKAN PERSYARATAN DAN HAMBATAN
APA       
7                                                                                                                                             
MELAKUKAN ANALSIS METODE DAN ALAT
MENENTUKAN PERSYARATAN DAN HAMBATAN

8                                                                                       MEMBUAT KEPUTUSAN FINAL (TERUS BERHENTI)











 


1                                                                             MENGIDENTIFIKASI STRATEGI PERENCANAAN MASALAH

2                                              MENDESAIN PENGELOLAAN/ RENCANA PELAKSANAAN UNTUK SETIAP ALTERNATIF

3                                                    MENGANALISA ALTERNATIF DARI SEGI KEEFEKTIFAN DAN KEUNTUNGA BIAYA
 


4                                                                                                                                             
MEMILIH RENCANA PENGELOLAAN DAN PELAKSANAAN
YANG MEMPUNYAI KEEFEKTIFAN BIAYA YANG OPTIMAL

BAGAIMANA
5                                                                                                                                             
MENYUSUN RECANA VALIDASI ATAU TES LAPANGAN
(METODE/ALAT/MEDIA) SEPERTI YANG DIPERLUKAN
SINTESIS SISTEM


 

6                                                           INPLEMENTASI/ PNGELOLAAN PEMANTAUAN RENCANA PELAKSANAAN


7                                                                                MENGEVALUASI PENAMPILAN (PROSES DAN PRODUK)

8                                                                     MEREVISI UNTUK MENCAPAI PRESTASI YANG DIPERSYARATKAN












BAGAN MODEL DICK & CAREY


                                                                                                                                  REVISI

                                                                                                                                  
                                                MELAKSNAKAN                                                                                                                                DESAIN DAN
                                                ANALISIS PEMBEL                                                                                                                       MELAKSANAKAN
                               AJARAN                                                                                                                                         EVALUASI FORMATIF



















 

IDENTIFIKASI
         TPU


 

                                                                        IDENTIFIKASI
                                                                                TPK

                                                   


 


                                                                                         MENGEMBANGKAN
                                                                                         TES ACUAN KRITERIA               


            
                                                                                                           MENGEMBANGKAN
                                                                                                           STRATEGI
                                                                                                           PEMBELAJARAN







 



                                                                                                                                       MENGEMBANGKAN
                                                                                                                                        DAN MEMILIH SUMBER
                                                                                                                                       ALAT & MEDIA
                                                                                                                                        PEMBELAJARAN



                                             IDENTIFIKASI
                                             KEMAMPUAN AWAL
                                             DAN KARAKTERISTIK
                                             SISWA


                                                                                                                                                                                                                DESAIN DAN
                                                                                                                                                                                                                MELAKSANAKAN
                                                                                                                                                                                                                EVALUASI SUMATIF





DIAGRAM SISTEM PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEDERHANA

MENGIDENTIFIKASI           MENGIDENTIFIKASI           MENGIDENTIFIKASI
















                                                    
                                                          MEREVISI

BAGAN MICHIGAN STATE UNIVERSITY INSTRUCTIONAL
SYSTEM DEVELOPMENT MODEL
                                                                                 MENENTUKAN TUJUAN PENDIDIKAN UMU
                                                                                                                    PERTI, FAKULTAS, JURUSAN, MT KULIAH
 
                                                                    
                                                                                                                                                      MULAI


 

 
                                                                                                                       MENGUMPULKAN DATA MASUKAN


 


                                                                                                              MENENTUKAN PRILAKU AWAL  DAN AKHIR


 


     MENGEMBANGKAN
       RASIONAL UNTUK                                                                MENGKOMBINASIKAN SELURUH DATA MASUKAN
    UJIAN AWAL & AKHIR
 

                                                                                                                MENGEMBANGKAN CONTOH PENGAJARAN
                                                                                                                         UNTUK ISI PELAJARAN TERTENTU
                                 MERENCANAKAN
                                        STRATEGI
                                                                                                                       MEMILIH BENTUK INFORMASI YANG                                               
                                                                                                                                           REFRESENTATIF


 



                                                                                                                            MENENTUKAN ALAT TRANSMISI


                                                                                                             MENGUMPULKAN, MENDESAIN, MEMPRODUKSI
                                                                                                                           MEDIA YANG TELAH DITENTUKAN


 



               
                                                                                                                                              MERAMPUNGKAN


 



                                                                                                                    TES LAPANGAN DENGAN KELOMPOK SISWA
                                                                                                                                       MENGEBANGKAN INSTRUMEN



               EVALUASI DENGAN MENG
              GUNAKAN DATA MAHASISWA                                                                    MENGIDENTIFIKASI DAN
                DAN INFORMASI MEDIA                                                                           MEMPERBAIKI KESALAHAN
                                                                                  
 
                                                                                                                             PENERAPAN KEPADA MATA KULIAH
                                                                                                        


                                                                                                                         EVALUASI DAN MENGULANG KEMBALI 
                                                                                                                         UNTUK MEMPERBAIKI SEBAGAIMANA
                                                                                                                                             DIPERLUKAN


Bagan projek MINERVA Instruksional Syatem Design
MENGUMPULKAN
DATA PEKERJAAN
 

MENGIDENTIFIKASI
PERSYARATAN LATIHAN

                                                                                           MERUMUSKAN                                                   MENYUSUN TEN        
                                                                                     TUJUAN PENAMPILAN                                               PENAMPILAN


 



      
          MEMILIH ISI                                                                                                                                       MEMILIH STRATEGI
     MATA PELAJARAN                                                                                                                                    INSTRUKSIONAL






 

MEMPRODUKSI
BAHAN INSTRUKSIONAL


 


      MENGEVALUASI                                                      MELAKSANAKAN                                              MELAKSANAKAN  
          KEGIATAN                                                                   KEGIATAN                                                                    DAN
      INSTRUKSIONAL                                                     INSTRUKSIONAL                                                MENGANALISA TES


 


TINDAK LANJUT LULUSAN





Bagan Model Kemp

               
     MENENTUKAN TOPIK  DAN TPU


 


 MENENTUKAN KARAKTERISTIK SISWA
 


 
        MENENTUKAN TOPIK DAN TPK







 


    MENENTUKAN MATERI PELAJARAN








 


              MENENTUKAN PRETES








 


MENENTUKAN KBM DAN SUMBER/ ALAT                                                 KOORDINASI SARANA PENDUKUNG







 


                          EVALUASI




Bagan Banathy Instructional Develomet System


































 

         ANALISIS DAN                                            ANALISIS DAN PERUMUSAN TUGAS-TUGAS BELAJAR
      PERUMUSAN TUJUAN



               MAKSUD                                    MENEMUKAN                        MENILAI                   MENGIDENTIFIKASI DAN
                SISTEM                                      TUGAS-TUGAS                   KOMPETENSI           KARAKTRISTIK TUGAS-TUGAS
                                                                      BELAJAR                            MASUKAN                       BELAJAR YANG AKTUAL
  
             SPESIFIKASI                                                                                      TES
                 TUJUAN                                                                                    MASUKAN


























 




                    TES                                                                            INPLEMENTASI DAN KONTROL KUALITAS
                 ACUAN
               PATOKAN                                            
                                                                                   ANALISIS FUNGSI                            ANALISIS KOMPONEN







 

                                                                                                                     
                                                                                                                      DISTRIBUSI





















 



                                                                                                                  
                                                                                                                   PENJADWALAN                                                                                                               
















 


                                                                                            IMPLEMENTASI DAN KONTROL KUALITAS



                                                                                   
                                                                                   LATIHAN SISTEM                                             TES SISTEM






























 


                                                                                                                        PELAKSANAAN



















 


                                                                                                                        MENGEVALUASI


 

                                                                      


 

                                                                                                      MENGUBAH UNTUK PENINGKATAN
















Perencanaan Model Kombinasi Kemp & Dick

Identifikasi Topik dan TPU

    Identifikasi Kemampuan awal                                                                                                                   Melaksanakan Analisis
         Dan Karaktristik Siswa                                                                                                                                Pembelajaran
Menuliskan TPK







 

Mengembangkan Tes Pengukuran Keberhasilan













 

Menentukan Materi Pelajaran












 

Mengembangkan Dan Memilih Sumber












 

Mengembangkan  Strategi Pembelajaran, Alata/ Media








          Revisi
Mengembangkan & Melaksanakan Evaluasi Formatif


 

Mengembangkan & Melaksaakan Evaluasi Sumatif





Perencanaan Model Deplopment Institute (IDI)

    Tahap I                          Fungsi 1                                          Fungsi 2                                       Fungsi 3                              
  Penentuan                        Identifikasi Masalah                      Analisis Setting                            Pengelolaa
   (Define)                          *  Analisis Kebutuhan                    * Audiensi                                    * Tugas
    *Tentukan Prioritas                        * Kondisi                                      * Tanggungjawab
    *Rumuskan Masalah                      * Sumber                                      * Jadwal





      Tahap II                       Fungsi 4                                         Fungsi 5                                       Fungsi 6
   Pengembangan               Identifikasi TPK                             Tentukan Metode                        Buat Prototipe
     (develop)                      * Tujuan Akhir                               * Belajar Mengajar                      * Paket Pembelajara
                                           * Tujuan antara                              * Media                                        * Instrumen Evaluasi
                                                                                                  * Materi






      Tahap III                      Fungsi 7                                          Fungsi  8                                      Fungsi  9
      Penilaian                       Testing Prototipe                            Analisis Hasil                              Implementasi
     (Evaluatio)                    * Ujicoba                                         * Tujuan                                       * Reviu
                                           * Kumpula Data                              * Metode                                      * Revisi
                                                                                                    * Teknik Evaluasi                       * Tentukan selanjutnya










Bagan Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI)

















































 


           I Perumusan Tujua                                                                         III. Kegiatan Belajar
           * Menetukan TPU/TIK                                                                        1. Merumuskan semua kemungkinan
           * Memenuhi 3 kriteria                                                                             kegiatan belajar untuk mancapai tujuan
             1.Menggunakan Istilah Oprasional                                                    2.Menetapkan kegiatan belajar
             2.Berbentuk Hasil Belajar                                                                     yang tak perlu ditempuh
             3. Hanya satu jenis tingkah laku                                                        3. Menetapkan kegiatan yang akan ditempuh
















 


           II. Pengembangan Alat Evaluasi                                                    IV.  Pengembangan Alat Evaluasi
               1.Menentukan jenis tes yang akan                                                  1.Merumuskan materi pelajaran
                  digunakan untuk menilai tercapai                                                2. Menetapkan metode yang dipakai
                  tidaknya tujuan                                                                             3. Alat pelajara/ buku-buku yang dipakai
               2. Merencanakan pertanyaan untuk                                                 4.Menyusu jadwal
                   menilai masing-masing tujuan













 


 V.   Pengembangan Alat Evaluasi
      1.Mengadakan Pretest
      2. Menyampaikan Materi pelajara
      3. Mengadakan posttest
      4. Perbaikan          








Bagan Model Kurikulum Berbasis Kompetensi  (KBK)


STANDARD KOMPETENSI


 

 
KEMAMPUAN DASAR







 


INDIKATOR / HASIL BELAJAR








 





MATERI PEMBELAJARAN










 


STRATEGI PEMBELAJARAN










 


PENILAIAN / ASSESMENT










 


TINDAK LANJUT







BAGAN TEACHING RESEARCH SYSTEM






























 

Tahap                         Mengidentifikasi                    Menentukan                              Mengidentifikasi 
Pendefinisian             Masalah                                  dan Memilih                               Populasi siswa
Dan                            Instruksional                            Stap Pendukung
Pengelolaa                                                                                                               
System                                                                                                                        Mengumpulkan Bahan
                                                                                    Menentukan                              Pengajaran
                                                                                     Konterol
                                                                                    Pengelolaan                            
                                                                                                                                     Menganalisis Contex
                                                                                                                                      Instruksional


















 



Tahap               Mengidentifikasi                    Menentukan                        Mengidentifikasi           Menentukan
Aalisis              Tujuan prilaku                        Tujuan khusus                    Type belajar                   Kondisi
Desain                                                                                                                                                Belajar                          Menentukan
                                                                                                                                                                                                Kegiatan
                                                                                                                                                                                                Instruksional
                          Menyusun                              Menyusun                                                                 Menentukan
                          Pengukuran                            Pengukur                                                                   Penyesuaian
                          Penampilan                            Penampilab khusus                                                   Perbedaan
                                                                                                                                                           Individual







 


                      
                      
                          Mengembangkan                   Uji coba                     Menganalisis                   Memodifikasi                   Mengulang
                           Prototipe                                Prototipe                   Hasil                                Sistem                               Kembali
                          Instruksional                                                             Ujicoba                           Instruksional





















 


Tahap                   Reviu                                    Menyelenggara          Menganalisis
Pengembangan     Tehnis &                               kan tes                      Tes
& Penilaian          Komunikasi                           Penampilan




Kegiatan  Cara Belajar Siswa Aktif(CBSA)

Menyiapkan Lembar Keja
 

Menyusun Tugas Bersama Siswa


 

Memberikan Informasi Kegiatan


 

Memberikan Bantuan dan Pelayanan


 

Menyampaikan Pertanyaan Membangun Pola Pikir


 

Mengarahkan /untuk Menyimpulkan dan Melayani siswa Lemah


 

Manyalurkan Bakat  Minat


 

Mengamati Aktivitas Siswa dan Pelaporan Siswa


MODEL SILABUS
Nasma sekolah           :________________________
Mata Pelajaran           : _______________________
Kelas                          : ________________________
Semester                     : ________________________
Standar Kompetensi   : ________________________

NO
KEMAMPUAN
DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
URAIAN ATERI
PEMBELAJARAN
PENGALAMAN
BELAJAR SISWA
ALOKASI WAKTU
SUMBER BAHA

Jabaran dari  standar kompetensi
Jabaran dari kemampuan dasar
Jabaran dari materi yang telah dirumuskan
Kegiatan belajar siswa yang dipilih untuk mencapai penguasaan kemampuan dasar
Waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing kemampua dasar
Jenis sumber bahan yang digunakan
Daftar acua:
Nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota penerbit :nama penerbit22


PENENTUAN KOMPETENSI DASAR
Dapat menggunakan (1) bentuk prosedural seperti langkah mengerjakan tugas ; (2) bentuk hirarkis yang digunakan bila kompetensi yang satu dengan yang lain merupakan prasyarat ; (3) bentuk spiral bila pokok bahasan diberikan berulang dari kelas terendah ke jejang kelas lebih tinggi dan semakin luas dan mendalam ; (4) bentuk webb (jala)  bila suatu tema diintegrasikan pada beberapa mata pelajaran.


 
Hukum







 



                 Ekonomi                                                                    Zakat                                                                      Sosial




















 



                                                     Komunikasi                                                                   SDM




KLASIFIKASI MATERI

FAKTA
KONSEP
PROSEDUR
PRINSIP
Menyebutkan kapan, dimana, berapa, siapa, bentuk apa,  peristiwa, dan lain-lain
Definisi, identifikasi, klasifikasi, ciri-ciri, hakekatn isi, dan lain lain
Bagan arus, langkah-langkah kerja, dan lain lain
Penerapan dalil, rumus, hipotesis, hubungan antar variable, paradigma, dan lain-lain

















RENCANA PEMBELAJARAN
Fakultas, Jurusan         :............................................................
Mata Pelajaran             :............................................................
Kelas, Semester           :.............................................................
Alokasi Waktu             :
Standar Kompetensi     :..............................................................
1.KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
   Kompetensi Dasar :...........................................................................................................................................................................
   Indikator :
............................................................................................................................................................................
2. MATERI POKOK DAN URAIANNYA
............................................................................................................................................................................
3. STRATEGI PEMBELAJARAN
    Pengalaman Belajar          : rumusannya diambil dari silabus
    Metode                              : eksprimen, demonstasi, diskusi, informasi dll
    Pendekatan                        : CTL,Keterampilan Proses,dll
    Langkah langkah pembelajaran
a.        Pendahuluan    
1)  Membuka Pelajaran
     Membuka pelajaran berisis salam, mengecek kesiapan siswa
2) Apersepsi (Prasyarat Pengetahuan)
Apersepsi berisi pertanyaan tentang pengetahuan yang telah diketahui dalam   kehidupan atau telah dipelajari pada pembelajaran yang lalu dan berhubungan dengan materi pokok  atau uraian materi pokok yang akan diberikan. Dan mengarah ke pembahasan berikutnya.
 3) Masalah (Topik materi)
Topik materi adalah masalah yang muncul dari apersepsi yang berupa klalimat pertanyaan dan sesuai dengan materi pokok yang akan dibahas
     b.    Kegiatan Inti 
Kegiatan inti berisi langkah langkah yang dilakukan dalam pembelajaran yang harus disesuaikan dengan metode dan pendekatan dengan mengutamakan aktivitas siswa sebagaimana rumusan silabus. Jika menggunakan LKS harus dilampirkan dalam rumusan ini.
b.       Penutup 
+Evaluasi proses
Pertanyaan tentang pengukuran penguasaan materi  yang telah disampaikan.
Pertanyaan langsung menggunakan lisan yang mengandung jawaban singkat dan jelas (short answer question atau pertanyaan tertutup).
+Rangkuman
  menyebutkan garis besar materi yang baru saja disampaikan
+Pemberian PR
+Pesan untuk peertemuan yang akan datang

                                                                    Pancor,................................2007
Menyetujui
Dosen Pangampu                                                      Mahasiswa



Drs. H. Humaidi Zain                                           .................................







SATUAN PELAJARAN
(format model PPSI)
Sekolah                        :
Kelas                           :
Semester                      :
Pokok Bahasan            :
Subpokok Bahasan      :
Waktu/jam Pertemuan :

I.                    TIU
II.                 TIK
III.               Materi Pelajaran
IV.              Kegiatan Pembelajaran
V.                 Metode,  alat,  media
VI.              Evaluasi
VII.            Sumber Bahan

                                                                                   Pancor,................,...................


            Mengetahui
          Kepala Sekolah                                                             Guru


          ......................                                                       ...............................


SP (model KBK, 1 )
Rencana Pembelajaran
                    Mata Pelajaran
                    Kelas/semester
                    Waktu
            Kompetensi Dasar (kemampuan dasar)
            Hasil belajar
            Indikator
            Materi
            Langkah-langkah pembelajaran
            Sarana dan Sumber belajar
            Penilaian
                                                                                  Pancor........................
            Mengetahui
            Kepala Sekolah                                                        Guru


            ........................                                                     ...........................

­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­­SP (model KBK 2 )

Rencana Pembelajaran
                    Nama Sekolah
                    Mata Pelajaran
                    Kelas/semester
                    Alokasi Waktu
            Standar Kompetensi
            Dasar Kompetensi
            Materi Pokok
            Indikator Pencapaian
            Metode
            Media
            Skenario pembelajaran (kegiatan awal, inti, akhir)
Penilaian ( instrumen & contoh instrumen )
Sumber Bahan

                                                                        Pancor,..,.................

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                      Guru

..........................                                                 ...............................


RENCANA PEMBELAJARAN
(pendekatan kontekstual)

Mata pelajaran
Kelas
Semester
Waktu

  1. Tujuan
  2. Media
  3. Skenario pembelajaran (mempertanyakan pengalaman , membuat kelompok kerja siswa, membagikan alat dan bahan kerja, penuilitian materi peraktik,  laporan siswa tentang hasil penelitian atau peraktik, siswa enunjukkan hasil peraktik, siswa membuat catatan dan memberi istilah, laporan siswa secara lisan atas temuannya, guru memberikan komentar, membuat contoh-contoh sebagai perbandingan, membuat kesimpula).
  4. Penilaian  (kerja kelompok, LKS yang telah terisi, Catatn atau laporan tertulis siswa).



RENCANA PEMBELAJARAN BERBASIS CTL
Topik/Kegiatan                  : Mendeskripsikan Benda Misteri
Kompetensi Dasar             : Menulis Paragraf Deskreipsi
Bidang Studi                      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semesteran              : 2/2
Waktu                                : 90 menit
  1. Tujuan
Melatih siswa mendeskripsikan ciri dan menemukan karakteristik benda-benda kemudian mengungkapkannya dalam sebuah paragraf dekriptif.
  1. Media
Untuk melaksanakan kegiatan ini diperlukan media:
-         4 buah benda misteri yang dibungkus rapi (korek api, kotak sabun, akar pohon, dan lain lain)
-         1 lebar pengamatan
  1. Skenario Pembelajaran
1.      Guru menjelaskan rencana yaitu cara medeskripsikan atau menemukan ciri benda
2.      Siswa dibagi kepada beberapa kelompok
3.      Guru membagi benda yang telah disiapkan (masing kelompok tidak saling mengenal benda yang dibagikan).
4.      Siswa mendeskripsikan benda misteri dengan mengisi belangko yang ada
5.      setelah sesuai dengan waktu yang ditentukan, masing-masing kelompok mendeskripsikan dengan lisan dan yang lain menebak, dan secara bergiliran
6.      Siswa menyusun sebuah paragraf deskripsi  berdasarkan  data yang diperoleh secara kelompok.
  1. Penilaian
SATUAN PEMBELAJARAN (SP)
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Jenjang pendidikan
Mata pelajaran
Kelas/Semester
Waktu
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR/KEMAMPUAN DASAR
MATERI POKOK
MATERI PELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN (SBM)
Taktik, pendekatan, keterampilan mengajar, strategi (kondisional)
MEDIA PEMBELAJARAN
PENILAIAN/ASESMEN DAN TINDAK LANJUT
SUMBER BACAAN
Buku paket, didukung degan : majalah, koran, brosur, buletin, jurnal, dll.


RENCANA PEMBELAJARAN (RP)
Pertemuan ke....
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Jenjang pendidikan
Mata pelajaran
Kelas/semester
Waktu

KOMPETENSI DASAR
Siswa mampu : .................................................................................

MATERI POKOK
Sesuai silabus.......................................................
MATERI PEMBELAJARAN
Materi singkat
KRITERIA UNJUK KERJA (KUK)
Harus mencakup ketiga ranah:  kognitif, afektif, psikomotorik

STRATEGI PEMBELAJARAN (SBM)
Pendekatan
Metode
Langkah-langkah (membuka, kegiatan inti,menutup)

MEDIA PEMBELAJARAN
disesuaikan

PENILAIAN/ASESMEN

SUMBER BACAAN
        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FAKTA, KONSEP DAN PRINSIP DALAM MATEMATIKA

8 SMP Soal Pembahasan Garis Singgung Lingkaran

Turunan Fungsi